aplikasi kasir

Aplikasi Kasir- Masih mengandalkan penggunaan mesin kasir manual buat catat semua orderan dari pelanggan? Cara tersebut bisa dibilang sangat kuno karena harus input harga satu persatu. Belum lagi, ada kemungkinan sistem yang eror sehingga membuat jumlah yang keluar berbeda. Akibatnya, bisnis kamu mengalami kerugian karena cuma masalah sepele tersebut.

Dalam dua atau tiga tahun terakhir, teknologi untuk memudahkan pengelolaan bisnis di depan (front office) sudah berhasil ditemukan. Teknologi itu disebut sebagai aplikasi kasir atau sistem pos (point of sale). Sistem ini mengintegrasikan diantara satu perangkat dengan perangkat lainnya. Maksudnya bagaimana?

Singkatnya, sistem POS dibuat untuk melakukan input data sejak awal pemesanan pelanggan, kemudian berlanjut ke dapur hingga ke meja kasir. Bahkan, penghitungan bumbu-bumbu untuk memasak saja bisa berkurang secara otomatis sesuai dengan menu yang dipilih. Itulah kenapa sistem atau aplikasi kasir ini banyak digunakan oleh restoran-restoran kelas menengah ataupun atas.

Di bawah ini, ada rekomendasi beberapa aplikasi kasir terbaik yang bisa menjadi pilihan buat kamu para pengusaha yang malas jika mengelola semuanya secara manual:

Aplikasi Kasir: Vend

Aplikasi kasir pertama yang direkomendasikan adalah Vend. Saat ini, Vend telah digunakan oleh lebih dari 20 ribu retailer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Perusahaan berbasis POS yang berasal dari Inggris tersebut mengintegrasikan beberapa fitur utama mereka, seperti inventory, pembayaran, point of sale, hingga laporan keuangan. Fyi, Vend bisa dicoba secara gratis namun ada biaya berlanggan apabila kamu ingin menggunakannya dalam waktu lama.

Data di Vend sudah tersinkronisasi dengan sistem cloud sehingga kamu bisa membukanya baik melalui iPad maupun laptop. Selain itu, Vend juga memastikan perangkat mereka bisa digunakan secara offline dan semua data akan tersimpan secara otomatis ketika sinyal ataupun wifi sudah kembali tersedia.

Jika kamu ingin  mencoba Vend secara gratis, kamu bisa klik link yang tertera disini.

Touch Bistro

Jika Vend lebih dikenal sebagai sistem POS untuk bisnis retail, lain halnya dengan Touch Bistro. Sebab, Touch Bistro saat ini disebut sebagai salah satu aplikasi kasir terbaik bagi pebisnis restoran, bar ataupun food trucks. Sejauh ini, mereka mengklaim telah digunakan di lebih dari 100 negara dunia. Beberapa pengguna juga tersebar di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Salah satu fitur unik yang ada di Touch Bistro adalah mobile menu management dimana pegawai bisa menawarkan semua restoran di sebuah gadget. Setelah semua pesanan telah disetujui, maka menu tersebut akan langsung dilihat oleh para chef yang berada di dalam dapur. Dengan begitu, pesanan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan tidak memakan waktu lebih lama.

Penasaran dengan Touch Bistro, klik disini buat request fitur sesuai keinginan kamu!

Baca Juga: 5 Aplikasi Akuntansi Buat Pengusaha yang Benci Pembukuan

Square POS

Aplikasi kasir terbaik ketiga adalah Square POS. Yang paling unik dari POS jenis ini adalah mereka gratis. Square POS memperbolehkan semua pelaku bisnis menggunakan perangkat mereka tanpa bayaran. Akan tetapi, Square akan meminta bayaran apabila kamu melakukan pembayaran yakni sebesar 2.6% + 10 sen/transaksi.

Square tidak mereferensikan mereka ke dalam satu jenis spesifik bidang usaha. Mereka bisa digunakan untuk pebisnis retail ataupun restoran sebab mereka membuat banyak fitur. Buat para pelaku usaha yang mau mencoba menggunakan Square POS, mereka bisa mendownload secara gratis, baik di Playstore maupun Appstore.

Ingin menggunakan Square POS dan mendaftar sekarang juga? klik disini gratis.

Sapaad

Mirip dengan Touch Bistro, Sapaad merupakan sebuah aplikasi kasir terbaik yang berasal dari Dubai. Mereka memiliki kantor juga yang berada di Singapura agar bisa mengambil ceruk pasar di Asia Tenggara. Sapaad bisa digunakan secara gratis dalam bentuk trial. Namun jika kamu membutuhkan Sapaad dengan fitur-fitur yang lebih kompleks, akan ada penambahan biaya sesuai dengan persetujuan antara kedua belah pihak.

Salah satu fitur unik yang dimiliki oleh Sapaad adalah Call Center. Dengan adanya fitur ini, kamu bisa mendapatkan orderan via telepon dan langsung bisa dilacak ke dapur. Dengan demikian, orderan bisa langsung didapat tanpa harus menunggu waktu lama. Selain itu, data history dari seorang pelanggan via telepon juga bisa dilacak untuk mengindari orderan fiktif.

Toast POS

Menurut Finance Online, Toast POS  merupakan aplikasi kasir #1 yang ada di dunia. Fitur-fitur yang dimiliki oleh Toast POS sangatlah beragam. Mereka berfokus kepada pengelolaan restoran mulai pemesanan makanan, stok persediaan hingga kasir pembayaran. Semua sistem sudah terintegrasi sehingga pengelolaan bisa 3 kali lebih cepat dari normal.

Dua fitur di Toast POS yang cukup spesial adalah mengatur pemesanan restoran. Dengan begitu, kamu bisa datang tanpa perlu takut harus antri dalam memesan makanan. Kedua, Toast POS memudahkan pembayaran pelanggan mereka melalui sebuah mesin otomatis Kiosks. Dengan demikian, pelanggan tidak perlu lagi mengantri dalam membayarkan makanan yang mereka pesan.

Klik disini jika kamu ingin tahu lebih banyak mengenai harga dan fitur-fitur lainnya mengenai Toast POS.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Software Akuntansi Gratis Terbaik Buat Pebisnis

Tidak semua pebisnis memerlukan sistem POS. Sebab, sebagian dari mereka hanya memerlukan pencatatan laporan keuangan saja serta pembuatan invoice kepada pelanggan. Jika kamu hanya membutuhkan dokumen-dokumen pelengkap, kamu bisa menggunakan Paper.id. Sebab, software invoice dan akuntansi tersebut bisa digunakan secara gratis. Klik disini untuk daftar gratis sekarang.

 

 

 

 

 

(Visited 168 times, 3 visits today)