Aplikasi Akuntansi Gratis untuk Coffee Shop

Aplikasi Akuntansi Gratis- Pada jam-jam istirahat, antrian panjang pasti mengular di setiap coffee shop terlebih lagi yang berada di pusat ibukota. Padatnya pelanggan hingga kesalahan pemesanan menjadi rutinitas harian yang dialami para pegawai coffee shop.

Lantas jika mereka terlalu sibuk untuk melayani pelanggan, siapa yang seharusnya melakukan pencatatan pembukuan, melihat stok di dalam gudang dan mengirimkan tagihan kepada pelanggan? Tentunya, harus ada sistem untuk mempermudah hal tersebut.

Cara termudah yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi akuntansi gratis. Sebab, pegawai coffee shop tidak perlu lagi repot-repot mengurusi kegiatan back office. Selain itu, masih ada 4 alasan lain yang membuat mereka wajib menggunakan cara tersebut, yaitu:

Pencatatan Stok Otomatis

Stok Opname

Semua Coffee Shop membutuhkan gudang untuk mengelola semua produk mereka, mulai dari biji kopi, gelas untuk pelanggan, blender, es batu, mesin kopi dll. Semuanya harus dicatat dalam sebuah buku. Namun jika menggunakan aplikasi akuntansi, kamu tidak perlu lagi membawa buku kemanapun.

Kenapa? karena kamu bisa mengelola semua kebutuhan stok langsung dari smartphone kamu. Lebih lanjut, stok opname juga bisa dilakukan dengan mudah dan lancar sehingga produk akan bertambah ataupun berkurang secara otomatis ketika terjadi sebuah aktivitas.

Contohnya adalah ketika ada invoice penjualan yang di dalamnya tertulis satu unit mesin kopi dijual kepada pelanggan. Secara otomatis, pencatatan stok di dalam inventory akan berkurang karena mesin kopi itu sudah berpindah ke tangan pelanggan. Semudah itu, bukan?

Baca Juga: 5 Tips Agar Stok Opname dalam Sebuah Bisnis Berjalan Efektif

Pengiriman Tagihan ke Pelanggan

Contoh Invoice Word Sederhana Untuk Kantor

Selain pencatatan stok, aplikasi akuntansi gratis juga menjadi hal yang wajib bagi pemilik coffee shop lantaran mereka membutuhkan pengiriman invoice atau resi penjualan. Bayangkan jika ada 10 unit mesin kopi yang terjual, itu berarti kamu harus membuat 10 invoice berbeda secara manual.

Padahal di sisi lain, kedai kopi yang dikelola sedang ramai oleh para pembeli yang berdatangan. Oleh karena itu, penggunaan aplikasi akuntansi akan memudahkan semuanya. Pemilik coffee shop hanya perlu membuat satu invoice namun bisa dikirimkan langsung ke 10 pelanggan berbeda.

Singkatnya, sang pemilik bisa menyingkat waktu pembuatan sekaligus ongkos kirim invoice. Sebab, invoice tagihan tersebut tidak perlu lagi dikirimkan menggunakan kurir melainkan email sesuai dengan tujuan.

Tahukah kamu jika ada sebuah aplikasi akuntansi gratis yang bisa secara otomatis integrasi semua invoice menjadi kwitansi? Sederhananya, kamu gak perlu lagi buat kwitansi karena sudah terbuat berdasarkan invoice yang sudah terbayar? Jika kamu menginginkan hal itu, langsung daftar gratis dengan klik disini.

Baca Juga: Cara Buat Surat Jalan Barang Otomatis Langsung dari Sales Invoice

Keamanan Pembayaran

Digital Payment di Indonesia - Paper.id

Alasan ketiga menggunakan aplikasi akuntansi gratis adalah keamanan dalam melakukan pembayaran kepada pelanggan. Jika bertransaksi dengan pelanggan dekat memang mudah karena bisa ketemuan atau cash on delivery (COD). Namun, bagaimana dengan pelanggan yang berbeda kota atau pulau?

Cara paling aman untuk bertransaksi dengan pelanggan di wilayah yang jauh adalah dengan menggunakan aplikasi akuntansi. Kenapa? karena kamu bisa memastikan jika tagihan akan sampai ke kantong kamu tanpa perlu takut adanya penipuan.

Untungnya, saat ini ada digital payment yang mempermudah itu. Mau tau bagaimana caranya? baca hingga akhir artikel ini ya!

Kemanan Penggunaan Aplikasi

Aplikasi Kwitansi Gratis

Jika menggunakan pembukuan manual, semua orang bisa melihatnya dengan mudah termasuk juga pegawai kamu. Dengan kata lain, pegawai bisa melihat semua aktivitas keuangan yang merupakan hal vital bagi sang pemilik coffee shop. Cara terbaik untuk mengatasi hal itu adalah dengan menggunakan aplikasi akuntansi.

Dalam sebuah aplikasi akuntansi, pengguna biasanya dibatasi sesuai dengan limit mulai dari ownerfinancesales dll. Dengan pembagian tersebut, otomatis setiap pegawai hanya bisa melihat akun sesuai dengan posisi mereka saja sehingga dokumen-dokumen vital milik dari sang pemilik tidak akan bisa dibuka oleh pegawai lainnya.

Ada sebuah aplikasi akuntansi yang bisa menjawab semua kebutuhan para pemilik coffee shop akan kebutuhan pengelolaan yang lebih sederhana, praktis dan efisien. Aplikasi yang dimaksud adalah Paper.id. Kamu bisa langsung mendaftar sebagai pengguna dan bergabung dengan lebih dari 50 ribu pelaku usaha lainnya.

google_play_customer_io

(Visited 1.845 times, 1 visits today)