Kamu merasa memiliki pendapatan yang stagnan padahal ada target menabung untuk masa depan? Atau ingin bekerja dengan pendapatan besar, tapi tidak ingin terikat kantor secara full time? Sepertinya kamu perlu mencoba pekerjaan freelance online berikut ini.

Pekerjaan Freelance dari Rumah

Waktu kerja yang fleksibel menjadi salah satu keunggulan bekerja secara freelance. Tak heran, banyak orang memilih menjadi freelancer dibanding bekerja secara full time yang mengharuskan pergi ke kantor setiap hari.

Nah, di bawah ini ada contoh pekerjaan freelance yang bisa kamu coba.

1. Copywriter

Pandai merangkai kata untuk mempromosikan sebuah produk akan menjadi skill yang bermanfaat. Sebab, kamu bisa nih mencari pekerjaan freelance sebagai copywriter.
Copywriter sendiri merupakan jenis pekerjaan yang paling banyak dicari oleh agensi untuk menangani klien mereka dari berbagai niche produk.

Baca juga: 6 tips mengatur keuangan buat freelance

2. Graphic Designer

Bisa membuat desain konten? Mengoperasikan photoshop, adobe illustrator, bahkan after effect adalah keahlian utama kamu? Wah, siap-siap deh untuk kebanjiran job freelance yang bahkan bisa kamu dapatkan dari perusahaan luar negeri.
Penghasilannya jangan diragukan lagi karena sudah pasti gaji dua digit bisa kamu dapatkan meskipun kerja dari rumah.

3. Data Entry

Kemajuan teknologi dan internet membuat banyak perusahaan melakukan digitalisasi data. Biasanya, perusahaan besar yang sebelumnya belum mendigitalkan dokumen akan banyak merekrut pekerja freelance atau part time untuk melakukan input data. Inilah mengapa data entry banyak dicari.

4. Content Creator

Contoh pekerjaan freelance yang menggiurkan karena memiliki pendapatan tinggi adalah content creator. Jika kamu gemar melakukan sharing product atau berbagi informasi melalui media sosial kamu, ini bisa dijadikan bekal untuk membuat portofolio sehingga karir sebagai content creator bisa kamu kuasai.

5. Social Media Officer

Masih berkaitan dengan content creator, jenis pekerjaan freelance lainnya adalah social media officer. Pekerjaan ini banyak dibuka oleh agensi atau perusahaan yang ingin mulai untuk membuat branding di media sosial.

Kamu nantinya bertugas membuat content plan dan meng-handle akun media sosial perusahaan guna berinteraksi dengan para followers mereka.

6. Content Writer

Penulis konten banyak memiliki ruang untuk bekerja secara freelance. Terlebih jika kamu juga menguasai kemampuan dasar tentang SEO, maka kamu akan memiliki ladang pendapatan tambahan yang semakin luas sebagai content writer freelance.

Peluang menjadi content writer freelance pun banyak dibuka oleh perusahaan-perusahaan berskala besar maupun kecil. Agar lamaran kamu diterima, pastikan CV kamu sudah menonjol.

Belum yakin dengan kekuatan CV mu? Yuk gunakan jasa review CV online oleh HR profesional!

Di sini kamu bisa melakukan makeover CV dan konsultasi langsung dengan HR expert terkait bagaimana cara membuat CV yang baik dan benar. Dengan begini, CV kamu akan lebih berkualitas dan peluang diterima kerja pun semakin tinggi.

Baca juga: 5 masalah yang sering dihadapi freelance online

7. Voice Over Talent

Siapa sangka ide freelance ini ternyata cukup menjanjikan. Yup, banyak sekali bisnis yang mempromosikan produknya melalui konten video. Nah, guna menghasilkan konten video yang menarik, diperlukan suara yang mendukung.

Jika kamu memiliki suara yang khas, kamu bisa nih jadi voice over talent untuk mengisi suara-suara di berbagai video komersial, video company profile, atau video konten berbahasa Inggris.

8. Photo Editor

Photo editor merupakan salah satu jenis pekerjaan freelance yang banyak dicari, baik oleh individu, agensi, maupun perusahaan yang memiliki studio foto.

Biasanya studio foto yang membutuhkan photo editor memiliki banyak klien dan hasil editan fotonya harus segera dikirim dalam waktu dekat.

9. Pengajar Les Umum dan Privat

Bagi kamu yang memiliki keahlian mengajar, baik akademik maupun non akademik, tak ada salahnya kamu coba menjadi freelance pengajar les umum dan privat.

Dengan kemajuan teknologi, sekarang guru les bisa mengajar secara online. Atau kamu juga bisa membuka jasa les ini di rumah.

Biasanya freelancer lebih menyukai les privat sebab waktunya lebih fleksibel dan jumlah murid terbatas, sehingga pembelajaran bisa lebih efektif.

10. Reseller/Dropshipper

Jika kamu suka berjualan tapi tidak punya cukup modal untuk menghasilkan produk sendiri, maka kamu bisa kerja freelance sebagai reseller atau dropshipper. Di sini kamu tinggal menjualkan produk dari supplier kepada pelanggan.

Selain bisa dikerjakan dari rumah, reseller dan dropshipper juga termasuk bisnis yang cocok untuk pemula karena waktunya fleksibel dan menghasilkan keuntungan cukup besar.

Itulah 10 jenis pekerjaan freelance yang bisa dikerjakan dari rumah. Jadi, bisa dijadikan sampingan dari pekerjaan utama untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Bicara tentang pekerjaan utama, nyatanya mayoritas orang ingin memiliki penghasilan tetap. Salah satu alasannya adalah supaya merasa aman secara finansial.

Ada banyak jenis pekerjaan dengan penghasilan tetap, namun salah satu yang menjadi impian banyak orang adalah menjadi ASN. Jika kamu termasuk salah satunya, sebaiknya kamu mempersiapkan diri sedari sekarang, sebab pendaftaran CPNS 2023 dikabarkan akan segera dibuka pada September 2023 mendatang.

Guna meningkatkan kesiapanmu dalam menghadapi seleksi tes CPNS, kamu bisa mengikuti tryout CPNS. Terdapat ribuan soal yang dapat kamu kerjakan serta materi sesuai kisi-kisi terbaru yang dikemas dalam bentuk video. Dengan begini, kamu lebih siap mengerjakan tes SKD CPNS dan PPPK yang sesungguhnya.

*Artikel ini adalah hasil kerja sama Paper.id & Kitalulus
Daniel Nugraha