Dewasa ini, banyak perusahaan menerapkan strategi pemasaran digital. Cara ini dianggap paling efektif karena dapat menjangkau banyak orang dengan mudah. Meski terlihat mudah, pemasaran via digital tidak semudah yang dibayangkan karena, ada banyak hal yang harus diketahui.

Pemasaran via digital tidak hanya lewat social media saja, karena ada banyak medium yang bisa digunakan. Selain itu, ada banyak strategi yang harus diterapkan guna memperkenalkan produk sekaligus memperkuat brand awareness produk kamu di mata masyarakat. Sebelum melakukan pemasaran via digital, ada baiknya kamu mengetahui 4 kunci strategi pemasaran yang harus diketahui oleh semua orang.

Baca juga: Cara membuat kwitansi otomatis melalui aplikasi invoice di smartphone

Konten marketing

Dilansir dari Forbes, content marketing telah menjadi salah satu cara pemasaran yang sangat tepat di dunia online saat ini. Selain itu, content marketing juga bisa dibuat pada banyak tempat, mulai dari blog, podcast, social media, dan medium lainnya.

Selain itu, konten dinilai sebagai sebuah cara yang pas dan disukai banyak orang. Sehingga, cara ini banyak digunakan. Konten terbagi menjadi 2 jenis, hard selling dan soft selling. Hard selling merupakan sebuah metode pemasaran dengan langsung memperkenalkan produk yang kamu miliki sedangkan soft selling adalah metode pemasaran yang lebih halus dan secara perlahan.

Untuk strategi konten, strategi soft selling lebih disukai oleh orang-orang karena, caranya yang lebih halus dan tidak memperkenalkan produk secara langsung. Hal ini menghasilkan pendekatan yang lebih intim kepada calon konsumen sehingga, membangun hubungan yang erat dan ketertarikan yang lebih besar ketimbang hard selling.

Larry G. Maguire, seorang penulis ternama juga mengemukakan bahwa penjualan secara langsung menunjukkan kalau perusahaan tidak memahami produk dan calon pelanggan yang ingin mereka tuju.

Social Media

Konten yang baik juga membutuhkan tempat yang tepat untuk menyebarkannya. Dalam hal ini, social media menjadi salah satu media yang tepat untuk memasarkan konten yang kamu miliki. Ada banyak alasan kenapa social media menjadi tempat yang tepat, karena sering diakses dan banyak orang suka menghabiskan waktu berjam-jam untuk melihat social media.

Ada banyak social media yang beredar seperti Instagram, Facebook, Twitter dan juga social media lainnya. Untuk melakukan pemasaran yang efektif, pilihlah social media dengan pengguna yang banyak. Lakukan penelitian terlebih dahulu mengenai apa social media yang sering digunakan dan cocok untuk produk yang ingin kamu pasarkan. Setelah itu, kamu baru bisa mengatur langkah dan konten yang akan dibuat untuk menarik konsumen.

Baca juga: 4 proses akuntansi yang harus dihindari

Mobile Mindset

Menurut data wearesocial, ada sekitar 5,1 milyar orang pengguna smartphone di dunia. Hal ini menunjukkan bahwa hampir sebagian besar orang di dunia merupakan pengguna smartphone. Data ini mendukung langkah pemasaran digital berbasis smartphone.

Tren pemasaran via smartphone sejatinya telah dimulai sejak lama. Perkembangan teknologi mendorong banyak perusahaan untuk bergerak lebih cepat dalam mengeluarkan cara-cara baru untuk memasarkan produk yang mereka miliki.

Kini, fokus pemasaran via smartphone berfokus pada bagaimana agarsemua sistem terintegrasi sehingga, pemasaran bisa berjalan lebih efektif dan mudah hanya dengan satu kali proses pekerjaan saja.

Data

Untuk mendukung kesuksesan pemasaran, perusahaan membutuhkan data yang akurat mengenai konsumen mereka. Hal ini turut melahirkan pekerjaan data analyst yang ditekuni oleh banyak orang saat ini.

Data analyst membantu perusahaan dalam mendapatkan informasi mengenai apa yang dibutuhkan konsumen serta strategi pemasaran yang tepat. Sehingga, perusahaan bisa melakukan pemasaran dengan lebih efektif dan meminimalisir kesalahan yang bisa terjadi.

Lewat 4 kunci strategi pemasaran diatas, kamu bisa memahami mengenai pentingnya 4 poin tersebut. Sejatinya, perusahaan yang baik tidak hanya membutuhkan strategi pemasaran yang baik karena, ada poin lainnya yang juga harus dipenuhi, keuangan yang baik.

Dengan keuangan yang baik, sebuah perusahaan bisa berjalan dengan lancar. Untuk mencapai hal itu, dibutuhkan sebuah alat yang dapat membantu kelancaran operasional perusahaan dalam urusan keuangan.

Hal ini bisa dicapai dengan software Invoice dari Paper.id! Paper.id merupakan software invoice yang mudah digunakan dan memiliki berbagai macam fitur mulai dari pembukuan, inventory, kwitansi, dan juga fitur lainnya.

Semuanya telah terotomatisasi sehingga, kamu tidak perlu lagi repot-repot untuk memasukkan data atau membuat kwitansi/invoice/pembukuan secara manual. Semuanya menjadi lebih mudah dan praktis berkat Paper.id. Paper.id tersedia dalam Desktop dan Android. Klik link di atas untuk menggunakannya SECARA GRATIS!

Daniel Nugraha