Apakah kamu sering melakukan bisnis ekspor dan impor? Jika iya, maka kamu pasti tidak asing lagi betapa pentingnya Commercial Invoice dalam memastikan kelancaran transaksi bisnis kamu. 

Sebagai dokumen yang berisi detail barang yang diekspor atau diimpor, nilai, serta informasi penting lainnya, Commercial Invoice menjadi bukti legal yang diakui secara internasional. Tanpa dokumen ini, bisnis kamu bisa terhambat dan mengalami kerugian besar, lho!

Terbukti, data dari Customs and Border Protection (CBP) Amerika Serikat menunjukkan bahwa 30% dari masalah impor yang dihadapi oleh perusahaan disebabkan oleh masalah dokumen, termasuk kesalahan dalam pengisian Commercial Invoice.

Oleh karena itu, berikut pentingnya Commercial Invoice dan bagaimana kamu bisa memanfaatkannya untuk memperkuat bisnis kamu di pasar global. Simak penjelasannya di bawah!

Oh ya sebelum dilanjut, berikut ini contoh template invoice dari Paper.id, tentu ini akan sangat membantu bisnismu dalam membuat invoice. Sebelum membaca artikel, kamu bisa mencobanya langsung lewat demo produk di bawah.

Coba Buat Invoice Gratis Tanpa Daftar

Hanya 5 Menit & Mudah

powered by Advanced iFrame. Get the Pro version on CodeCanyon.

Fungsi Commercial Invoice

Perbedaan Proforma dan Commercial Invoice
Perbedaan Proforma dan Commercial Invoice (Sumber: Tertera)

Commercial Invoice adalah dokumen yang berisikan rincian mengenai keterangan jumlah barang yang dijual, harga barang dan perhitungan pembayaran. Dokumen ini ditunjukkan oleh penjual (eksportir) kepada pembeli (importir).

Meski terkesan kecil, dokumen ini memegang peranan penting untuk memastikan agar proses pengecekan barang berjalan lancar dan sampai ke pihak yang sesuai. Berikut fungsi-fungsi dari Commercial Invoice yang perlu kamu ketahui. Antara lain:

Menjelaskan Detail dan Nilai Barang

Deskripsi rincian mengenai barang yang diperjualbelikan pada faktur komersial, seperti nama barang, jumlah, berat, ukuran, kualitas, dan kondisi, sangat penting untuk menghindari kebingungan atau kesalahpahaman di antara para pihak yang terlibat dalam transaksi.

Selain itu, Commercial Invoice juga memuat nilai barang yang digunakan sebagai dasar menentukan tarif, pajak, dan biaya impor yang harus dibayar oleh importir. Umumnya, biaya yang harus dibayarkan oleh importir akan meningkat seiring meningkatnya nilai barang.

Baca juga: Apa itu Invoice? Serta Mengapa Itu Penting Untuk Bisnis?

 Mempermudah Proses Bea Cukai

Commercial Invoice membantu proses pemeriksaan bea cukai dengan menyediakan informasi-informasi yang telah dijelaskan di atas yang dibutuhkan oleh petugas bea cukai. Dokumen ini juga berguna untuk mengidentifikasi barang-barang yang dilarang atau terbatas untuk diimpor.

Dengan adanya faktur komersial yang lengkap dan akurat, petugas bea cukai dapat memverifikasi barang impor dengan lebih mudah dan cepat, sehingga mempercepat proses bea cukai dan juga transaksi yang sedang berlangsung.

Memenuhi Persyaratan Hukum

Faktur komersial diwajibkan oleh hukum untuk mempermudah perdagangan internasional dan melindungi hak-hak dari pihak yang terlibat dalam transaksi bisnis. Dokumen ini juga dapat dijadikan sebagai bukti dan acuan jika terjadi perselisihan antara eksportir dan importir.

Tak hanya itu, faktur komersial juga dapat digunakan untuk tujuan akuntansi dan perpajakan karena dokumen ini mencakup informasi yang diperlukan dalam pencatatan transaksi bisnis internasional.

Baca Juga: 7 Contoh Template Invoice Gratis, Bisa Kalian Coba lho!

Demikianlah pentingnya Commercial Invoice untuk kelancaran ekspor dan impor bisnis. Dokumen ini penting dalam bisnis ekspor dan impor, dan kekurangan atau kesalahan dalam pengisian dokumen ini dapat menyebabkan hambatan dan kerugian dalam transaksi bisnis internasional.

Untuk itu, coba kelola faktur komersial untuk ekspor dan impor menggunakan Paper.id. Terima pembayaran invoice dari pelanggan jadi lebih mudah dengan beragam pilihan metode pembayaran, seperti transfer antar bank dan kartu kredit.

Cocok digunakan untuk kamu para importir atau eksportir. Sebab, invoice online dari Paper.id mengotomatiskan penghitungan dan mencegah terjadinya kesalahan. Jika terjadi kesalahan pun, kamu bisa memperbaikinya dengan cepat dan mudah.

Ikuti terus berita atau informasi seputar bisnis menarik dan terkini lainnya hanya di Blog Paper.id!

Muhamad Dika Wahyudi