Bukti Transaksi– Apa saja faktor yang membuat perjanjian dalam sebuah bisnis terjadi? Produk atau jasa merupakan poin penting pertama. Namun, masih ada satu lagi yang tidak kalah penting, yakni bukti transaksi. Tanpa adanya surat tersebut, perjanjian yang dilakukan tidak memiliki bukti fisik.

Misalnya, Pak Iwan membeli 10 buah mesin fotokopi untuk memulai usahanya kepada PT Maju Jaya. Kemudian, Pak Iwan membayarkan uang sebesar 100 juta rupiah namun ia lupa tidak mendapatkan kwitansi yang dijadikan bukti pembayaran sah. Ketiadaan surat tersebut bisa saja membuat PT Maju Jaya berbuat curang.

PT Maju Jaya bisa saja tidak mengirimkan 10 buah mesin fotokopi karena Pak Iwan tidak mempunyai bukti pembayaran. Gugatan yang dilakukan oleh Pak Iwan juga tidak akan sah di mata hukum karena ia tidak memiliki bukti kuat. Lantas, apakah kwitansi menjadi satu-satunya bukti pembayaran yang sah? kenyataanya tidak.

Sebelum mengetahui mengenai hal itu, mari kita mengenal terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan bukti transaksi. Lebih lanjut, seberapa pentingkah surat itu di dalam Laporan Keuangan?

Apa Itu Bukti Transaksi?

Kwitansi
Kwitansi

Bukti transaksi adalah surat tertulis yang diberikan sebagai tanda terjadinya kegiatan yang dilakukan oleh dua pihak, yakni penjual dan pembeli. Dengan adanya surat ini, kedua pihak yang melakukan transaksi memiliki bukti bila transaksi benar-benar dilakukan sehingga tidak ada yang melanggarnya.

Terdapat beberapa jenis bukti transaksi yang cukup kuat untuk dijadikan bukti gugatan kepada pihak kepolisian. Hal itu bisa dilakukan apabila salah satu pihak melakukan tindak penyelewengan seperti penipuan ataupun kecurangan. Namun, beberapa jenis lainnya tidak memiliki hal tersebut karena belum bersinggungan dengan pembayaran.

Lantas, apa saja macam-macam bukti tertulis yang biasa digunakan oleh para pemilik usaha?

Baca Juga: 5 Contoh Kwitansi Pembayaran yang Sering Digunakan

Macam Bukti Transaksi

Contoh Kwitansi
Contoh Kwitansi

Dalam bisnis, terdapat beberapa macam bukti transaksi yang diberikan, mulai dari awal penawaran hingga selesainya kegiatan jual beli.

Baca Juga: Mengenal Surat Penawaran, Apa Bedanya dengan Invoice Penjualan?

1. Quotation

Quotation (Surat Penawaran) termasuk sebagai salah satu buki pembayaran karena dijadikan dokumen tertulis apabila ingin memberikan penawaran produk atau jasa kepada pihak pelanggan.

2. Invoice

Agar pelanggan mendapatkan kepastian mengenai kapan produk atau jasa yang mereka beli bisa dibayar, kamu harus memberikan Invoice. Di dalam surat tertulis tersebut, kamu bisa memberikan batas tenggat waktu pembayaran.

3. Kwitansi

Setelah Invoice diberikan dan pelanggan melunasi tagihannya, kamu wajib memberikan kwitansi sebagai bukti sah pembayaran. Dengan begitu, transaksi menjadi terlihat lebih profesional dan tidak ada kesalahpahaman di kemudian hari.

Dari beberapa bukti pembayaran, peran kwitansi sangatlah vital. Sebab tanpa adanya bukti ini, pihak penjual bisa saja tidak mau memberikan produk atau jasanya. Pada akhirnya, permasalahan itu harus diselesaikan lewat jalur hukum.

Baca Juga: Perbedaan Kwitansi dan Invoice Beserta dengan Contohnya

Selain ketiga bukti pembayaran yang telah tertera di atas, masih ada lagi beberapa yang cukup sering digunakan. Misalnya, Nota Debit, Nota Kredit dll. Namun secara umum, Invoice, Surat Penawaran dan Kwitansi paling banyak dipakai dalam transaksi sehari-hari.

Penting di Laporan Keuangan?

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang
Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Apakah bukti transaksi berpengaruh terhadap dalam Laporan Keuangan? Tentunya iya, khususnya kwitansi. Keberadaan tanda pembayaran itu bisa dijadikan bukti fisik di dalam Laporan Keuangan apabila ada transaksi yang tanpa sengaja belum dimasukkan. Kasus-kasus seperti ini seringkali terjadi dan kerap berulang.

Lebih lanjut, pengelolaan Laporan Keuangan juga bisa dibuat lebih mudah. Maksudnya, para pemilik usaha bisa melakukan rekapan data tanpa membutuhkan buku tebal. Sebab, mereka bisa membuatnya dengan lebih mudah di laptop atau smartphone melalui Paper.id. Cari tahu lebih banyak dan gunakan secara Gratis dengan mengklik tombol yang tertera di bawah.

 

 

Daniel Nugraha