Usaha Dadakan- Sering bertanya-tanya kenapa bisnis yang Anda jalani selalu jalan di tempat? Entrepreneur, sebuah situs yang berfokus terhadap pengembang bisnis pernah membuat artikel mengenai hal tersebut. Salah satu kontributor mereka yang bernama Jonathan Long sempat melakukan riset mengenai 5 faktor yang menunjang keberhasilan sebuah bisnis. Menurutnya bisnis yang inovatif adalah kunci dari segalanya.

Lantas, bagaimana caranya menemukan sebuah bisnis yang inovatif? Mudah, temukan momen yang tepat. Misalkan, Februari dikenal sebagai bulan cinta atau biasa disebut juga Valentine’s Day. Pada saat itu tiba, setiap orang akan ‘menyebarkan’ cinta bukan hanya kepada pacar tetapi juga keluarganya dan juga teman. Lantas, apakah ini bisa dijadikan momen yang tepat untuk membuka usaha?

Jawabannya iya. Walaupun terlihat seperti usaha dadakan, Anda tetap bisa melakukannya. Bahkan, ada beberapa jenis bisnis yang bisa dibuat pada Hari Valentine tanpa harus mengeluarkan modal sepeserpun. Apa saja itu?

Usaha Dadakan: Pesanan Kue

Membuat Kue

Membuat Kue

Hal apa yang paling diinginkan oleh banyak orang ketika Hari Valentine tiba? salah satu jawabannya adalah kue. Jika Anda merupakan seseorang yang hobi memasak, Anda bisa mengubah hobi tersebut menjadi uang. Bagaimana caranya? buat saja kue sesuai dengan pesanan dari pelanggan. Perkenalkan usaha Anda melalui sosial media jadi dapat dengan mudah di akses oleh banyak orang.

Tapi, apakah usaha dadakan membuat kue ini tidak membutuhkan modal? bisa saja. Caranya adalah dengan menerima pre order kepada pelanggan. Mulai tawarkan dari orang terdekat, teman ataupun saudara Anda. Bukan tidak mungkin, bisnis makanan tersebut akan terus berlanjut walaupun hari kasih saya sudah berakhir.

Buket Bunga

Florist

Florist

ABC News melaporkan jika 250 juta bunga mawar diproduksi hanya dalam satu hari ketika Valentine tiba di Amerika Serikat. Di Filipina, para florist mengaku jika peningkatan penjualan bunga tulip mencapai 60% di hari kasih sayang. Melihat dua fakta tersebut, tidak ada salahnya jika Anda mencoba bisnis serupa di Indonesia. Bedanya, Anda hanya menyediakan jasa buket bunga. Bagaimana maksudnya?

Dalam usaha dadakan ini, Anda tidak menjual bunga secara keseluruhan melainkan hanya sebatas memberikan jasa membuatkan buket bunga kepada para pelanggan. Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan sepeserpun modal untuk melakukan usaha ini. Lagi pula, kasih sayang bisa dilakukan setiap hari sehingga bisnis buket bunga juga pastinya akan terus berkembang. Anda berminat?

Fotografi

Endorse selebgram

Endorse selebgram

Hari Valentine merupakan momen yang spesial bagi sebagian orang. Oleh karena itu, mereka ingin mengabadikan hal tersebut secara spesial, salah satunya adalah dengan menyewa fotografer profesional. Celah peluang bisnis ini bisa juga Anda manfaatkan untuk meraih keuntungan. Lagi pula, banyak sekali fotografer yang hanya mengandalkan sebuah kamera dan juga ‘situasi’ lingkungan.

Tanpa menggunakan perangkat atau set yang mendukung, seorang fotografer profesional bisa mendapatkan angle yang menarik di alam terbuka. Masih pemula dan baru coba-coba? pajang saja hasil karya Anda melalui media sosial. Toh, banyak juga fotografer handal yang pertama kali lahir dari Instagram. Siap mencoba terjun langsung ke dalam dunia fotografi?

Love Letter

Love Letter

Love Letter

Peluang bisnis bisa didapatkan melalui berbagai celah, bahkan melalui tulisan ataupun rangkaian kata. Dalam kasus  Hari Valentine, Anda bisa saja membuka jasa membuat Love Letter. Di Indonesia, bisnis semacam ini masih jarang dilakukan namun ada beberapa orang yang berhasil melakukannya. Penulis Novel dan Stand Up Comedian, Zarry Hendrik bahkan meraup omset besar dari bisnis ini.

Sejatinya, Zarry hanya melayani bisnis order caption untuk media sosial. Dari bisnis tersebut, ia mampu meraih omset besar mencapai 40 juta rupiah perbulan. Di Hari Valentine ini, Anda bisa saja mengikuti caranya untuk meraih pendapatan tambahan. Modal tidak dibutuhkan dalam bisnis ini tetapi Anda harus mempunyai sebuah pemikiran yang kreatif dan berbeda dari orang lain.