e-procurement

Kemajuan pesat dalam bidang teknologi mengubah dunia manajemen rantai suplai terutama pengadaan barang dan jasa. Sistem yang lebih rapi dan terkomputerisasi, teknologi software via smartphone dan cloud storage, konektivitas otomatis, dan dukungan mesin-mesin canggih membuat pengadaan menjadi lebih praktis dan efisien.

Sebelum berpindah ke bagian isi artikel, sudahkah Anda membaca Ultimate Guide procurement yang lainnya? Ultimate Guide Procurement merupakan topik terbaru dari Paper.id yang mengulas seputar hal-hal dalam bisnis dan terbagi menjadi beberapa artikel. Jika belum, Anda bisa langsung mengunjunginya lewat tabel konten dibawah ini. 

  1. Part 1 :  Apa Itu Procurement 
  2. Part 2 : Langkah-langkah Procurement 
  3. Part 3 : Masalah-Masalah dalam Procurement dan Cara Mengatasinya
  4. Part 4 : KPI Procurement
  5. Part 5 : E Procurement, metode pengadaan di masa depan – Anda disini
  6. Finale : Tips-Tips Agar Procurement Berjalan Lancar 

Penggunaan e-procurement juga disebut sebagai salah satu faktor yang menentukan kemajuan sebuah bisnis. Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan dengan menggunakan software e-procurement dalam bisnis dan berikut rangkuman dari kedua poin tersebut.

Manfaat e-procurement untuk kemajuan bisnis

Keberadaan e-procurement membawa banyak manfaat positif bagi perusahaan. Menurut Deloitte, ada 2 manfaat yang dirasakan yakni:

  • Input yang lebih baik

    Procurement terdiri dari banyak tahap dan membutuhkan banyak hal. Proses yang kompleks bisa membuat proses kerja memakan waktu lebih lama serta menyebabkan anggaran dana yang membengkak. Lewat e procurement, masalah ini bisa teratasi. Ada 4 pokok penting dalam input pekerjaan seperti:

    • Data yang lebih rapi

      Ada banyak jenis dokumen dalam procurement. Di setiap tahapan, perusahaan akan menyimpan sejumlah bukti dokumen untuk pembukuan keuangan mereka. Masalahnya, dokumen yang dibuat secara manual berisiko hilang dan proses pembukuan lebih lama.Untuk mengatasinya, dibutuhkan software yang dapat membuat waktunya terpangkas banyak. Solusi ini tersedia dalam Paper.id, software invoice, accounting dan inventaris. Dengan paper.id, Anda bisa melakukan penagihan lebih praktis, pembukuan yang lebih mudah tanpa susah-susah memasukkan semuanya dan pengaturan inventaris gudang.Data tersimpan dengan rapi dicloud storage sehingga aman dan bisa Anda cek secara real-time. Semuanya jadi lebih mudah dan bisnis jadi menyenangkan! Kemudahan ini bisa Anda rasakan dengan gratis dengan DOWLOAD DISINI!

    • Pengiriman barang

      Tugas Anda belum selesai meski Anda sudah memilih supplier dan membeli barang yang diinginkan. Anda harus memantau pengiriman barang. E-procurement membuat proses pemantauan barang menjadi lebih mudah dan membantu Anda untuk mengawasi barang tanpa susah.
    • Data dari pihak eksternal

      Selain data dari supplier, ada hal lainnya yang harus Anda perhatikan seperti data sosial media, tren komoditas, tarif pasar, dan risiko dalam negeri. Data-data tersebut merupakan data eksternal yang berkaitan langsung dengan perusahaan Anda. Tanpa E-procurement, proses pengumpulan data jadi lebih lama dan tingkat kebenarannya b bisa diragukan.
      • Serba otomatis dan teratur

        Organisasi data yang teratur serta serba otomatis menjadi dambaan semua perusahaan. E-procurement mewujudkan hal tersebut dengan membuat proses pengadaan menjadi lebih teratur dan otomatis.

        Kinerja yang lebih baik

        Kini, sudah muncul beragam software procurement yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Perusahaan sering menggunakannya untuk membantu kinerja mereka. Ada beberapa manfaat positif yang bisa dirasakan sebagai berikut:

    • Pengiriman yang bisa dicek kapan saja

      Ada kalanya perusahaan merasa khawatir akan barang yang mereka punya. Selain itu, mereka juga harus mengecek akan kondisi barang yang diterima, apakah sesuai dengan jumlah pesanan dan kualitasnya juga harus dicek.

      Dengan data yang tersusun rapi, perusahaan dapat menyusun laporan dengan mudah, cepat dan transparan. Hal ini penting mengingat, hal itu tidak hanya membantu sistem operasional tapi juga mengurangi tingkat terjadinya kecurangan seperti korupsi dalam perusahaan.

Kini, banyak perusahaan beralih ke e-procurement karena sifatnya yang transparan serta mempermudah proses pengadaan barang. Dibalik itu, setiap pelaku usaha perlu mempelajari sistem e-procurement karena, mekanisme penggunaannya berbeda. Di artikel selanjutnya, Paper.id akan membahas mengenai hal-hal yang harus diperhatikan dalam procurement di Ultimate Guide Procurement: Kunci Sukses Sebuah Procurement (Finale)

google_play_customer_io

(Visited 546 times, 1 visits today)