Saat ini, hampir semua bisnis menggunakan software untuk menunjang mereka, tidak terkecuali bisnis restoran yang mengandalkan software kasir. Hal itu memudahkan mereka dalam pengelolaan kasir mulai dari pembayaran kasir hingga pencatatan transaksi yang ada.

Namun, memiliki software kasir belum cukup karena, para pengusaha kafe dan restoran juga membutuhkan software lainnya untuk melengkapi kebutuhan mereka. Berikut jenis-jenis software yang dibutuhkan oleh pengelola kafe dan restoran.

Software inventaris

Restoran atau kafe tidak hanya seputar transaksi yang terjadi di kasir. Kamu perlu memikirkan hal lainnya seperti inventaris. Kamu perlu memastikan bahan baku kamu aman dan terjamin. Dalam hal ini, kamu perlu melakukan pengecekan terhadap stok bahan makanan kamu secara berkala. Tapi, update secara langsung menghabiskan waktu.

Baca juga: 3 fitur software yang dibutuhkan pengusaha food and beverage

Untuk itu, kamu membutuhkan software inventaris yang dapat membantu kamu dalam mengecek stok bahan baku secara langsung. Selain itu, kamu juga bisa melihat jangka waktu dari bahan baku yang ada untuk mencegah penyusutan atau kerusakan yang terjadi.

Software akuntansi

Penjualan banyak tapi untungmu sedikit? Kamu perlu mengecek kondisi keuangan usaha kamu. Kamu bisa mengeceknya langsung lewat laporan keuangan. Dengan begitu, kamu bisa tahu kesalahan-kesalahan yang terjadi sekaligus membuat solusi dengan segera.

Software akuntansi dapat membantu kamu dalam melakukan pengecekan secara langsung dan berkali-kali tanpa perlu menunggu laporan keuangan. Karena itu, kamu bisa melihat laba dan rugi yang terjadi dalam satu hari lewat software akuntansi. Selain itu, kamu juga bisa mengecek pengeluaran yang terjadi untuk kebutuhan operasional seperti penggajian karyawan, biaya listrik dan biaya lainnya.

Software invoice

Siapa bilang bisnis restoran dan kafe tidak membutuhkan invoice? Kadang-kadang mereka menjual makanan-makanan mereka ke luar. Karena itu, mereka membutuhkan invoice sebagai bukti transaksi untuk menagih pelanggan mereka.

Baca juga: 5 tips memulai usaha kuliner catering dengan modal kecil

Biasanya, invoice dibuat secara manual dan mengirimkannya melalui kurir. Metode ini menguras tenaga, uang, dan membutuhkan waktu yang lama. Setiap pengusaha restoran dan kafe membutuhkan software invoice untuk membantu mereka dalam melakukan penagihan sehingga berlangsung dengan cepat dan juga ringkas.

Untuk itu, kamu bisa mencari software invoice yang tepat agar kamu bisa menagih pelanggan kamu secara langsung. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan pembayaran dengan cepat tanpa perlu mengeluarkan biaya lebih untuk karir.

Kesimpulan

Melihat penjelasan diatas, setiap pengusaha restoran dan kafe membutuhkan software tambahan untuk mendukung usaha mereka. Apakah ada software yang memiliki ketiga fitur diatas? Tentu saja ada, kalau tidak percaya, kamu bisa membuktikannya dengan menggunakan Paper.id.

Paper.id memiliki fitur inventaris, invoice dan akunting yang telah terintegrasi sehingga, sistematis kerjanya bisa bekerja dengan mudah. Bergabunglah Bersama 100.000 pengusaha lainnya yang telah terbantu usahanya dengan mengunduhnya DISINI.

(Visited 410 times, 1 visits today)