Kamu pasti pernah dong menginap di sebuah hotel. Lalu kamu mendapatkan bukti pemesanan hotel ketika melakukan check in. Setelah kamu menyelesaikan pembayaran, bukti pembayaran yang sebelumnya kamu dapat itu invoice akan digantikan dengan kwitansi.

Invoice sendiri digunakan untuk memudahkan kamu dalam memproses pencatatan transaksi. Buat kamu yang bekerja di perhotelan, invoice hotel ini sangat penting loh untuk keperluan transaksi. Nah berikut contoh invoice hotel yang bisa kamu ambil dan buat sendiri.

Baca Juga: 13 Contoh Invoice Tagihan Pembayaran & Penjualan Untuk Bisnis

Invoice Hotel

Invoice Hotel sendiri merupakan sebuah dokumen tertulis yang digunakan untuk melakukan penagihan dalam transaksi. Dalam transaksi bisnis pada umumnya, invoice ini akan diberikan oleh penjual kepada pembeli sebagai pihak yang dikenakan utang. 

Dalam format penulisannya, ada beberapa perbedaan jika dibandingkan dengan invoice bisnis atau jasa pada umumnya. Berikut komponen yang ada didalamnya beserta contohnya. 

Contoh invoice hotel yang simpel

Contoh invoice hotel ada beragam dan modelnya disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Berikut gambar invoice hotel yang bisa Anda lihat.

contoh invoice hotel mudah

Diatas, ada beberapa poin yang terdapat pada invoice seperti:

  • Identitas perusahaan (alamat dan nama perusahaan)
  • Nomor invoice
  • Identitas pelanggan
  • Informasi mengenai pemesanan hotel yang digunakan
  • Keterangan tambahan

Lima poin diatas memuat informasi-informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan akan jumlah pembayaran yang harus dibuat. Diawal, pelanggan akan melakukan proses check in kepada resepsionis. Setelah itu, resepsionis akan memberikan invoice sebagai tanda transaksi mengenai informasi.

Invoice itu akan diterima oleh pelanggan sebagai tanda transaksi dan melakukan pembayaran sesuai dengan jumlah yang tertera. Meski terkesan simpel, invoice hotel penting untuk digunakan sebagai tanda bukti bahwa transaksi tersebut bersifat resmi.

Baca Juga: Contoh Invoice Jasa Untuk Bisnis yang Bisa Dicoba

Tips pembayaran invoice hotel agar lancar

Ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui agar invoice hotel cepat dibayar. Berikut beberapa tips yang harus kamu ketahui:

  • Kirimkan faktur secepatnya
    Agar transaksi cepat selesai, pihak hotel harus mengirimkan faktur secepatnya agar pelanggan bisa segera menyelesaikan pembayaran secepatnya.
  • Denda untuk keterlambatan pembayaran
    Pemberlakuan denda bisa dilakukan untuk mengatasi tingkah pelanggan yang nakal agar mereka bisa menyelesaikan pembayaran sebelum tenggat waktu yang ditentukan.
  • Metode pembayaran yang fleksibel
    Di zaman modern ini, setiap orang lebih menyukai pembayaran lewat m banking atau e-wallet. Pembayaran secara langsung memang masih dilakukan tapi, hal ini jarang dilakukan karena, ribet dan sudah ketinggalan zaman. Berikan metode pembayaran lewat m banking atau e-wallet agar bisa menarik lebih banyak orang.
  • Invoice reminder
    Agar pelanggan kamu tidak lupa maka, kamu bisa mengirimkan invoice reminder secara teratur. Dalam hal ini, lakukan secara teratur agar tidak menganggu pelanggan. Untuk mempermudah itu, kamu bisa menggunakan Aplikasi invoice reminder.

Manfaat-manfaat di atas tersedia dalam Paper.id. Buat invoice dari HP langsung tanpa kesulitan. Cobain yuk dengan klik di bawah, tidak harus daftar, gratis!

Coba Buat Invoice Gratis Tanpa Daftar

Hanya 5 Menit & Mudah

powered by Advanced iFrame. Get the Pro version on CodeCanyon.

Kesimpulan

Bagi bisnis yang bergerak di perhotelan, invoice sendiri memiliki fungsi untuk bukti pemesanan kamar hotel saat melakukan check in. Setelah melakukan pembayaran, maka invoice akan digantikan dengan kwitansi. 

Agar lebih mudah dalam pembuatan invoice secara digital, kamu bisa menggunakan aplikasi Paper.id. Dengan Paper.id kamu bisa membuat invoice dan mengirimnya dengan sangat mudah. Selain itu juga, invoice yang sudah dibuat pun secara otomatis akan terekonsiliasi dengan sistem pembayaran digital. Keren bukan?

Kamu bisa membuatnya secara langsung lewat aplikasi Paper.id yang terdapat di Android. Tinggal download dan kamu bisa membuat invoice secara langsung lewat HP kamu. Yang lebih hebat lagi, semua kemudahan ini bisa kamu rasakan dengan GRATIS! Yuk, Download dan daftar sekarang agar bisnis jadi lebih mudah dan efisien dengan Paper.id, klik tombol dibawah ini!

Alfian Dimas