Jika bisnis online Anda sudah memiliki skala yang cukup besar dan melibatkan penyimpanan barang di gudang, tentunya ada satu kegiatan rutin yang pantang Anda lewatkan, yakni stock opname.
Nah, artikel ini akan membahas segala hal tentang stock opname seperti definisi, tujuan stock opname, manfaatnya, hingga cara melakukan stock opname. Selamat membaca!

Apa Itu Stock Opname?

Stock opname adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan proses penghitungan inventaris produk yang dimiliki suatu perusahaan dalam kurun periode waktu tertentu. Istilah stock opname paling banyak dikenal di lingkup bisnis yang mengelola stok barangnya melalui sistem pergudangan.

Baca juga: 5 keuntungan menggunakan aplikasi stok barang secara digital

Stock opname dilakukan secara rutin tiap periode waktu tertentu tergantung pada kebijakan bisnis Anda. Ada yang melakukannya setiap hari, setiap minggu, bulan, bahkan hingga tahunan. Penentuan periode waktu ini umumnya didasarkan pada jumlah barang yang dimiliki.

Proses stock opname ini biasanya dilakukan oleh tim khusus yang bertanggung jawab atas pengelolaan gudang dan pendataan inventaris. Proses penghitungan yang rutin dan akurat akan membantu bisnis Anda lebih mudah dalam merencanakan produksi kedepannya.

Invoice Penjualan

Tujuan Stock Opname

Berikut adalah beberapa tujuan dari stock opname

  1. Memastikan Jumlah Persediaan Barang
    Tujuan utama stock opname adalah untuk memastikan jumlah persediaan barang yang dimiliki perusahaan. Ini penting bagi bisnis Anda untuk mengetahui apa dan berapa barang yang terdapat di dalam inventaris.
  2. Meninjau Kondisi Barang di Gudang
    Tujuan lainnya dari stock opname adalah untuk mengidentifikasi status barang itu sendiri. Pada saat melakukan penghitungan dan pencatatan, secara otomatis Anda juga sekaligus memeriksa kondisi barang-barang tersebut.
  3. Membantu Perumusan Strategi Bisnis
    Selain itu, stock opname juga dapat dijadikan indikator dalam penentuan strategi marketing dan sales. Karena dengan stock opname, Anda bisa dengan mudah mengidentifikasi produk atau barang mana yang harus dioptimalkan strategi marketingnya.
  4. Mengevaluasi Performa Operasional Gudang
    Evaluasi kinerja dan efisiensi gudang juga dapat dilakukan bersamaan dengan stock opname. Dalam proses perhitungan barang tersebut, Anda dapat menilai seberapa mudah proses dilakukan yang menggambarkan efisiensi tata letak gudang dan aspek lainnya.
  5. Bentuk Kepatuhan Terhadap Prosedur dalam Perusahaan
    Stock opname umumnya termasuk ke dalam salah satu dari prosedur dasar perusahaan. Untuk alasan ini, maka proses penghitungan perlu dilakukan sebagai bentuk kepatuhan terhadap prosedur perusahaan yang berlaku.

Manfaat Stock Opname

Berikut adalah beberapa manfaat stock opname:

  • Menghindari kehilangan barang atau produk dengan mencari tahu perbedaan antara jumlah seharusnya dengan jumlah yang tercatat.
  • Meningkatkan efisiensi operasional.
  • Memastikan keakuratan data keuangan perusahaan.
  • Meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan dengan memastikan ketersediaan produk.
  • Meningkatkan pengendalian atas persediaan barang atau produk.

Cara Melakukan Stock Opname

Berikut adalah langkah-langkah umum atau cara melakukan stock opname:

  • Persiapkan daftar barang atau produk yang akan dihitung
    Buat daftar persediaan barang atau produk yang ingin dihitung. Pastikan daftar tersebut mencakup nama barang, nomor seri, variasi, dan jumlah.
  • Tentukan metode penghitungan
    Ada beberapa metode penghitungan persediaan, seperti metode FIFO, LIFO, atau Average Cost. Pilih metode yang sekiranya sesuai dengan bisnis Anda.
  • Tetapkan jadwal penghitungan dan media pencatatan
    Tetapkan periode waktu yang akan Anda gunakan untuk melakukan penghitungan.
  • Mulai penghitungan
    Mulai proses perhitungan dengan cermat dan teliti, pastikan seluruh proses dicatat agar menghindari kesalahan perhitungan.
  • Lakukan analisis hasil penghitungan
    Setelah penghitungan selesai, lakukan analisis data untuk mengetahui penyebab perbedaan antara jumlah yang dihitung dan jumlah yang tercatat di sistem. Selisih dalam stock opname adalah salah satu hal yang patut diatasi dengan cepat.

Untuk memudahkan proses penghitungan dan pendataan stok barang, Anda bisa gunakan tools atau aplikasi Warehouse Management System (WMS).

*Artikel ini hasil kolaborasi antara Paper.id & Ginee.

Alfian Dimas