Buat kamu yang mempunyai bisnis online, mungkin sering mengalami telat dalam membalas chat pelanggan, apalagi kalau kamu memiliki toko yang tersebar di seluruh marketplace, social commerce, atau website dikarenakan harus memantaunya secara manual.  

Bahkan, terkadang ada chat pelanggan yang terlewat padahal mereka berpotensi membeli produkmu dan tidak jarang pelanggan membutuhkan respon yang cepat, ketika kamu telat maka kemungkinan mereka malah tidak jadi membeli produkmu. Jika sudah kejadian, tandanya kamu butuh platform chat commerce untuk mempermudah dalam menjawab pelanggan. 

Bukan hanya memudahkan seller untuk membalas chat pelanggan, tetapi adanya chat commerce juga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap toko online kamu. Lalu, apa saja sih keuntungan menggunakan platform chat commerce? Yuk, simak di bawah ini.

Sudah Terhubung ke Seluruh Penjualan Online 

Keuntungan pertama yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan chat commerce untuk jualan online adalah kamu nggak perlu membalas chat pelanggan dengan membuka semua toko online satu per satu. Sebab, sudah terintegrasi ke seluruh channel penjualan online kamu, mulai dari marketplace, social commerce, hingga website toko online. 

Dengan begitu, kamu udah bisa membalas chat konsumen secara cepat karena semua pesan bisa langsung  kamu akses di satu dashboard sehingga mereka tidak perlu menunggu lama balasan darimu. Tapi ada juga aplikai balas chat pelanggan yang udah terhubung sama sistem omnichannel jadi tinggal kamu sesuaikan saja sama kebutuhan. 

Baca juga: 7+ Fitur Penting yang Wajib pada Aplikasi Stok Barang

Terdapat Fitur Auto Reply

Kadang ada customer yang tidak mau menunggu lama untuk dibalas pesannya, oleh karena itu keberadaan aplikasi chat commerce sangat dibutuhkan oleh pebisnis, karena tersedia fitur auto reply. Fungsi auto reply tentu saja sangat memudahkan pelanggan ketika mereka mencari informasi seputar produk ataupun memberikan informasi saat toko online kamu sedang offline. 

Jadi, ketika tidak ada agen (admin) yang sedang bertugas, pertanyaan pelanggan bisa dijawab dulu oleh auto reply, bila pertanyaan pelanggan lebih spesifik, kamu bisa menjawabnya secara manual saat admin sedang online. Apalagi konsumen yang bertanya tidak hanya satu, pastinya sangat terbantu jika kamu menggunakan layanan auto reply ini.

Tersedia dalam Bentuk Aplikasi 

Paling penting ketika kamu menggunakan software chat marketplace, pastikan platform bisa diakses melalui smartphone supaya kamu bisa lebih mudah untuk mengaksesnya. Karena cukup melalui gadget kamu dapat berkomunikasi langsung dengan customer sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk menjawab pesan mereka. 

 Tapi bukan hanya sekadar tersedia di gadget saja melainkan kamu pun harus memastikan tersedia fitur-fitur penting, seperti balasan cepat, balasan otomatis, tampilan chat yang memudahkanmu untuk filter chat pelanggan, bisa melakukan penugasan agen (admin), dan lainnya.  

Dapat Menghemat Waktu untuk Membeli Produk 

Karena sekarang ini semuanya udah bisa diakses melalui smartphone, begitu pula membeli barang secara online. Bisa dikatakan belanja online di era saat ini menjadi kegiatan pilihan yang dilakukan orang saat sedang senggang. Nah, maka dari itu hal tersebut harus dimanfaatkan supaya customer berbelanja, salah satunya belanja melalui chat commerce.  

Pelanggan tinggal menanyakan produk yang diinginkan, kemudian memilih produk, sampai proses orderan pun bisa dilakukan dengan cepat. Dengan begitu, dapat menghemat waktu konsumen ketika membeli produk sekaligus bisa meningkatkan jualan bisnismu.

Baca juga: Cara Memilih Software Omnichannel Terbaik untuk Bisnis

Tingkatkan Potensi Penjualan 

Terakhir, tentu saja keberadaan chat commerce dapat membantu bisnis kamu untuk meningkatkan penjualan. Selain membalas chat pelanggan, adanya aplikasi chat marketplace  bisa sebagai media untuk mempromosikan produkmu juga lho!  

Karena chat commerce sifatnya berinteraksi langsung dengan customer maka membuat pelayanan yang diberikan lebih personal dan interaktif sehingga ketika pelanggan menanyakan sebuah produk, kamu bisa menawarkan produk lainnya. Atau saat kamu sedang mengadakan promo atau diskon, kamu dapat menyampaikannya ke pelanggan agar mereka tidak ketinggalan promosi tersebut. 

Nah, kira-kira kamu udah tertarik belum untuk menggunakan aplikasi chat marketplace untuk bisnis?  

*Artikel ini hasil kerja sama antara Paper.id dan Jubelio

Muhamad Dika Wahyudi