Bukan Hanya Belanja, Ini Rahasia Kartu Kredit Untuk Menjaga Arus Kas Bisnis

Paper.id Blog – Biasanya, kita menggunakan kartu kredit hanya untuk transaksi pribadi. Beli baju, makan atau bahkan beli tiket pesawat, semuanya menggunakan kartu kredit. Tapi, tahu gak sih anda bisa menggunakan kartu kredit untuk transaksi bisnis?

Iya, kartu kredit itu bisa menjadi salah satu senjata terbaik untuk menjaga arus kas bisnis biar tetap terjaga. Saat membeli stok barang untuk bisnis atau lainnya, anda bisa menggunakan kartu kredit. Jadi, kartu kredit bisa lebih menguntungkan dan bukan hanya untuk kebutuhan konsumtif saja.  Berikut ini beberapa manfaat kartu kredit untuk bisnis yang belum anda ketahui.

Baca Juga: Memahami Lebih Jauh Pembayaran Digital Untuk UMKM

Manfaat Kartu Kredit Untuk Bisnis Yang Tidak Anda Bayangkan

Masyarakat Indonesia kurang mendapatkan edukasi atau informasi tentang penggunaan kartu kredit yang baik dan benar. Kebanyakan dari kita justru menggunakan kartu kredit untuk keperluan konsumtif saja. 

Menggunakan kartu kredit untuk bisnis pasti belum pernah terlintas dalam benakmu, selain digunakan untuk kebutuhan konsumtif kartu kredit juga bisa digunakan untuk bisnis. Dengan kartu kredit kalian bisa memperpanjang tempo pembayaran kepada supplier dan bagi supplier bisa mendapatkan pembayaran lebih cepat tanpa perlu memberikan tempo pembayaran ke buyer.

Kalian akan mendapatkan tempo pembayaran tidak hanya digunakan untuk keperluan konsumtif saja, tapi bisa digunakan untuk keperluan bisnis. Berikut manfaat kartu kredit untuk bisnis:

1. Memberikan Tempo Pembayaran Bisnis ke Supplier

Dengan menggunakan kartu kredit, kalian bisa mendapatkan tempo pembayaran  bisnis kalian ke supplier tempat kalian membeli stok barang. Sebagai contoh, kalian harus membayar stok barang ke supplier dengan tempo 21 hari, padahal ada invoice supplier lain yang harus dibayar juga. Daripada meminta tambahan tempo yang belum tentu dikabulkan, Anda bisa membayarnya dengan menggunakan kartu kredit. 

Hal ini tentunya bisa membantu kalian untuk membuat tagihan dan juga arus kas kalian lancar. Ini digunakan disaat kalian menghadapi pengeluaran bisnis yang tak terduga, dan tentunya berdampak kepada siklus pengeluaran atau arus kas.Oleh karena itu, kartu kredit bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan tempo pembayaran bisnis ke supplier ketika sedang menghadapi keadaan yang tidak terduga.

2. Dapat Mengontrol Pengeluaran Bisnis

Menurut survei Deloitte, 87% responden dapat mengontrol pengeluaran mereka dengan kartu kredit. Selain itu, hal ini juga turut membantu mengurangi biaya pembuatan & pengiriman invoice dan biaya lainnya sebanyak 72%, lebih untung bukan?

Selain itu juga, dengan menggunakan kartu kredit, kita bisa mengontrol pengeluaran untuk bisnis, hal ini disebabkan karena kartu kredit, kita bisa menetapkan batas atau limit pengeluarannya.

3. Mengoleksi Poin & Miles untuk Mendapatkan Benefit Tambahan (Cicilan)

Biasanya, setiap bank penerbit kartu kredit yang Anda gunakan memiliki banyak promo tertentu dengan hadiahnya yang menarik. Sebagai contoh, Anda bisa mendapatkan tiket pesawat business class lebih murah atau gratis dengan mengumpulkan jumlah poin dan miles tertentu tergantung kartu kredit yang dimiliki. 

Manfaatkan kesempatan ini untuk mengumpulkan poin & miles untuk mendapatkan benefit yang menguntungkan. Kapan lagi tagihan bisnis terbayar lunas sekaligus mendapatkan tiket pesawat dan berbagai promo yang dimiliki bank tersebut untuk keuntungan anda

4. Keamanan Kartu Kredit sama dengan Kartu Debit

Kalau melihat beberapa tahun kebelakang, transaksi kartu kredit masih membutuhkan tanda tangan. Sekarang, kalian tidak perlu lagi tanda tangan setiap transaksi. Sekarang, berbagai transaksi yang dilakukan dengan fasilitasi ini sudah jauh lebih aman. Sama seperti kartu debit, transaksi yang dilakukan di kartu kredit sudah menerapkan sistem PIN. Jadi kalian hanya perlu menggunakan PIN setiap transaksi dilakukan. 

Selain sistem keamanan yang ada di kartu kredit sama dengan kartu debit, ada beberapa benefit tambahan untuk kartu kredit, seperti ketika kita salah melakukan transaksi atau transfer uang, maka uang yang terkirim karena salah transaksi tersebut bisa kembali lagi, berbanding terbalik dengan debit yang langsung hilang begitu saja.

Baca Juga:Kian Populer, Ini Manfaat Pembayaran Digital Untuk Keuntungan Bisnis

Kesimpulan

Nah itulah beberapa manfaat kartu kredit yang bisa kalian gunakan sebagai bisnis. Tentunya, tidak semua supplier menerima kartu kredit bukan karena, mereka biasanya tidak menyediakan mesin EDC.

Tapi, jangan khawatir, Anda tetap bisa membayar tagihan bisnis pakai kartu kredit dengan Paper.id. Tidak perlu mesin EDC, tinggal bayar pakai Paper.id, semua tagihan bisnis bisa lunas terbayar. Bukan hanya ke supplier, customer Anda juga bisa merasakan manfaatnya dengan hal ini. Yang paling penting, Paper.id itu gratis, jadi Anda tidak perlu ribet membeli aplikasi atau software. Ayo gunakan aplikasi pembayaran bisnis online dari Paper.id sekarang! 


(Visited 55 times, 1 visits today)