Metode LIFO- Bisnis yang besar bisa dilihat dari cara bagaimana seorang pemilik usaha mengelola gudang mereka. Jika stok terurus dengan baik, maka keuntungan akan besar. Sebaliknya apabila dikelola dengan asal-asalan, maka ada yang tidak sehat dalam bisnis tersebut.

Namun pengelolaan bisnis itu berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Misalnya jika kamu menjual makanan, kamu harus tahu bagaimana cara membuatnya kemudian menyimpannya agar lebih tahan lama. Selain itu, ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan, yakni penggunaan metode FIFO (First in, First Out).

Dalam bisnis makanan, FIFO merupakan hal mutlak yang harus dilakukan oleh setiap pemilik usaha apabila bisnis mereka tidak ingin merugi. Jika kamu belum mengerti apa yang dimaksud dengan metode FIFO, klik artikel di bawah ini.

Baca Juga: Metode FIFO Wajib Digunakan Untuk Produk Cepat Kadaluarsa, Kenapa?

FIFO bukanlah satu-satunya metode yang digunakan dalam bisnis. Kebalikan dari FIFO, ada yang dinamakan sebagai LIFO (Last in, First Out). Singkatnya, ini merupakan metode dimana produk yang baru saja masuk ke dalam gudang namun bisa langsung dijual kepada pelanggan. Kenapa bisa begitu?

Apa itu Metode LIFO

fifo

Last in, First Out adalah metode yang digunakan seorang pemilik usaha apabila mereka menjual produk yang baru masuk ke dalam gudang. Hal ini tentunya sangat bertentangan dengan metode FIFO. Kenapa hal demikian bisa terjadi? Karena jenis bisnis yang ditangani oleh LIFO itu juga berbeda dengan FIFO.

Apabila FIFO digunakan untuk menjual produk yang mudah kadaluarsa, LIFO lebih dipakai untuk produk yang bisa tahan lama, semisal fashion seperti baju, celana, kaos kaki, sepatu dan lainnya. Biasanya, metode ini mengutamakan tren sebuah produk sehingga tidak peduli kapan produk itu masuk, jika laku dijual maka akan langsung diberikan kepada pelanggan.

Contoh paling mudah bisa dilihat dari jaket hoodie. Ketika produk tersebut sedang naik di pasaran, banyak sekali pelanggan yang mencarinya. Pemilik usaha yang melihat peluang itu kemudian memilih untuk membeli sebanyak-banyaknya hoodie dan ‘menyingkirkan’ produk lainnya untuk sementara waktu walaupun telah lebih lama berada di dalam gudang.

Kenapa Metode Ini Penting?

Metode FIFO

Penggunaan metode ini pastinya didasari berdasarkan pengalaman para pemilik usaha. Sebagian besar dari mereka sengaja memakai metode LIFO sebab mereka mengetahui apabila harga produk akan selalu meningkat dari waktu ke waktu. Konsep menjual produk yang baru masuk ke gudang ini secara otomatis akan memangkas harga produksi.

“Kesulitan melakukan pencatatan penghitungan stok merupakan hal yang wajar untuk para pemilik usaha. Menyewa akuntan jarang sekali terlintas di benak mereka yang masih pemula karena harga yang pasti sangat mahal. Namun sebenarnya penghitungan bisa diselesaikan dengan mudah dengan software akuntansi gratis.”

Baca Juga: 5 Tips Agar Stok Opname dalam Sebuah Bisnis Berjalan Efektif

Produk-produk yang lebih lama -dengan harga beli lebih murah- tetap berada di gudang hingga harganya stabil. Namun, pemilik usaha bisa menjualnya dengan harga terbaru sehingga mereka bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Cara tersebut sah-sah saja dilakukan dan memang sudah menjadi rahasia umum pada saat ini.

Secara umum, tidak ada yang salah dari penggunaan metode FIFO maupun LIFO. Namun setiap pemilik usaha wajib memilih salah satu metode ini lantaran sangat penting bagi sebuah bisnis.

Daniel Nugraha