Sales Order – Semakin besar sebuah bisnis yang dijalankan, semakin kompleks juga sistem yang harus diberlakukan. Hal itu terjadi lantaran target pasar berubah, yang biasanya hanya membeli produk secara satuan, kini berubah menjadi lusinan atau bahkan dengan ukuran yang lebih besar lagi.

Contohnya, toko ritel baju Maju Jaya. Mulanya, mereka hanya melayani penjualan secara satuan. Target pasar mereka adalah ibu-ibu yang sedang mencarikan anaknya baju untuk kebutuhan sehari-hari. Lama kelamaan, bisnis mereka semakin terkenal dan mendapatkan pelanggan baru.

Mereka mendapatkan pesanan lusinan untuk kebutuhan sekolah di sekitar wilayahnya. Namun semakin hari, mereka semakin sibuk karena mendapatkan pesanan puluhan hingga ratusan lusin dari perusahaan. Permasalahannya, toko tersebut kebingungan dengan prosedur perusahaan yang meminta pengiriman sales order terlebih dahulu.

Sebagai toko baju yang baru berkembang, Maju Jaya merasa kebingungan mengatasi masalah tersebut. Memang, apa yang dimaksud dengan pesanan penjualan (sales order)? Dan, seberapa penting sebenarnya untuk sebuah bisnis?

Apa Itu Sales Order (SO)?

Sales Invoice Template

Pesanan Penjualan atau SO adalah sebuah dokumen yang berisikan tentang penawaran harga dari pihak penjual kepada pelanggan. Biasanya, dokumen tertulis ini hanya akan digunakan apabila transaksi dilakukan oleh dua pihak perusahaan. Bisa dibilang, SO merupakan pitching sehingga dokumen ini sangat penting untuk kesuksesan sebuah transaksi berlangsung.

“Kamu belum bisa membuat sales order? Jangan khawatir, saat ini ada banyak software akuntansi gratis yang bisa digunakan secara mudah. Salah satu yang bisa kamu pakai tanpa harus membayar sepeserpun adalah Paper.id. Klik disini buat langsung pakai gratis.”

SO memang tidak digunakan untuk semua kalangan. Biasanya, dokumen ini akan digunakan untuk memberikan penawaran kepada perusahaan atau klien yang ingin membeli dalam jumlah besar. SO menjadi penentu suksesnya transaksi sebab biasanya klien akan membandingkan harga dari beberapa toko yang berbeda.

Lantas, apakah SO dengan harga termurah yang akan memenangkan pasar? Jawabannya tidak juga. Sebab, klien tidak mementingkan harga asalkan kualitas produk yang dihasilkan bisa bagus dan menjanjikan.

Baca Juga: Cara Membuat Purchase Order di Aplikasi (Kirim Via Whatsapp dan Line)

Fungsi dari SO

Sales Invoice Template

Sales Order merupakan awal dari sebuah transaksi dimulai. Itulah kenapa perannya sangat vital untuk keberhasilan bisnis dengan klien. Namun selain itu, ada beberapa fungsi lain yang tidak kalah penting seperti:

  1. Kontrak kesepakatan kerja awal dengan klien.
  2. Mengurangi ambiguitas terhadap produk yang ditawarkan.
  3. Informasi pesanan yang akan diberikan kepada klien.
  4. Alat kontrol gudang (menentukan berapa banyak estimasi produk yang nantinya bakal dikirimkan kepada klien)

Seperti yang dibilang sebelumnya, pembuatan SO adalah langkah awal dari sebuah transaksi. Lantas, apa saja langkah selanjutnya yang harus dilakukan ketika SO selesai dibuat? Baca lebih lanjut di bawah ini!

Alur Dokumen Bisnis

Pengelolaan Stok Produk

Agar bisa dipahami dengan lebih mudah mari kita menggunakan contoh dari toko ritel baju Maju Jaya.

Misalnya, toko tersebut memberikan penawaran SO kepada klien dengan menyertakan seluruh produk yang dibutuhkan. Lalu, klien akan membalas dokumen tersebut dengan mengirimkan Purchase Order. Biasanya pada tahap ini, klien akan melakukan penawaran harga apabila cocok maka bisa langsung masuk ke tahap selanjutnya.

Toko ritel baju Maju Jaya kemudian memberikan invoice sebagai tanda pengiriman kepada klien (ketika kedua pihak sepakat masalah harga). Selanjutnya, mereka akan mengirimkan produk yang dibutuhkan sekaligus dengan surat jalan sebagai bukti jika produk telah dikirimkan.

Setelah produk sampai ke klien, toko ritel baju tersebut akan mendapatkan pembayaran secara penuh. Pada tahap ini, mereka harus mempersiapkan kwitansi sebagai bukti sah pembayaran.

Baca Juga: Cara Membuat Kwitansi Otomatis Melalui Aplikasi Invoice di Smartphone

Itu dia tahapan alur bisnis yang biasanya terjadi. Jika kamu ingin mempermudah semua alur tersebut, kamu bisa gunakan software akuntansi gratis Paper.id. Daftar sekarang kamu bisa langsung pakai tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun!

Daniel Nugraha