FMCG: pengertian, industri, jenis barang

FMCG atau barang konsumen yang bergerak cepat adalah produk yang umum digunakan, permintaan tinggi, tidak tahan lama, dan umumnya berharga murah yang dijual di pasar ritel atau toko.

Hampir semua orang di dunia menggunakan fast moving consumer goods (FMCG) setiap hari. Secara umum barang FMCG terdiri dari produk-produk yang memenuhi kebutuhan dasar atau kebutuhan hidup kita sehari-hari, seperti pakaian, makanan, produk alat tulis, kosmetik, sabun, sampo, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Apa itu Fee, Berikut Penjelasan Singkatnya!

Karakteristik FMCG

FMCG dikategorikan berdasarkan karakteristik khusus, yaitu:

  • Biaya / harga rendah

Produk ini tersedia dengan biaya yang relatif rendah, dan tidak menghabiskan banyak anggaran konsumen. Bahkan kenaikan harga produk semacam itu jarang diperhatikan oleh konsumen.

  • Ketersediaan tinggi dan Konsumsi tinggi

Anda dapat dengan mudah mendapatkan barang di toko ritel mana pun. Dengan kata lain produk FMCG sederhana, FMCG mudah tersedia. Selain itu FMCGS juga dikonsumsi dalam jumlah massal. 

  • Tidak tahan lama

Produk ini tidak tahan lama, dan rentang waktu antara produksi dan konsumsi biasanya sangat singkat.

Selain itu, pabrikan tidak benar-benar memiliki stok besar untuk produk semacam itu, mereka mendistribusikan produk ke pengecer atau grosir segera setelah diproduksi.

  • Harga, kualitas, dan kemasan yang konsisten

FMCG memiliki kualitas, kemasan, dan harga yang relatif konsisten (bahkan kenaikan harga biasanya dapat diabaikan). 

Jenis Barang Konsumen yang Bergerak Cepat

Seperti disebutkan di atas, barang konsumen yang bergerak cepat adalah barang yang tidak tahan lama, atau barang yang memiliki umur pendek, dan dikonsumsi dengan cepat. FMCG dapat dibagi menjadi beberapa kategori berbeda, termasuk:

  • Makanan olahan seperti produk keju, sereal, dan pasta kotak
  • Makanan siap saji
  • Minuman seperti air kemasan, minuman berenergi, dan jus
  • Makanan yang dipanggang seperti kue, croissant, dan bagel
  • Makanan segar, makanan beku, dan makanan kering
  • Obat-obatan seperti aspirin, pereda nyeri, dan obat lain yang dapat dibeli tanpa resep dokter
  • Kosmetik dan perlengkapan mandi

Baca Juga:Pengertian Nota Kredit, Untuk Pengusaha Kalian Harus Tahu!

Contoh Perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG)

Nestle 

Nestle SA atau biasa dikenal dengan Nestle, adalah salah satu organisasi paling terkenal di dunia. Padahal, berdasarkan penjualan dan pendapatan, Nestle adalah perusahaan FMCG terbesar di dunia.

Nestle menawarkan produk makanan yang sangat sering digunakan seperti makanan ringan, es krim, makanan hewan peliharaan, makanan beku, produk susu, teh, kopi, air mineral, makanan medis, makanan bayi, sereal sarapan, dan lain-lain

Procter & Gamble

Proctor & Gamble atau P&G adalah nama global lain dalam industri FMCG. Raksasa industri yang berbasis di AS ini telah memperluas jangkauannya ke lebih dari 180 negara.

Perusahaan ini bergerak di bidang perawatan kesehatan, perawatan pribadi, dan produk kecantikan.

Unilever PLC

Unilever adalah nama besar lainnya di industri FMCG. Perusahaan besar multinasional Inggris Belanda ini mencakup berbagai kategori, termasuk minuman, makanan, produk perawatan pribadi, bahan pembersih, dan lain sebagainya. Perlu diketahui unilever berdiri di antara perusahaan barang konsumen terbesar (berdasarkan kapitalisasi pasar).

Karena barang konsumen yang bergerak cepat memiliki tingkat perputaran yang tinggi, pasarnya tidak hanya sangat besar, tetapi juga sangat kompetitif.

Seperti yang sudah disebutkan diatas perusahaan seperti ini perlu memfokuskan upaya mereka pada pemasaran barang konsumen yang bergerak cepat untuk memikat dan menarik konsumen untuk membeli produk mereka.

Oleh karena itu pengemasan merupakan faktor yang sangat penting dalam proses produksi. Sistem logistik dan distribusi seringkali memerlukan pengemasan sekunder dan tersier untuk memaksimalkan efisiensi.

Kemasan satuan atau kemasan utama sangat penting untuk perlindungan produk dan umur simpan, serta memberikan informasi dan insentif penjualan kepada konsumen.

(Visited 40 times, 1 visits today)