Keuangan usaha menjadi salah satu tonggak pergerakan bisnis. Jika benar, keuangan bisnis dapat berjalan dengan lancar maka, bisnis bisa berkembang dan menjadi lebih besar dari sebelumnya. Untuk itu, setiap pengusaha perlu mengembangkan bisnis mereka dengan baik.

Dalam mengatur keuangan, ada banyak faktor yang perlu kita lihat, salah satunya adalah jenis usahanya. Untuk usaha jasa, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik dalam melakukannya. Berikut cara-cara mengatur keuangan untuk bisnis jasa dengan benar.

Baca juga: Strategi social media marketing: 3 brand dengan campaign terunik 

Bedakan rekening pribadi dan keuangan usaha

Hal pertama yang harus kamu lakukan, kamu harus membagi rekening pribadi dan usaha. Dengan begitu, keuntungan yang kamu dapat tidak akan tercampur dan kamu bisa membedakan antara modal dan keuntungan usaha yang telah didapatkan.

Meski terkesan remeh, hal ini seringkali dilupakan oleh para pelaku usaha terutama bagi mereka yang masih bergerak di usaha kecil. Kamu bisa membuat rekening yang berbeda antara rekening pribadi dan usaha. Dengan begitu, hal ini dapat memudahkan kamu dalam mengatur keuangan usaha kamu.

Alokasi pengeluaran bulanan termasuk gaji yang didapat

Jenis Laporan Keuangan

Meski kamu mengurus usaha kamu sendiri, bukan berarti kamu tidak perlu mendapatkan gaji. Untuk itu, kamu bisa menyisihkan sedikit keuntungan dari pendapatan yang telah kamu dapatkan selama mengurus usaha kamu.

Jika kamu membutuhkan uang dalam waktu yang cepat, kamu bisa menulis hal itu sebagai pinjaman usaha. Selain itu, jangan lupa untuk mencatatnya agar pinjaman yang telah kamu lakukan dapat terlacak dan hal ini penting untuk keuangan usaha kamu.

Baca juga: 3 kesalahan umum yang sering terjadi di b2b marketing

Laporan keuangan

Laporan Neraca
Contoh laporan keuangan sederhana

Laporan keuangan menjadi elemen penting bagi bisnis kamu. Kamu bisa mencatat laba dan rugi yang terjadi selama menjalani usaha. Selain itu, kamu bisa melihat keuangan bisnis kamu dan menganalisis masalah atau hal yang terjadi dalam bisnis kamu.

Dengan memiliki laporan keuangan, kamu bisa melihat arus uang yang masuk dan apa saja yang terjadi dengan usaha kamu. Kamu bisa tahu soal kondisi keuangan kamu dan mulai mengatur langkah soal apa yang harus kamu lakukan untuk kemajuan bisnismu.

Membuat laporan keuangan memang penting tapi, hal ini seringkali dilewatkan oleh pelaku bisnis skala kecil dan menengah. Mereka masih berfokus pada keuntungan semata walaupun, hal ini bisa mendatangkan masalah jika kamu tidak membuat laporan dengan baik.

Untuk memudahkanmu dalam membuat laporan keuangan, kamu bisa menggunakan Paper.id, sebuah software invoice dengan fitur penting seperti fitur accounting, fitur financing, dan fitur inventory. Segalanya telah terintegrasi dan bisa kamu pakai dengan mudah.

Paper.id menjadi software solutif bagi para pelaku bisnis yang bergerak di bidang UMKM. Dengan menggunakan software ini, keuangan bisnis kamu akan berjalan lebih lancar dan bisnis lebih untung. Download sekarang lewat link dibawah untuk mendapatkan software ini dengan GRATIS!

Jaga perputaran uang dengan baik

Bisnis tidak hanya semata bergantung kepada keuangan saja. Bisnis juga bergantung pada banyak faktor terutama perputaran uang dimana, kamu harus bisa memutar uang dengan baik dari segala hal seperti piutang, hutang, aset, dan juga lainnya.

Karena itu, atur aset yang kamu miliki sebaik mungkin agar keuangan bisnis kamu bisa berjalan dengan baik. Selain itu, jaga aset yang kamu miliki agar semuanya tetap terjaga dan bisa menjadi keuntungan yang kamu dapatkan di masa yang akan datang.

Daniel Nugraha