Dalam melakukan management perusahaan, HRD perlu menyusun strategi khusus dalam mengelola karyawan mulai dari absensi kehadiran, rekrutmen karyawan hingga perhitungan payroll karyawan. Saat ini ada berbagai macam software yang dapat digunakan oleh HRD yang dapat membantu dalam pekerjaannya. Salah satunya adalah software payroll.

Software payroll adalah salah satu alat yang dapat membantu perusahaan serta HRD dalam menghitung dan mengelola pembayaran gaji, potongan pajak, tunjangan dan manfaat lainnya yang akan diterima oleh keryawan. Dengan adanya aplikasi payroll ini, terdapat berbagai manfaat bagi HRD serta perusahaan, yang dapat bermanfaat utuk manajemen gaji karyawan yaitu sebagai berikut:

  • Efisiensi Operasional: Software payroll dapat membantu HRD dalam automatisasi proses penggajian dan administrasi terkait. Hal ini tentunya dvapat mengurangi beban kerja manual HRD dan menghemat waktu HRD dalam pengerjaannya.
  • Akurasi dalam perhitungan: Software payroll umumnya telah didukung dengan fungsi perhitungan yang sangat akurat serta telah disesuaikan dengan aturan perhitungan gaji karyawan yang telah berlaku. Software payroll dapat membantu HRD dalam menghitung gaji karyawan mulai dari gaji, potongan pajak hingga tunjangan secara akurat dan lebih cepat.
  • Laporan gaji yang lebih rapi: Tidak hanya membantu dalam segi perhitungan saja, software payroll juga dapat membantu HRD dalam membuat laporan terkait penggajian, pajak serta tunjangan dengan lebih baik. Dalam hal ini juga, laporan tersebut dalam membantu HRD dalam melakukan analisa pengeluaran gaji, memantau tren penggajian serta membuat laporan yang diperlukan oleh manajemen ataupun pihak berwenang lainnya.
  • Transparansi: Salah satu fungsi paling penting dari software untuk karyawan adalah transparansi. Umumnya software payroll memiliki akses yang lebih mudah dan transparan mengenai informasi gaji dan laporan lainnya seperti payslip dengan lebih mudah.
  • Keamanan data: Software payroll umumnya telah dilengkapi dengan fitur keamanan data yang kuat dan berlapis agar dapat melindungi informasi data karyawan serta perusahaan dengan lebih aman.

Baca juga: Tips menghitung manajemen kehadiran karyawan dengan baik

Mari Beralih ke Software Payroll Untuk Management Karyawan Lebih Baik

Saat ini sudah banyak perusahaan telah meninggalkan perhitungan payroll manual dan beralih ke software payroll. Tidak hanya mengenai efisiensi waktu yang menjadi topik utama dalam peralihan ini, namun berbagai fitur yang dimiliki oleh software payroll membuat para HRD dari berbagai industri akhirnya memutuskan untuk menggunakannya.

Apabila Anda adalah HRD dan ingin beralih menggunakan software payroll, ada baiknya Anda memilih aplikasi payroll yang dapat terintagrasi dengan sistem absensi kehadiran karyawan. Software payroll yang telah terintagrasi tersebut dapat memudahkan Anda dalam melakukan manajemen data karyawan serta membuat laporan dengan lebih rinci, seperti laporan rekap absensi karyawan hingga laporan perhitungan payroll karyawan.

Baca juga: Rumus dan Cara Menghitung Absensi Karyawan

Tidak hanya itu saja, software payroll ini juga dapat membantu HRD dalam menghindari human-error dalam setiap pekerjaannya. Anda juga harus memastikan bahwa software payroll Anda memiliki penyimpanan dan berbasis cloud dan memiliki sistem keamanan berlapis agar data karyawan dan perusahan Anda tetap aman.

Penggunaan software payroll ini selain bermanfaat bagi HRD tentunya juga dapat membantu perusahaan dalam segi pengelolaan karyawan serta meminimalisir biaya operasional. Untuk itu tidak ada salahnya apabila saat ini Anda memutuskan untuk menggunakan software payroll dan mengucapkan selamat tinggal pada perhitungan payroll manual.

*Artikel ini hasil kerja sama antara Paper.id dan Appsensi
Daniel Nugraha