Keuntungan Menerima Pembayaran Invoice dengan Kartu Kredit untuk Bisnismu

Alasan paling jelas untuk menerima pembayaran invoice dengan kartu kredit pada B2B karena banyak klien atau customer lebih suka melakukan bisnis dengan cara tersebut. Ini terutama ketika berhadapan dengan bisnis kecil dan startup. 

Namun perlu diketahui bahwa ketentuan pembayaran bisnis ke bisnis dapat sedikit berbeda tergantung pada bisnis yang mengeluarkan faktur. Tidak seperti B2C, di mana sebagian besar transaksi hanya dilakukan di tempat penjualan menggunakan kartu kredit, kartu debit, atau pembayaran seluler, jenis pembayaran untuk perusahaan B2B dapat berbeda. Berikut ini adalah yang paling umum:

ACH Payment

Pembayaran ACH dilakukan melalui Lembaga Kliring Otomatis yang bertindak sebagai perantara antar rekening bank untuk menyelesaikan transfer bank. Ini populer di kalangan bisnis B2B karena merupakan metode pembayaran kontrak, yang mengharuskan kedua belah pihak untuk menyelesaikan dokumen. Dengan demikian, pembayaran ini dinilai lebih aman. Selain itu, pembayaran ACH membutuhkan waktu hingga tiga hari untuk diproses dan cocok digunakan untuk bisnis yang melakukan pembayaran invoice berulang. 

Baca juga : Keuntungan Menyediakan Berbagai Metode Pembayaran Untuk Transaksi Bisnis

Payment Gateway

Biasanya digunakan ketika layanan dibeli secara online, seperti dengan pengecer online. Tetapi mereka juga populer untuk menyediakan cara bagi pelanggan B2B untuk melakukan pembayaran elektronik. 

Pembayaran bekerja dengan memberi pembayar tautan untuk menyelesaikan transaksi. Ini akan membawa mereka ke gateway di mana mereka dapat membayar dengan kartu kredit, Paypal, atau opsi pembayaran lain yang ingin ditambahkan oleh penerima pembayaran invoice. Paling sering, tautan ini akan disematkan dalam faktur elektronik. Ini adalah solusi pembayaran umum yang ditawarkan oleh penyedia pembayaran digital. 

Kartu kredit/Kartu kredit B2B

Hampir setiap bisnis dan konsumen akan lebih memilih untuk membayar dengan kartu kredit, tetapi untuk bisnis yang menerima pembayaran, akan ada biaya transaksi yang terlibat. Jika Anda melakukan pembayaran invoice dengan penyedia B2B, Anda perlu memeriksa apakah mereka menerima pembayaran invoice dengan kartu kredit. 

Untuk bisnis yang ingin membayar dengan kartu kredit, sering kali ada skema penghargaan dan suku bunga rendah yang dirancang untuk menarik bisnis dengan solusi kartu kredit B2B khusus yang ditawarkan oleh Visa, Mastercard, dan sebagian besar penerbit kartu lainnya.

Membahas pentingnya menerima kartu kredit untuk operasi B2B Anda, maka pemrosesan kartu kredit terbagi menjadi beberapa tingkatan antara lain:

 

  • Level 1

 

Paling sering dikaitkan dengan pembayaran business to consumer (B2C) dan memberikan informasi terbatas kembali kepada pemegang kartu.

 

  • Level 2 

 

biasanya digunakan untuk pelanggan B2B dalam melakukan pembelian, terutama karena frekuensi dan nilai transaksi meningkat. Data Level 2 mencakup lebih banyak informasi untuk menguntungkan pembeli korporat, pemerintah, dan industri, sehingga memudahkan untuk memantau dan menganalisis pengeluaran mereka. Data ini mencakup kode pelanggan, jumlah pajak, identifikasi pajak, dan data lainnya. Informasi tambahan membantu mengoptimalkan biaya pertukaran.

 

  • Level 3 

 

Menawarkan kontrol yang lebih besar dengan mengharuskan pengguna untuk memberikan lebih banyak data pada setiap transaksi. Ini adalah opsi B2B yang paling sering digunakan oleh pedagang yang berurusan dengan lembaga pemerintah dan perusahaan besar. 

Baca juga : Penjualan Bisnis Menurun Setelah Lebaran, Ini Fakta Yang Perlu Pengusaha Ketahui

Keuntungan lain:

  • Kartu kredit cocok untuk integrasi pembayaran. Semua data penjualan Anda dapat disinkronkan secara otomatis dengan platform akuntansi, CRM, dan ERP Anda. Sebaliknya, cek dan wesel harus diproses dan dilaporkan dengan tangan.
  • Transaksi kartu kredit jelas jauh lebih cepat daripada kebanyakan solusi pembayaran invoice lainnya. Ini bisa menjadi keuntungan besar jika arus kas menjadi perhatian atau penundaan pembayaran yang tidak terduga. 
  • Kartu kredit lebih aman daripada pembayaran kartu debit, eCheck, dan ACH. Dengan kartu kredit, jika penipuan terjadi, keuangan pribadi tidak berisiko dan kedua sisi transaksi kartu kredit menikmati perlindungan tertentu, termasuk pengembalian uang.
(Visited 19 times, 1 visits today)