Untuk Anda yang menggeluti bidang bisnis online, tentunya sudah tidak asing dengan istilah Omnichannel, bukan?

Bagaimana tidak, Omnichannel telah dikenal sebagai salah satu alat bisnis online yang dapat menyederhanakan proses bisnis hingga meningkatkan keuntungan secara signifikan.

Lalu, software Omnichannel mana yang terbaik untuk Anda di tahun 2023 ini? Simak rekomendasi lengkap kami dalam artikel ini!

Baca juga: Pasar persaingan sempurna, apakah ecommerce dan marketplace termasuk?

Apa itu Omnichannel?

Omnichannel berasal dari 2 kata, Omni dan Channel, yang bermakna saluran universal. Jadi, secara definisi Omnichannel adalah sebuah platform yang dapat menggabungkan atau mengintegrasikan berbagai saluran (seperti marketplace, e-commerce, dan lain-lain) untuk dikelola melalui satu sistem manajemen.

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan toko online Anda, sekaligus mempermudah Anda dalam mengelola bisnis online.

Bayangkan jika Anda memiliki banyak toko online di berbagai marketplace dan e-commerce, yang mana strategi ini lazim digunakan jika Anda ingin memaksimalkan keuntungan. Namun, mengelola semuanya sekaligus tentu akan sangat memakan waktu dan tenaga.

Dengan adanya Omnichannel ini, seluruh operasional toko online dari berbagai marketplace dapat dilakukan hanya dalam satu platform saja, tanpa harus bolak-balik ke akun marketplace terkait.

Ada banyak pilihan layanan Omnichannel yang sudah tersedia, lalu mana yang terbaik? Selanjutnya kita akan membahas mengenai 5 software Omnichannel terbaik di Indonesia pada tahun 2023.
Jenis-Jenis Omnichannel
Berikut adalah dua jenis Omnichannel yang paling banyak dikenal serta umum digunakan oleh para pebisnis:

Omnichannel Chat

Omnichannel chat adalah Omnichannel yang berfokus pada alur komunikasi bisnis Anda dengan para pelanggan. Tentunya terdapat berbagai saluran komunikasi antara Anda dan pelanggan, seperti media sosial atau bahkan fitur chat dari marketplace dan e-commerce.

Nah, Omnichannel chat ini bertujuan untuk menyatukan seluruh saluran komunikasi tersebut agar dapat dikelola dalam satu platform secara utuh.

Dengan kata lain, Omnichannel chat memungkinkan Anda berbalas pesan dengan pelanggan-pelanggan marketplace dan ecommerce Anda secara realtime tanpa terpisah-pisah.

Omnichannel Marketplace dan E-commerce

Jenis Omnichannel yang kedua adalah Omnichannel marketplace atau ecommerce. Berbeda dengan Omnichannel chat, Omnichannel marketplace ini akan lebih berfokus pada operasional penjualan melalui marketplace atau e-commerce.

Baca juga: Melihat strategi Tokopedia yang berbeda dari ecommerce lainnya

Alih-alih memproses penjualan bisnis online secara terpisah berdasarkan marketplace dan e-commerce yang Anda gunakan, Omnichannel jenis ini akan mampu mengintegrasikan platform-platform tersebut dalam satu wadah.

Sehingga berbagai operasional bisnis seperti pemrosesan pesanan, pengelolaan produk, hingga sinkronisasi stok dapat dilakukan dengan cepat hanya dalam satu platform Omnichannel tersebut saja.

PaperPay In

Tips Memilih Software Omnichannel Indonesia

Dari banyaknya pilihan, tentu Anda akan cukup kebingungan dalam memilih mana software Omnichannel yang tepat untuk bisnis Anda, bukan? Berikut kami akan memberikan 5 tips dalam memilih software Omnichannel Indonesia:

  1. Identifikasi kebutuhan bisnis Anda
    Mulailah dengan memahami kebutuhan bisnis Anda. Pertimbangkan faktor seperti jumlah produk yang Anda jual, audiens target, pertumbuhan yang diharapkan, fitur yang diinginkan, integrasi dengan sistem yang sudah ada, dan anggaran.
  2. Integrasi yang lengkap
    Cari platform Omnichannel yang dapat terintegrasi dengan lancar dengan sistem yang sudah ada, seperti situs web e-commerce, manajemen inventaris, CRM, dan gateway pembayaran.
  3. Manajemen inventaris
    Pilih platform yang menawarkan kemampuan manajemen inventaris yang handal, termasuk pelacakan inventaris secara real-time, pembaruan stok otomatis, manajemen pemesanan balik, dan dukungan inventaris multi-lokasi.
  4. Manajemen pemesanan
    Periksa apakah platform menyediakan fitur manajemen pemesanan yang komprehensif, seperti pelacakan pemesanan, integrasi pengiriman, dan otomatisasi pemenuhan.
  5. Analitik dan Laporan
    Kemampuan analitik dan pelaporan sangat penting untuk memantau dan mengoptimalkan kinerja bisnis Anda. Cari platform yang menawarkan alat analitik bawaan untuk melacak metrik kunci seperti penjualan, perilaku pelanggan, tingkat inventaris, dan kinerja saluran.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu Omnichannel serta jenis-jenis dan tips memilihnya untuk bisnis Anda. Pada intinya, Omnichannel akan sangat bermanfaat bagi Anda terutama jika bisnis online yang Anda kelola berasal dari berbagai platform yang berbeda. Dengan menggunakan Omnichannel, Anda dapat meningkatkan keuntungan sekaligus mempermudah operasional bisnis.

Artikel ini dibuat atas hasil kerja sama antara Paper.id & Ginee