Membedah Rahasia McDonald Menjadi Waralaba Terbesar di Dunia

Berdiri pada tahun 1940, McDonald telah menjadi bisnis waralaba terbesar di dunia menurut Entrepreneur.com. Franchise dengan logo M warna kuning tersebut ada dimana-mana. Dari kota besar hingga kota kecil, McDonald seakan-akan ada di mana-mana.

Berawal dari kisah Dick dan Mac McDonald yang mendirikan bisnis tersebut, McDonald sempat kesulitan di masa awal berdiri. Akhirnya, Ray Kroc datang dengan menerapkan sistem waralaba yang membuat McDonald tumbuh kencang dan menjamur dimana-mana. Hingga kini, jumlah waralaba McD telah mencapai 37.406.

Baca juga: Jalan panjang bos Amazon sebagai orang terkaya di dunia

Setiap harinya, ada sekitar 70 juta orang di dunia yang datang ke McD untuk menikmati kelezatan menu-menu McD menurut Entrepreneur. Bahkan, bisnis waralaba McD dianggap sebagai bisnis yang pasti sukses.

Apa yang membuat McD bertahan hingga kini ditengah persaingan bisnis waralaba makanan cepat saji yang semakin membesar? Paper.id akan membahas pembahasan ini lebih dalam lewat ulasan menarik dan lengkap dibawah.

Sistem waralaba yang sudah teruji adalah kunci sukses McDonald

Sistem waralaba McD memberikan margin keuntungan yang besar sehingga semua orang tertarik untuk melakukannya

Apa rahasia bisnis McDonald? Sistem franchise menjadi salah satu kunci mengapa McDonald bisa meraup untung dan memperbesar jaringan waralaba mereka di seluruh dunia. Menurut Market Realist, 93% (35.085 restoran) dari gerai McD di seluruh dunia adalah milik franchise sedangkan sisanya (2770 restoran) dikelola oleh McD pada tahun 2018.

Baca juga: Kampanye KFC : Kontroversi di dalam negeri, lumrah di luar negeri

Sistem tersebut memberikan kemudahan serta keuntungan bagi McD. McD mendapatkan pemasukan yang stabil. McD menerapkan persyaratan yang ketat bagi orang-orang yang ingin menjadi franchise. Salah satunya, franchise harus memiliki modal senilai 500.000 Dollar AS atau sekitar Rp 7,2 Milyar. Franchise juga harus memilih 2 jenis waralaba yang diberikan seperti new franchise restaurant untuk orang baru atau existing franchise restaurant bagi orang yang membeli gerai McD yang sudah ada.

Meski menerapkan persyaratan yang sulit, hal ini tidak menyurutkan niat orang-orang untuk menjadi franchise. McD memberikan jaminan keuntungan yang besar dan stabil. Bisnis restoran dikenal sebagai bisnis yang kejam. Iklim persaingan yang ketat serta kemunculan pemain-pemain baru membuat para pengusaha restoran harus bergerak dinamis agar tetap bisa bertahan. Hal ini tidak berpengaruh pada McDonald karena, para franchise berpeluang mendapatkan margin keuntungan sebesar 40% menurut Investopedia.

Tantangan-tantangan McDonald dan cara mereka dalam mengatasinya

Melihat fakta-fakta diatas, jalan McDonald seakan mulus untuk menjadi waralaba tersukses di dunia. Namun, hal ini tidak semulus yang kamu tahu. McDonaldo menghadapi banyak masalah dalam perjalanannya.

Masalah pertama, McDonald sempat mendapatkan predikat sebagai salah satu penyebab masalah obesitas dalam buku Fast Food Nation dan masuk sebagai salah satu restoran fast food dengan kualitas makanan terburuk menurut survey Restaurant & Institutions. Akibatnya, saham McD turun dari 48 Dollar AS per lembar menjadi 40 Dollar AS per lembar.

Untuk mengatasinya, McD melakukan sejumlah langkah. Pertama, mereka menghapus menu Supersize Me, pilihan untuk memesan makanan dengan porsi besar. Kedua, mereka menyertakan info nutrisi dari setiap makanan dan minuman dalam menu. Mereka juga menetapkan menu Happy Meals harus dibawah 600 kalori dengan menggunakan bahan-bahan yang aman dan bebas pengawet.

Masalah kedua, tantangan dalam dunia digital. Melihat ini, McDonald mulai mengiplementasikan board pemesanan yang terletak di dekat pintu masuk. Dengan begitu, para pengunjung bisa langsung memesan makanan tanpa ke meja kasir. Cara ini dipandang efektif dalam meringkas pekerjaan serta membuat para pelanggan bisa memesan makanan dengan cepat.

Sama halnya dengan McDonald, setiap pengusaha dituntut untuk go-digital agar tetap bertahan di era modern. Dengan menerapkan hal tersebut, setiap perusahaan bisa bertahan dan meringkas pekerjaan mereka lebih mudah.

Hal ini diterapkan dalam setiap aspek perusahaan. Kalau kamu membutuhkan software untuk pengelolaan keuangan mulai dari invoice hingga pembukuan maka, kamu bisa mendapatkannya dengan gratis disini!

(Visited 8.240 times, 5 visits today)