Mengelola stok dengan baik adalah salah satu hal penting dalam bisnis. Ini untuk memastikan bahwa stok yang telah dibeli digunakan dengan tepat, sehingga modal tidak tertahan. Nyatanya, pebisnis di Indonesia masih mengalami banyak masalah saat mengelola stok.
Melansir emitennews.com, 80% pebisnis di Indonesia mengalami masalah dalam mengelola stok dan keuangan bisnis karena masih manual. Untuk mengatasi masalah ini, kehadiran aplikasi stok barang dapat membantu pebisnis.
Aplikasi stok barang berfungsi untuk membantu pelaku usaha dalam mengelola stok mereka. Ini membantu mereka mengelola stok secara digital untuk mengurangi human error, sehingga jumlah stok dapat dipantau secara langsung, rapi dan juga dari mana saja.
Tips Dalam Memilih Aplikasi Stok Barang Sesuai Kebutuhan
Jika kamu masih mengelola stok secara manual dan ingin mendapatkan aplikasi yang tepat, ikut 5 tips penting berikut ini!
Pilih berdasarkan skala bisnis yang kamu jalani
Selanjutnya, jangan lupa untuk mempertimbangkan dan memahami kebutuhan perusahaan. Antara perusahaan satu dengan yang lain tentu saja memiliki kebutuhan yang tidak sama. Dalam hal ini, kamu bisa memantau tantangan apa yang dihadapi oleh perusahaan dan bagaimana solusi yang diinginkan.
Contoh, kamu bisa melihat seberapa besar perusahaanmu. Semakin besar perusahaan, maka kamu membutuhkan ERP (enterprise resource planning), sebuah platform yang memuat beragam fitur, termasuk stok untuk perusahaan berskala ratusan hingga ribuan klien.
Jika perusahaan yang kamu pimpin masih berskala kecil, kamu bisa menggunakan aplikasi stok barang digital simpel. Ini membantumu dalam mengelola stok dari mana saja terutama untuk bisnis dengan jumlah klien yang masih satuan atau puluhan.
Pilih sesuai dengan budget
Tips mudah yang pertama untuk mendapatkan aplikasi ini adalah dengan mempertimbangkan soal harga. Harga dari software sendiri tergantung dari besarnya kebutuhanmu. Pastikan jika kamu telah membandingkan beberapa harga. Kemudian, carilah sesuai kebutuhan usaha yang dibuat.
Mahal belum tentu bagus namun murah juga tidak bisa dianggap murahan. Kini, sudah tersedia berbagai pilihan aplikasi yang tersedia dengan beragam pilihan harga, mulai dari gratis hingga jutaan Rupiah yang datang dengan fitur berbeda-beda. Agar mudah, kamu bisa meminta customer service untuk membantu menjelaskan atau meminta product demo.
Baca Juga: Software Inventory Paper Mengubah Sisa Barang Menjadi Pundi Uang
Pilih aplikasi berbasis cloud
Saat ini, beberapa aplikasi sudah terhubung dengan sistem cloud. Dengan kata lain, kamu bisa mengecek stok barang tanpa harus repot karena aplikasi tersebut bisa dibuka melalui laptop ataupun smartphone dengan jumlah yang sama. Hal ini tentunya sangat diperlukan bagi pengusaha yang mobile atau menyukai sesuatu yang cepat dan tepat guna.
Selain itu, aplikasi berbasis cloud memungkinkan update data secara real-time. Sehingga, setiap aktivitas atau pencatatan yang kamu lakukan akan menyesuaikan sesuai perubahan terbaru. Ini membantu operasional bisnis lebih efisien dan mengurangi resiko human error.
Pertimbangkan kustomisasi untuk bisnismu
Kamu bisa menanyakan terlebih dahulu kepada vendor pemilik aplikasi apakah mereka bisa memenuhi masing-masing kebutuhan spesifik bisnismu. Tujuannya adalah jika suatu saat kamu membutuhkan fitur terbaru yang ingin ditambahkan, itu bisa ditambah dengan mudah sehingga menjadi kombinasi satu sama lain tanpa harus install software yang baru lagi, sehingga lebih hemat waktu.
Biasanya, ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan berskala besar, umumnya mereka yang melayani ratusan hingga ribuan klien. Tapi, tidak menutup kemungkinan perusahaan berskala kecil (UMKM) juga membutuhkan fitur ini untuk mempermudah pengelolaan stok.
Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Stok Barang Gudang Terbaik untuk Kelola Inventaris Lebih Efisien
Bonus pelatihan penggunaan aplikasi untuk karyawan
Penyedia aplikasi atau pihak vendor biasanya memberikan bonus bagi kliennya. Contoh, pelatihan gratis untuk karyawan agar bisa menggunakan aplikasinya sampai bisa. Ini biasanya dilakukan dalam beberapa kali pertemuan baik secara online dan offline.
Tujuannya? Tentu agar kamu tidak perlu repot-repot belajar untuk menggunakan aplikasi yang bisa memakan waktu lama. Biarkan pihak vendor yang melakukannya dan kamu bisa fokus dalam meningkatkan revenue bisnis.
Kamu yang sedang mencari aplikasi stok barang terbaik dengan fitur yang lengkap, solusinya ada di Paper.id. Ini merupakan aplikasi yang aman dan terjamin dengan berbagai keunggulan di dalamnya. Memungkinkan perusahaanmu semakin sistematis dan terorganisir dengan baik jika menggunakan aplikasi satu ini.
Selain mempunyai fitur stok, Paper.id juga bisa digunakan untuk para pengusaha yang mau mengirimkan Invoice mereka secara online. Kemudian, kamu juga tidak perlu lagi mencatat di kertas karena pembukuan di Paper.id sudah sangat lengkap. Punya masalah dengan pemakaian atau ingin mendapatkan pemahaman lebih tentang produk? tim kami sangat siap untuk mendatangi tempatmu.
Yang terpenting, Paper.id merupakan aplikasi stok barang berbasis cloud, dan menyediakan pelatihan penggunaan aplikasi oleh tim kami secara gratis. Tidak hanya itu, harga aplikasi Paper.id juga tersedia secara gratis!
Tertarik menggunakan Paper.id untuk kemudahan bisnis? mulai dari sekarang dengan cara menekan tombol yang tertera di bawah ini.
- Terbatas! Promo Spesial Tokopedia, Bayar Invoice Double Untungnya! - April 29, 2025
- Buku Besar Akuntansi: Definisi dan Contoh Lengkapnya - April 10, 2025
- Fungsi Kartu Kredit, Bukan Hanya untuk Pribadi Tapi Juga untuk Bisnis! - April 8, 2025