Kegunaan QRIS Guna Memperlancar Transaksi Pembayaran UMKM

Salah satu contoh dompet digital yang sudah tidak asing lagi di tengah masyarakat yaitu QRIS (dibaca kris) yang merupakan singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard. Sesuai dengan namanya, QRIS adalah standarisasi QR Code pembayaran yang ditetapkan oleh Bank Indonesia untuk memfasilitasi transaksi pembayaran di seluruh Indonesia.

Hal itu membuat transaksi digital menggunakan QR code menjadi lebih cepat, aman, dan tentunya mudah. QR Code adalah kode dua dimensi yang disediakan oleh Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) kepada pedagang (merchant) dan konsumen untuk melakukan transaksi pembayaran melalui pemindaian.

Adapun tampilan QRIS adalah berbentuk kode dua dimensi yang terdiri atas penanda tiga pola persegi pada sudut kiri bawah, sudut kiri atas, dan sudut kanan atas, memiliki modul hitam berupa persegi titik atau piksel, dan memiliki kemampuan menyimpan data alfanumerik, karakater, dan simbol.

Baca juga: 4 jenis digital payment yang populer di Indonesia

Keuntungan QRIS Baik Bagi Seller maupun buyer

QRIS adalah suatu langkah yang dapat memberikan manfaat sangat baik untuk pebisnis atau merchant, dan juga untuk konsumen yang melakukan transaksi dengan menggunakan QRIS. Berikut ini merupakan beberapa keuntungan dalam menggunakan QRIS

Keuntungan QRIS Untuk Merchant

  • Transaksi lebih mudah
    Jika kamu adalah pihak merchant yang menggunakan QRIS, maka usahamu hanya memerlukan satu QR Code saja. Sehingga, hal tersebut akan membuat kegiatan transaksi menjadi lebih cepat dan mudah.
  • Alternatif pembayaran
    Dengan menggunakan QRIS, maka setiap pembeli bisa bebas memilih pembayaran digital dari e-wallet mereka, tanpa harus khawatir akan ketersediaan QR Code untuk melakukan pembayaran. Sehingga,akan meningkatkan adanya pembelian dan juga pembayaran nontunai.
  • Mencegah terjadinya penipuan
    Saat ini, penipuan dengan menggunakan uang palsu menjadi lebih sering terjadi. Tapi jika usahamu menggunakan QR Code, kamu akan terlindungi dari adanya kemungkinan menjadi korban penerimaan uang palsu, karena pembayaran dilakukan secara non tunai.
  • Mudah menjadi merchant
    Kamu tidak perlu melakukan pendaftaran satu per satu pada bank ataupun e-wallet yang berbeda-beda. Tetapi, kamu hanya perlu mendaftar pada QRIS, dan nantinya toko atau bisnis Anda bisa menerima pembayaran dari mana saja dengan mudah.
  • Mudah dipantau dan dianalisis
    Seluruh histori transaksi akan lebih mudah terpantau secara real time, dan seluruh pengelolaan keuangan akan menjadi lebih mudah.

Keuntungan QRIS bagi konsumen

  • Pembayaran jadi lebih mudah
    Manfaat menggunakan metode ini yang pertama untuk pembeli adalah bila merchant sudah menggunakan QRIS, maka seluruh aplikasi pembayaran apapun yang kamu miliki akan bisa digunakan untuk melakukan transaksi, hal ini dikarenakan standarisasi dari QR Code yang sudah disematkan di dalamnya.
  • Proses berlangsung cepat
    Seluruh pembayaran digital dengan menggunakan QRIS adalah cara yang lebih cepat daripada pembayaran dengan menggunakan uang tunai. Kamu tidak perlu lagi menunggu pihak kasir dalam memberikan kembalian atau masalah lainnya. Selain itu, pembayaran dengan metode digital pun akan lebih higienis daripada pembayaran tunai.

Baca juga:  Bagaimana efek B2B payment gateway untuk kelancaran bisnis Anda

Biaya Transaksi dan Batas Transaksi QRIS

Dalam transaksi dengan metode ini, terdapat hal yang perlu diketahui seperti istilah merchant discount rate (MDR) atau biaya administrasi transaksi yang dibebankan kepada merchant. Akan tetapi tidak perlu khawatir karena MDR yang ditetapkan BI bagi merchant reguler hanya sebesar 0.7 persen per transaksi yang berhasil.

Jika dibandingkan dengan biaya switching di Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang mencapai 1 persen, maka jelas QRIS tentu lebih menguntungkan. Meskipun mudah, cepat, dan aman, transaksi QRIS masih punya batasan limit untuk total nominal transaksi. Adapun batasan limit transaksi QRIS sebesar dua juta rupiah. Selain itu, ada juga limit kumulatif harian atau bulanan berdasarkan ketetapan PJSP. Penetapan batas kumulatif ini tergantung juga dengan manajemen risiko keuangan yang dipilih oleh pengguna.

Kegunaan QRIS untuk mempermudah transaksi pembayaran UMKM

UMKM menjadi salah satu penopang ekonomi Indonesia. Salah satu cara untuk mendukung mereka adalah dengan keberadaan QRIS. QRIS tidak hanya berfungsi sebagai metode pembayaran untuk transaksi pembelian, tapi juga bisa menjadi metode pembayaran yang digunakan untuk penjual.

Dengan adanya QRIS, hal ini dapat mempermudah orang-orang dalam membayar. Tentunya, seller bisa menerima pembayaran lebih cepat. Keuntungan ini bisa Anda dapatkan melalui digital payment Paper.id. Selain QRIS, ada 5 metode pembayaran lainnya yakni, OVO, Virtual Account, kartu kredit, GoTagihan, dan Tokopedia.

Selain itu, Paper.id juga memiliki layanan untuk membantu Anda menerima pembayaran lebih cepat dari buyer melalui layanan #dibayarlebihcepat. Layanan ini membantu Anda untuk mendapatkan pembayaran lebih awal melalui pencairan yang aman dan terpercaya. Cari tahu lebih dalam mengenai layanan tersebut disini!

(Visited 40 times, 2 visits today)