Contoh Surat Penawaran- CV. Indah Furniture selalu mengeluarkan produk terbaru mereka setiap bulannya. Namun mereka memiliki masalah dalam mengenalkan sekaligus memasarkan barang-barang anyar tersebut. Berbagai cara telah dilakukan walaupun hasilnya tidak terlalu memuaskan.

Bagaimana caranya mengatasi masalah tersebut? Jawabannya bisa dimulai dari hal sederhana, yakni dengan mengirimkan Surat Penawaran kepada pelanggan sebelumnya. Surat Penawaran (Quotation) sudah lumrah dilakukan dan memang berhasil untuk memperkenalkan produk-produk baru.

Sebelum lebih jauh, mari mengenal terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Surat Penawaran. Di bawah nanti, Paper.id juga akan menjelaskan bagaimana cara membuat dan contoh Surat Penawaran yang baik dan benar. Selain itu, ada beberapa trik agarĀ quotation yang diberikan berubah menjadi konversi (pembelian).

Apa Itu Surat Penawaran?

Surat Penawaran
Surat Penawaran

Dalam bisnis, Surat Penawaran dikenal sebagai dokumen tertulis yang diberikan kepada pelanggan untuk memberikan informasi mengenai produk-produk unggulan sebuah perusahaan. Tujuan awal dari quotation memang menjelaskan produk baru namun tidak dipungkiri juga untuk menghasilkan penjualan produk.

Secara umum, quotation bisa diberikan untuk berbagai bidang bisnis, mulai dari penawaran produk maupun jasa. Lebih lanjut, penawaran terlebih dahulu diberikan kepada pelanggan-pelanggan loyal ataupun mereka yang pertama kali baru dihubungi. Lantas, bagaimana contoh Surat Penawaran yang benar?

Baca Juga: Mengenal Surat Penawaran, Apa Bedanya dengan Invoice Penjualan?

Ciri-ciri Quotation

Contoh Surat Tagihan
Tarif PPh 21

Tidak ada ciri-ciri atau karakteristik khusus dalam mengirimkan quotation kepada pelanggan. Namun yang pasti, surat tertulis tersebut harus formal dan juga mengandung beberapa hal di bawah ini:

  1. Quotation berbentuk surat yang digunakan dengan bahasa formal serta menggunakan kop surat. Hal itu penting untuk menjaga profesionalitas di antara kedua pihak.
  2. Surat yang dikirimkan murni berisi penawaran dengan menjelaskan detail produk dan juga harga yang diberikan (potongan harga menjadi opsi lanjutan).
  3. Struktur pembuatan quotation rapih sehingga tidak membingungkan bagi pihak kedua untuk menerima informasi penawaran barang atau jasa.

Contoh Surat Penawaran

Cara Membuat Surat Tagihan
Cara Membuat Surat Tagihan

Di bawah ini, terdapat sebuah contoh surat penawaran yang lazim digunakan untuk mempromosikan produk atau jasa. Kamu bisa juga mengikutinya untuk membuat quotation kepada pelanggan kamu.

PT. Maju Jaya Cemerlang
Perlengkapan Furniture dan Alat Kerja Perkantoran
Jl. Hidup Raya no.50, Sumatera Barat

Nomor: 001/032/xx9
Lampiran: 1 Halaman
Perihal: Surat Penawaran Barang

Kepada Yth,
Bapak/ibu Direktur PT. Aman Sejahtera
Di tempat

Bersama dengan surat ini, kami dari PT. Maju Jaya Cemerlang bermaksud untuk berterima kasih terhadap kesetiaan Anda dalam menggunakan produk furniture dari perusahaan kami. Selain itu, kami juga bermaksud untuk menawarkan produk terbaru kami.

Produk terbaru yang kami tawarkan adalah meja panjang untuk kegiatan bekerja para pegawai. Menggunakan kayu dari pohon jati, meja terbaru ini bisa tahan lama lebih dari 10 tahun. Spesifikasinya bisa Anda lihat di bawah ini:

Merk: Meja NXL
Jenis Barang: Meja Kerja
Harga: Rp. 8 juta
Cara Pembayaran: Kredit/Debit

Kami berharap bapak atau ibu berminat dan tertarik untuk menggunakan produk terbaru kami. Sebagai bentuk loyalitas perusahaan Anda, kami akan memberikan potongan harga 15% apabila ingin membelinya saat ini.

Informasi lebih lanjut mengenai produk terbaru bisa Anda dapatkan dengan cara menghubungi kami.

Atas perhatiannya, kami ingin mengucapkan terima kasih atas waktunya.

Hormat Saya,

PT. Maju Jaya Cemerlang

Untuk meyakinkan pihak kedua membeli produk tersebut, kamu bisa memberikan diskon atau potongan harga khusus kepada mereka. Lebih lanjut, setelah mereka menyetujui surat penawaran yang kamu berikan, kamu bisa kirimkan Invoice. Namun, bagaimana cara mengirimkan Invoice apabila kamu sedang berada di tengah perjalanan?

Kirim Invoice lebih mudah dengan Paper.id sebab kamu bisa melakukannya melalui smartphone. Lebih lanjut, kamu juga bisa mengunduhnya secara gratis dengan cara mengklik banner yang ada di bawah ini.

 

google_play_customer_io
Daniel Nugraha