Paper.id Blog – Nota kredit memainkan peran penting dalam proses penagihan, meskipun tidak selalu sering digunakan, sehingga dapat sedikit membingungkan untuk dipahami.

Nota kredit adalah dokumen resmi, seperti halnya faktur, yang memberi Anda kemampuan penting untuk membatalkan faktur yang sudah diterbitkan, baik seluruhnya atau sebagian.

Dapat disimpulkan bahwa catatan kredit atau juga yang dikenal sebagai memo kredit dikeluarkan untuk menunjukkan pengembalian dana jika terjadi kesalahan faktur, produk yang salah atau rusak, pembatalan pembelian atau keadaan lain yang ditentukan.

Dalam hal ini jika Anda mengembalikan barang ke pemasok, atau jika pelanggan mengembalikan barang kepada Anda, baik untuk kredit penuh atau sebagian, nota kredit harus diterbitkan sehingga Anda dan pelanggan Anda dapat memprosesnya dan membuat penyesuaian yang sesuai di pembukuan Anda.

Perlu diketahui bahwa pada bisnis dokumen ini diajukan oleh bisnis untuk menyeimbangkan pembukuan mereka dan juga dikirim ke pelanggan untuk menunjukkan pembatalan pembayaran pada faktur asli. 

Baca Juga: Pembayaran Invoice Untuk Bisnis Jauh Lebih Mudah Menggunakan QRIS, Berikut Informasinya.

Pengertian Nota Kredit Secara Singkat

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa Nota Kredit merupakan dokumen resmi sama seperti faktur.

Dikutip dari situs adobe.com nota kredit atau credit note adalah dokumen yang diterbitkan oleh penjual kepada pembeli untuk memberi tahu bahwa kredit telah ditetapkan kepada pembeli.

Nota kredit, juga dikenal sebagai memorandum kredit atau memo kredit, adalah dokumen hukum resmi, seperti faktur atau faktur pembelian, yang disediakan pemasok kepada pelanggan untuk memberi tahu pelanggan bahwa kredit diterapkan ke akun mereka.

Kapan menerbitkan nota kredit

Ada dua jenis nota kredit yaitu yang dikeluarkan untuk pembayaran masuk dan yang dikeluarkan untuk pembayaran keluar.

Dalam hal ini berarti, nota kredit dapat dikeluarkan dan diterima oleh bisnis. Untuk pemilik usaha kecil, kedua jenis itu umum. 

Ada beberapa situasi di mana nota kredit harus dikeluarkan. Beberapa kasus umum saat menerbitkan nota kredit adalah sebagai berikut:

  • Untuk memperbaiki kesalahan faktur seperti jumlah faktur yang tidak sesuai, diskon yang benar tidak diterapkan pada faktur
  • Untuk membatalkan pembayaran yang menunggu pada faktur
  • Untuk memberikan pengembalian uang jika barang rusak dalam masa garansi
  • Jika Anda menerima barang dari pemasok yang harus dikembalikan (misalnya, karena kerusakan, atau kesalahan – atau tidak memenuhi spesifikasi pembeli)

Dalam kasus ini, faktur asli dapat dibatalkan dengan penerbitan nota kredit, dan setelah itu faktur yang diperbaiki dapat diterbitkan.

Jika Anda berniat untuk membeli lebih banyak dari pemasok tersebut, jumlah yang ditentukan dapat dikompensasikan dengan pembelian di masa mendatang atau Anda dapat meminta pengembalian pembayaran Anda.

Nota kredit dalam akuntansi

Dalam praktik akuntansi tradisional, nota kredit akan dimasukkan sebagai kredit dalam buku penjualan untuk pelanggan tertentu (mengkreditkan akun mereka untuk jumlah yang ditentukan).

Namun dalam sistem pembukuan double entry, nota kredit akan dimasukkan sebagai debit di bawah pendapatan, dan kredit di bawah piutang. Setiap nota kredit harus dicatat dan diperbarui dalam akun yang sesuai agar sesuai dengan saldo (seperti stok, dalam hal produk yang dikembalikan).

Informasi apa yang harus Anda sertakan pada nota kredit?

Format umum nota kredit sangat mirip dengan faktur. Namun tidak seperti invoice pada khususnya.

Pada nota kredit, catatan kredit harus mencakup semua informasi yang diperlukan untuk admin dan tujuan pencatatan untuk Anda dan pelanggan Anda. Berikut daftar hal-hal penting:

  • Tanggal penerbitan nota kredit
  • Nomor nota kredit
  • Nomor referensi pelanggan
  • Syarat pembayaran
  • Detail kontak
  • Alasan penerbitan nota kredit

Selain itu, Anda harus menyatakan dengan jelas di bagian atas dokumen bahwa itu adalah nota kredit, bukan faktur, untuk menghindari kesalahpahaman di pihak pelanggan.

Selain itu jika invoice asli menyertakan PPN, Anda harus menerbitkan nota kredit PPN yang cocok, yang mencerminkan detail invoice, termasuk jumlah sebelum PPN.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat QRIS Untuk Pebisnis Mudah & Cepat

Nota Kredit vs nota Debit

Sekarang setelah jelas peran nota kredit dalam bisnis, penting untuk membedakannya dari nota debit. Catatan debit adalah dokumen yang diajukan oleh pelanggan untuk meminta bisnis Anda mengembalikan dana yang telah dibayarkan.

Ini bertindak sebagai permintaan resmi dari pembeli kepada penjual untuk mengeluarkan nota kredit.

Seperti nota kredit, nota debit dapat digunakan dalam beberapa situasi, misalnya, jika barang yang diterima salah atau rusak, jika penjual membebankan biaya lebih dari harga yang disepakati, atau jika biaya atau deskripsi produk yang terlibat tidak benar.

Untuk kalian para pelaku usaha, kalian bisa menggunakan Aplikasi Invoice Online dari Paper.id untuk mempermudah bisnis kalian dalam membuat serta mengirim invoice. Yuk, daftar sekarang juga dengan klik tombol dibawah ini!