Menilik Pentingnya Aging Report Dalam Mengukur Efektivitas Arus Kas

Jika Anda adalah seorang pemilik usaha kecil Anda pasti tahu betapa pentingnya memperhatikan pembayaran jatuh tempo Anda. Setiap pemilik usaha pasti mengharapkan semua pelanggan membayar tagihan sebelum tanggal jatuh tempo tagihan tersebut. Akan tetapi terkadang, Anda harus berkompromi dan mengambil pendekatan bertahap untuk mengumpulkan jumlah invoice yang harus dibayar dari pelanggan Anda yang telah jatuh tempo. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk meninjau piutang lama Anda dan mengambil tindakan bila diperlukan.

Mengenal definisi account receivable aging report

Accounts receivable aging report atau laporan umur piutang berfungsi untuk memberi tahu berapa lama faktur telah jatuh tempo dan kapan harus melakukan pembayaran. Semua faktur yang belum dibayar, bersama dengan perincian pelanggan yang lengkap, akan dicantumkan dalam laporan umur piutang, sehingga dapat memberikan Anda gambaran yang baik tentang kesehatan sebenarnya dari piutang dan arus kas perusahaan Anda. Adapun yang dicantumkan dalam accounts receivable aging report yaitu piutang pelanggan, jumlah atau total hutang sebenarnya yang terutang, dan durasinya.

Baca juga: Pentingnya melek finansial bagi pebisnis mulai dari UMKM hingga perusahaan besar!

Kenapa aging report penting untuk bisnis Anda?

Seperti yang telah banyak dialami oleh para pemilik bisnis, bahwa tidak semua pelanggan dapat membayar tagihan secara tepat waktu, oleh karena itu sebaiknya Anda perlu melacak semua gerakan baik yang Anda tunjukkan dengan mengizinkan pelanggan Anda membayar dengan mencicil atau menunda pembayaran mereka hingga tanggal jatuh tempo yang dapat diterima.

Perlu diketahui bahwa keterlambatan pembayaran dapat mengganggu arus kas perusahaan karena dengan terjadinya keterlambatan, maka perusahaan akan merasa sulit untuk membayar pemasok dikarenakan pelanggan mereka yang tidak membayar mereka tepat waktu. Accounts receivable aging report atau laporan umur piutang pada dasarnya merupakan laporan dari tagihan Anda yang belum dibayar. Dengan menggunakan laporan ini, Anda dapat dengan cepat mengevaluasi pembayaran mana yang perlu dikumpulkan dengan prioritas dan berapa lama lagi Anda dapat menunggu pembayaran yang tertunda.

Berikut ini adalah kegunaan dari accounts receivable aging report atau laporan umur piutang

  • Mengidentifikasi efektivitas persyaratan kredit dan fungsi penagihan.
  • Mencegah situasi krisis uang tunai di perusahaan Anda.
  • Identifikasi pelanggan yang sering melakukan pembayaran terlambat dan mengambil tindakan atau perubahan yang diperlukan untuk mencegah kejadian serupa di masa mendatang.
  • Menentukan apakah akan menahan layanan atau penawaran produk sampai pelanggan melakukan pembayaran yang tertunda.
  • Analisis perilaku pelanggan Anda dan sesuaikan kembali jadwal faktur Anda, sehingga Anda dibayar tepat waktu

Cara membuat aging report untuk bisnis Anda

Dalam mempersiapkan accounts receivable aging report atau laporan umur piutang, Anda hanya memerlukan informasi tentang semua faktur Anda yang belum terbayar dan selanjutnya mengaturnya berdasarkan jadwal umur piutang mereka.

Jadwal umur piutang adalah daftar dari semua data piutang pelanggan Anda yang disusun dalam kurung 30 hari. Dalam kurung waktu dapat dikategorikan mulai dari 1 hari hingga 30 hari, 30 hingga 60 hari, 60 hingga 90 hari, dan seterusnya.

Cara terbaik untuk membuat aging reports Anda adalah dengan mengotomatiskannya dan dapat langsung melihat semua pembayaran jatuh tempo dan data yang terkait. Jika Anda menggunakan solusi faktur, fitur seperti aging reports akan membantu mengatur data faktur Anda yang belum terbayar dengan cara yang intuitif dan mudah dipahami. Anda dapat mengonfigurasi jadwal, melakukan pencarian, filter, dan operasi pemesanan dengan mudah untuk mendapatkan tampilan komprehensif dari semua informasi aging reports yang Anda miliki.

Perkirakan risiko kredit macet

Faktur Yang telah lama melewati tanggal jatuh tempo sehingga Anda tidak dapat menagih atau dianggap tidak dapat ditagih, pada faktur terutang semacam itu disebut piutang tak tertagih dan berdampak pada kerugian yang akan dialami oleh perusahaan. Untuk setiap periode akuntansi, Anda perlu melacak piutang tak tertagih ini dan memperkirakan berapa biayanya atau kerugiannya bagi perusahaan Anda. Dan Anda dapat menggunakan laporan ini untuk mendapatkan data akurat yang diperlukan untuk melakukannya. Selain itu Anda juga dapat menggunakan perkiraan kredit macet dan tinjauan berkala atas laporan umur piutang Anda yang dibantu oleh perangkat lunak akuntansi yang akan memberi Anda arahan yang diperlukan untuk memastikan Anda mengendalikan piutang tak tertagih.

Baca juga: Jenis-jenis & manfaat fixed asset dalam bisnis

Identifikasi masalah arus kas

Untuk memastikan kesehatan keuangan perusahaan Anda sehat, Anda harus memastikan bahwa pelanggan Anda membayar tepat waktu. Karena jika pelanggan tidak membayar Anda kembali tepat waktu, Anda akan berakhir dengan tidak dapat memenuhi kebutuhan operasional perusahaan Anda. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui kapan Anda bisa menerima pembayaran sebelum menyebabkan kemacetan pada arus kas Anda . Aging report akan membantu Anda mengidentifikasi skenario tersebut dan akan membuat Anda terus-menerus menyadari perkembangan arus kas perusahaan Anda.

Nilai kebijakan kredit Anda

Accounts receivable aging report atau laporan umur piutang adalah cara yang baik untuk mengevaluasi efektivitas kebijakan kredit Anda dengan cepat. Misalnya, jika sebagian besar pembayaran tertunda Anda berasal dari satu pelanggan, cukup jelas bahwa ada masalah dengan pelanggan ini. Dalam hal ini, Anda perlu mengidentifikasi mengapa mereka menunda pembayaran dan berpotensi menerapkan praktik penagihan khusus dengan pelanggan tersebut. Tetapi jika Anda memiliki banyak pelanggan yang tertinggal dalam pembayaran mereka, itu bisa menunjukkan masalah mendasar dengan kebijakan kredit Anda. Anda dapat mencatat masalah tersebut dan menilai apakah risiko kredit Anda sebanding dengan standar industri yang sebenarnya.

(Visited 175 times, 2 visits today)