Memberikan opsi metode pembayaran secara digital sangat penting diperhatikan oleh pebisnis, karena dapat menguntungkan bisnis dan customer dalam banyak hal. Menurut Paymints.io pada tahun 2015 hingga 2018, jumlah transaksi kartu debit dan kredit meningkat hampir 9% setiap tahunnya.

Terlebih, pada awal pandemi di tahun 2020 lalu, pentingnya pembayaran digital semakin nyata lantaran memaksa orang untuk bertransaksi secara online. Hal ini membuat pengguna uang tunai semakin berkurang.

Maka dari itu, berikut yang perlu kamu ketahui kenapa pembayaran digital atau digital payment lebih baik dibandingkan dengan uang tunai untuk berbisnis, diantaranya sebagai berikut:

Alasan Pembayaran Digital Lebih Baik Dibandingkan Tunai

Pembayaran Digital Lebih Baik dibandingkan Tunai
Pembayaran Digital Lebih Baik dibandingkan Tunai (Photo by Mufid Majnun on Unsplash)
  • Pembayaran Digital Lebih Cepat

Salah satu keuntungan paling nyata dari pembayaran digital adalah kecepatannya, terutama untuk pembelian dengan jumlah yang besar. Sementara, menghitung uang tunai dapat memakan banyak waktu untuk pebisnis atau customer.

  • Pembayaran Digital Memberikan Kenyaman bagi Customer

Alasan lain untuk menggunakan pembayaran digital dibandingkan dengan uang tunai adalah kemudahannya. Ketika akan melakukan transaksi dengan jumlah yang besar, customer tidak perlu membawa uang sebanyak mungkin, sementara membawa uang tunai atau bahkan cek tidak memberikan kenyamanan karena tidak mudah masuk ke dalam dompet seperti kartu kredit atau debit.

Baca juga: Begini Cara Kerja Mesin EDC untuk Kebutuhan Bisnis

  • Pembayaran Digital Lebih Aman

Alasan penting lainnya kenapa pembayaran digital lebih baik daripada uang tunai adalah keamanannya. Menggunakan digital payment akan meminimalisir kejahatan-kejahatan yang tak terduga seperti perampokan. Sementara, membawa uang tunai kemana-mana tentu akan menjadi sasaran empuk bagi penjahat. 

Penggunaan Digital Payment di Indonesia

Ride-Hailing di Indonesia
Aplikasi Ride-Hailing di Indonesia (Photo by Fikri Rasyid on Unsplash)

Saat ini, penggunaan digital payment di Indonesia sangat berkembang pesat. Berbagai metode pembayaran digital dimanfaatkan untuk berbagai transaksi, baik transaksi yang dilakukan secara online maupun offline.

Perkembangan pembayaran digital di Indonesia kini semakin canggih, lantaran transaksi dapat berjalan lebih cepat, efisien, dan tentunya cashless. Selain itu digital payment juga menawarkan opsi pembayaran yang dapat dilakukan dengan hanya menggunakan smartphone.

Namun, apakah kamu tahu penggunaan digital payment di Indonesia dapat berkembang pesat karena banyak penyedia layanan ride-hailing? Ya, pembayaran digital terbiasa digunakan oleh customer sebagai layanan yang dibutuhkan untuk membayar berbagai transaksi sehari-hari seperti ojek online.

Sebuah laporan dari Tirto menyatakan bahwa sekitar 40% dari total pengguna diklaim menggunakan alat pembayaran non-tunai untuk kebutuhan membayar ojek online. Selain itu, layanan penyedia ojek juga kini sudah memiliki ecosystem digital dengan melebar menjadi layanan e-Commerce hingga layanan-layanan lainnya.

Oleh karena itu, masyarakat Indonesia dapat cepat beradaptasi terhadap teknologi dan layanan digital. Hal tersebut juga menjadi jawaban sederhana mengapa kini penggunaan digital payment di Indonesia sangat berkembang pesat.

Baca juga: 7 Keuntungan Menggunakan Digital Payment Untuk Bisnis

Adapun untuk kamu pelaku bisnis, mau terima pembayaran invoice tanpa ribet dan praktis karena terdapat pilihan metode pembayaran? Yuk, gunakan Paper.id, nikmati beberapa alternatif pembayaran untuk invoice penjualan kamu, seperti menggunakan VA, Kartu Kredit, e-wallet, ataupun melalui marketplace secara gratis!

Muhamad Dika Wahyudi