Setiap kali kita berbelanja, baik itu bahan makanan, pakaian, buku, elektronik, atau furnitur, kita sebenarnya sedang membeli produk retail. Sales retail adalah penjualan produk akhir dalam rantai pasok. Setiap transaksi yang kita lakukan melibatkan tim orang-orang yang memastikan proses berjalan lancar.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang sales retail mulai dari pengertian, manfaat, karakteristik, hingga jenis-jenisnya.

Pengertian Sales Retail

Sales retail adalah penjualan barang konsumsi, atau barang jadi, oleh pelaku bisnis kepada konsumen akhir. Penjualan ini mencakup transaksi di toko fisik maupun penjualan secara online.

Indeed juga mengkategori barang-barang yang masuk dalam transaksi sales retail, yaitu:

  • Convenience products: Kategori barang yang paling sering dibeli konsumen, convenience products mudah ditemukan, harganya relatif murah, dan cepat habis dipakai. Contohnya; produk kebersihan seperti sabun, makanan siap saji seperti roti atau bahan makanan, serta obat seperti parasetamol.
  • Shopping products: Produk-produk ini biasanya dibandingkan dulu oleh konsumen berdasarkan harga, ukuran, dan kualitas sebelum memutuskan mana yang akan dibeli. Contohnya termasuk pakaian, tiket pesawat, atau perabot rumah tangga.
  • Specialty products: Produk atau layanan yang cukup penting sehingga orang rela berusaha lebih untuk mendapatkannya. Contohnya termasuk pakaian desainer, mobil mewah, atau cokelat gourmet.
  • Unsought products: Produk konsumen yang biasanya tidak terpikirkan sampai saat benar-benar dibutuhkan. Contohnya termasuk teknologi baru atau peralatan medis.

Baca Juga: 20 Software Retail Terbaik untuk Manajemen Bisnis Ritel 2025

Manfaat Sales Retail

Melansir Investopedia, berikut adalah beberapa manfaat utama sales retail, meliputi:

Mempermudah akses produk

Konsumen bisa dengan mudah mendapatkan barang-barang yang mereka butuhkan, mulai dari barang sehari-hari seperti makanan dan pakaian, hingga barang khusus seperti peralatan elektronik atau furnitur.

Mendorong pertumbuhan ekonomi

Retail sales berkontribusi besar pada Produk Domestik Bruto (PDB), terutama di negara-negara seperti Amerika Serikat di mana konsumsi rumah tangga menyumbang sekitar dua pertiga dari PDB.

Menciptakan lapangan kerja

Industri retail menyediakan jutaan pekerjaan di berbagai bidang, mulai dari penjualan langsung, logistik, pemasaran, hingga layanan pelanggan.

Meningkatkan daya saing dan inovasi

Persaingan antar pelaku retail memacu inovasi, baik dari sisi produk, pengalaman belanja, maupun strategi pemasaran. Hal ini berdampak positif bagi konsumen yang mendapatkan lebih banyak pilihan dan layanan yang lebih baik.

Mendukung rantai pasokan

Sales retail menjaga kelancaran rantai pasokan mulai dari produsen, distributor, hingga ke tangan konsumen. Ini penting untuk menjaga stabilitas pasar.

Karakteristik Sales Retail

Berikut adalah beberapa karakteristik utama dari sales retail:

1. Fokus pada konsumen akhir

Retail menjual barang langsung ke konsumen, bukan ke bisnis lain atau untuk produksi ulang.

2. Volume transaksi kecil

Berbeda dengan grosir, retail biasanya melayani pembelian dalam jumlah kecil namun dengan frekuensi tinggi.

3. Lokasi strategis

Toko retail umumnya berlokasi di tempat yang mudah dijangkau konsumen, seperti pusat perbelanjaan, jalan utama, atau platform online.

4. Variasi produk sangat tinggi

Retail menawarkan berbagai pilihan produk dari berbagai merek untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang beragam.

5. Mengutamakan layanan terbaik kepada pelanggan

Pelayanan yang baik menjadi salah satu keunggulan utama dalam industri retail, baik di toko fisik maupun online.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Stok Barang Sederhana untuk Bisnis Retail

Jenis-Jenis Sales Retail

Dilansir dari Marketing91, berikut adalah ragam jenis sales retail:

Retail toko fisik

Penjualan dilakukan melalui toko fisik seperti supermarket, minimarket, dan department store.

Retail online

Penjualan dilakukan melalui website atau aplikasi e-commerce.

Retail multi-channel

Menggabungkan toko fisik dan online, memungkinkan konsumen untuk membeli secara online lalu mengambil di toko atau memilih produk di toko lalu memesan online.

Franchise retail

Retail yang dijalankan berdasarkan model waralaba, di mana pemilik toko mengoperasikan bisnis dengan merek dan sistem dari perusahaan induk.

Sales retail adalah patokan utama kesuksesan toko retail. Hal ini menunjukkan toko retail memiliki produk yang dibutuhkan konsumen, layanan terbaik, dan operasional yang efisien.

Nah, kamu sedang membangun bisnis retail, yuk, manfaatkan fitur operasional dari Paper.id! Ada fitur pembuatan invoice digital, pencatatan pembayaran, hingga pengingat tagihan, hanya dalam satu platform.

Sukses kelola toko dan keuangan bisnis bersama Paper.id sekarang!

Content Writer dengan 4 tahun pengalaman menangani konten beragam topik di berbagai industri baik B2C dan B2B, termasuk bisnis, ekonomi, keuangan, dan sebagainya. Saat ini menulis di Paper.id untuk memperkaya wawasan pemilik bisnis dan memajukan industri B2B seluruh Indonesia.
Nadiyah Rahmalia