Cara Menjadi Pengusaha Sukses - Forbes

Bagaimana cara menjadi pengusaha sukses di Indonesia? dibutuhkan tekad dan mental yang kuat. Karena, akan ada banyak sekali tantangan dan halangan yang menunggu di depan. Oleh karena itu, jarang sekali ada pengusaha yang sukses membangun bisnisnya di saat muda. Biasanya, di saat masih muda, Anda mudah sekali mengambil keputusan yang ternyata berdampak buruk terhadap usaha Anda.

Namun, apakah itu berarti Anda tidak akan berhasil menjadi pengusaha? Jawabannya tidak. Sebab, setiap kegagalan yang Anda rasakan adalah gerbang awal menuju kesuksesan. Pantang menyerah dan mau terus belajar menjadi dua komponen utama yang harus dimiliki ketika Anda sedang terjatuh. Apabila Anda tidak ingin jatuh ke lubang yang sama di setiap percobaan, coba ikuti 5 cara menjadi pengusaha sukses sebelum usia 25 tahun ini.

Kenapa 25 tahun? Karena di umur itu, Anda tengah memasuki fase menuju kedewasaan. Cara dan pola berpikir Anda tengah diuji dengan sesuatu yang lebih besar dari apa yang kalian bayangkan.

Ketahui Tujuan dari Bisnis

Cara menjadi pengusaha sukses yang pertama adalah dengan mengetahui tujuan awal dari pembuatan bisnis. Untuk apa dan kenapa Anda berbisnis? Serta, barang atau produk apa yang ingin anda jual? Sebelum menentukan itu semua, pastikan siapakah target market Anda. Jika Anda ingin menjual produk kecantikan, berarti Anda harus mengincar perempuan dengan usia tertentu.

Haus Ilmu dan Mau Terus Belajar

Sebagai seorang pebisnis muda, Anda tidak boleh berpuas diri ketika bisnis yang sedang digeluti tengah berada di puncak. Malahan sebaliknya, ketika Anda tengah berada di atas, Anda harus terus belajar untuk dapat mempertahankan konsistensi bisnis. Terapkan prinsip ‘haus ilmu’ karena dengan itu, Anda ingin selalu belajar demi meraih yang terbaik ke depannya.

Bagaimana cara mendapatkan ilmu baru? buka diri Anda dengan lingkungan. Misalnya, ikuti kelas atau seminar-seminar pebisnis muda atau sharing bersama teman yang berada di bidang yang sama. Jadikan mereka sebagai guru atau mentor sehingga Anda bisa selalu mendapatkan ilmu baru ketika tengah membicarakan masalah bisnis.

Gagal? Coba Terus!

Apalah artinya jika anda mengetahui tentang teori bisnis tapi tidak pernah mencoba untuk mempraktekannya ke dalam usaha Anda. Kenapa, apakah Anda takut merasa gagal? Gagal itu sebuah kewajaran karena setiap individu akan belajar dari kesalahan tersebut. Yang terpenting, apakah Anda siap untuk kembali bangkit mencobanya lagi?

Tak perlu memikirkan sebuah hal yang besar, mulailah usaha Anda dari skala kecil. Dengan itu, secara bertahap, Anda akan menemukan cara bagaimana menangani situasi yang tengah tidak menentu. Bukankah membangun sesuatu dari awal lebih baik dari pada harus gagal dengan mencoba sebuah hal yang besar?

Kuasai Konsep ATM

Cara menjadi pengusaha sukses selanjutnya adalah dengan menguasai konsep ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi). Tidak ada salahnya kok jika Anda ingin mengikuti bisnis orang lain. Namun, ada batasan-batasan yang harus diketahui. Jangan pernah ‘mencontek’ 100% bisnis orang lain. Sebaliknya, Anda bisa melakukan menambahkan sesuatu ke dalam produk tersebut.

Misalkan, Anda ingin sekali menjual pisang goreng karena terinspirasi dari sebuah kedai yang sangat laris di dekat rumah. Kalian bisa tiru usaha tersebut dengan menambahkan hal lain yang lebih menarik, seperti memberikan ekstra topping yang berbeda coklat, strawberi ataupun matcha.

Melakukan Inovasi

Cara menjadi pengusaha sukses yang terakhir adalah dengan melakukan inovasi dalam berbisnis. Kenapa? karena pelanggan Anda pasti akan merasa bosan dengan produk yang sama di setiap waktunya. Keluarkan produk baru dalam jangka waktu tertentu atau mungkin juga Anda bisa memberikan promo-promo tertentu sesuai dengan momen yang tengah terjadi.

 

(Visited 14 times, 1 visits today)