Sekarang, sudah banyak contoh invoice word yang beredar di internet. Pada umumnya, invoice yang beredar memiliki gaya yang berbeda-beda dan disesuaikan dengan kebutuhan. Ada yang berupa contoh dan ada pula yang bisa digunakan secara gratis.

Meski gampang dicari, invoice yang gratis menggunakan model yang sama dengan kebanyakan invoice lainnya. Selain itu, invoice itu sudah banyak digunakan oleh orang sehingga, orang-orang bisa saja menganggap kalau invoice kamu tidak valid.

Karena itu, kamu perlu mengetahui cara untuk membuat invoice. Invoice bisa dibuat dengan mudah. Berikut ini, contoh invoice word yang simple dan mudah untuk dibuat serta penjelasannya.

Baca juga: Siklus akuntansi perusahaan manufaktur yang harus kamu ketahui

Contoh invoice word yang sederhana serta cara membuatnya

Pada umumnya, contoh invoice word yang beredar di internet memiliki kerangka yang sama, bagian kop surat yang berisi penjelasan tentang tanggal dan nama perusahaan, isi dari invoice, dan keterangan tambahan yang berada di kiri bawah. Pertama-tama, cek contoh invoice yang ada dibawah ini.

Contoh Surat Tagihan Invoice dan Penjelasannya

Lewat contoh diatas, kita bisa melihat ada 3 bagian yang baru sudah disebutkan sebelumnya. Pertama, ada bagian awal dimana, kita menyertakan nama, logo dan alamat perusahaan, nomor invoice, tanggal pembuatan invoice, nama serta alamat pihak yang tertagih dan tanggal jatuh tempo.

Selanjutnya, kita beralih ke bagian paling penting, isi dari invoice itu sendiri. Isi invoice biasanya berupa table yang berisi informasi tentang barang yang akan dibeli oleh pelanggan. Pada bagian tersebut, kamu harus mengisinya sejelas mungkin. Isilah jenis barang, jumlah pembelian, harga pembelian, serta masukkan total harga yang harus dibayar.

Terakhir, kamu bisa memasukkan keterangan berupa syarat dan ketentuan dari pembelian atau hal lainnya yang berkaitan seperti, nomor rekening dan lainnya. Selain itu, jangan lupa untuk menambahkan logo dan tanda tangan kamu.

Logo dan tanda tangan memperkuat keabsahan sebuah invoice. Hal ini juga bersifat penting guna membangun kepercayaan antara kamu dengan pelanggan. Selain itu, pastikan untuk memberikan nama terang agar pelanggan bisa dengan mudah menghubungi perusahaanmu.

Setelah semuanya selesai, kamu bisa mengirimkan invoice tersebut kepada pelanggan kamu. Setelah itu, kamu bisa menerima pembayaran akan invoice tersebut. Semuanya mudah untuk dilakukan dan kamu bisa mendapatkan keuntungan dari pembayaran invoice itu.

Baca juga: 5 tantangan dalam bisnis digital dan cara mengatasinya

Tips agar invoice kamu cepat dibayar

Setelah mengetahui contoh invoice word dan membuatnya, kini kamu bisa beralih pada poin lainnya, tips agar invoice kamu cepat dibayar oleh pelanggan. Terkadang, ada pelanggan yang membayarnya melewati jatuh tempo. Hal ini tentunya menyebalkan dan dapat menganggu operasional perusahaan kamu.

Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui. Pertama, buatlah invoice sejelas mungkin. Terkadang, ada poin-poin yang terlewatkan atau lupa ditulis sehingga, pelanggan tidak ingin membayarnya. Poin-poin kecil seperti tanggal pembuatan invoice tentunya perlu ditulis karena, hal ini bersifat penting.

Selain itu, keberadaan logo dan tanda tangan juga sangat penting karena, hal ini menambah nilai keabsahan invoice. Untuk itu, sertakan logo dan tanda tangan agar invoice yang diterima bersifat resmi dan pelanggan kamu percaya akan keabsahan invoice.

Tips lainnya, kamu bisa menggunakan software invoice. Sekarang, sudah banyak software invoice dengan berbagai macam fitur yang ditawarkan seperti, Paper.id. Paper.id merupakan software invoice #1 yang dilengkapi dengan banyak fitur akuntansi yang sudah terintegrasi. Software ini mudah untuk digunakan oleh banyak orang terutama bagi mereka yang tidak memahami akuntansi.

Dengan Paper.id, kamu tidak perlu lagi repot-repot membuat invoice dengan kertas atau program lainnya karena, kamu hanya tinggal mengisi data yang ada. Setelah itu, kamu bisa mengirimkannya via Email atau Whatsapp. Semuanya selesai dalam hitungan detik dan pembayaran akan cepat selesai.

Gunakan Paper.id sekarang dan rasakan hidup mudah serta praktis dengan Paper.id! UNTUK MENGGUNAKANNYA SECARA GRATIS, KLIK LINK DIBAWAH INI!

(Visited 4.182 times, 1 visits today)