Prosedur dan Manfaat Invoice Financing Untuk Kelancaran Operasional Bisnis

Di dunia usaha invoice financing atau pendanaan modal usaha merupakan sesuatu yang sudah tidak asing lagi didengar, akan tetapi tidak dapat dipungkiri bila ternyata tidak semua pemilik usaha memahami pentingnya invoice financing padahal itu menyangkut dengan keberlangsungan usahanya.

Seringkali pelanggan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melunasi tagihan invoice yang ditujukan kepada mereka. Padahal sebagai pemilik bisnis, kamu pasti membutuhkan dana untuk menjalankan bisnis agar arus kas perusahaan tidak terhambat dan mengalami kemacetan.

Saat pelanggan mulai lalai dalam melakukan pembayaran, hal ini memberikan efek yang sangat buruk bagi kelangsungan bisnis. Dan jika kamu menunggu pelanggan untuk melunasi invoice, bisa jadi bisnismu akan terkena dampak negatif dan kondisi finansial akan terpengaruh karena tidak mempunyai dana yang cukup untuk menjalankan operasional.

Melalui invoice financing, bisnismu akan tetap berjalan lancar tanpa perlu mengajukan pinjaman ke bank. Kamu dapat membayar kebutuhan operasional dan menggunakan dana ini untuk mengembangkan bisnismu.

Baca juga: Layanan pencairan invoice terbaru #Dibayarlebihcepat

Definisi dan prosedur invoice financing

Invoice financing merupakan solusi pendanaan yang tepat khususnya untuk UMKM dengan menggunakan invoice yang belum dibayar sebagai jaminan untuk mendapatkan dana yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

Sambil menunggu pelanggan melunasi tagihan yang belum terbayar, pemilik usaha dapat menggunakan dana tersebut untuk berbagai keperluan, mulai dari kegiatan produksi, proyek lain atau pembayaran usaha (termasuk tagihan listrik, gaji karyawan, dll).

Skema invoice financing cukup sangat sederhana. Untuk melakukan invoice financing, Kamu bisa memanfaatkan invoice yang belum terbayar sebagai jaminan untuk mendapatkan dana. Invoice pelanggan tersebut akan berguna sebagai jaminan saat melakukan pengajuan pinjaman dana kepada pemberi pinjaman (lender).

Setelah itu, peminjam diharuskan untuk memulai dengan dokumen yang dipersyaratkan (NPWP, SIUP, dan kontrak perusahaan), proses analisis data, dan pengecekan faktur yang dikirimkan oleh peminjam / debitur kepada nasabah untuk memenuhi beberapa persyaratan. Jika disetujui, peminjam akan menerima pembayaran sebesar 70% -80% dari total nilai faktur debitur. Untuk proses pelunasan, saat nasabah peminjam melunasi pinjaman, peminjam dapat membayar bunga 1% -2% setiap bulan untuk melunasi invoice financing.

Proses pembayarannya cepat

Jika kamu memerlukan dana untuk operasional bisnis mu secepat mungkin, maka seperti yang kita ketahui pembayaran invoice dari klien seringkali memakan waktu yang cukup lama sedangkan kamu memerlukan dana tersebut sesegera mungkin. Oleh karena itu, pembiayaan faktur adalah solusi cepat untuk memperoleh dana bisnis secara aman dan akurat. Biasanya proses pembayaran hanya membutuhkan waktu beberapa hari, sehingga kebutuhan operasional perusahaan bisa cepat terpenuhi.

Pengajuan pendanaan modal usaha yang mudah

Berbeda dengan pinjaman bank, pengajuan invoice financing seringkali lebih mudah karena menerapkan syarat tidak ada jaminan, hanya bermodalkan invoice dari pelangganmu yang digunakan sebagai jaminan untuk mendapatkan dana dari pemberi pinjaman. Namun, setiap pelaku usaha disarankan untuk ekstra hati-hati saat mengajukan pinjaman dan memilih penyedia pendanaan modal usaha, sebaiknya pilihlah penyedia jasa yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca juga: Hubungan antara invoice financing dengan kelancaran bisnis kamu

Arus kas operasi berjalan dengan lancar

Adanya invoice financing yang memberikan pinjaman dana kepada pelaku usaha untuk terus memastikan arus kas tetap berjalan lancar. Dengan proses yang cepat dan mudah, ini dapat menjadi alternatif pilihan bagi para pelaku usaha yang membutuhkan pendanaan yang cepat namun aman dan transparan.

Proses pencairan yang cepat

Pembayaran invoice dari pelanggan terkadang bisa memakan waktu lama. Oleh karena itu, pembiayaan faktur adalah solusi cepat untuk memperoleh dana bisnis dengan aman. Biasanya proses pembayaran hanya membutuhkan waktu beberapa hari, sehingga kebutuhan operasional perusahaan dapat cepat terpenuhi.

Setelah mengetahui tentang invoice financing, bagian terpenting saat melakukan pengajuan invoice financing adalah semakin banyak riwayat pinjaman kamu yang terbayarkan, lembaga akan semakin percaya dengan kredibilitas bisnis yang kamu jalani, sehingga pendanaan modal usaha akan mudah untuk didapatkan.

Percepat Pencairan Invoice Anda Dengan Paper.id

Paper.id memiliki layanan pencairan invoice untuk membantu perputaran dana bisnis tetap lancar dengan layanan #dibayarlebihcepat dengan kemudahan lainnya seperti

  • Persyaratan mudah
  • Tidak perlu aset tetap
  • Layanan pencairan mudah berbasis invoice

Dapatkan dana pencairan sebesar 85% di awal & tanpa biaya pengajuan*. Klik disini untuk cari tahu lebih lanjut mengenai layanan #dibayarlebihcepat.

 

*Tergantung biaya pencairan.

(Visited 94 times, 4 visits today)