Cara Membuat Purchase Order- Semakin besarnya sebuah bisnis, semakin kompleks juga cara pengelolaanya. Misalnya, ketika bisnis kamu masih kecil, kamu bisa langsung mengirimkan invoice kepada pelanggan atau mitra tanpa harus memikirkan hal lainnya. Namun seiring waktu, pengelolaan juga semakin berubah.

Besarnya bisnis, membuat peningkatan penjualan, baik dalam segi kualitas dan kuantitas. Target pasarnya juga mulai bertambah banyak dan bukan hanya menyasar para B2C (Business to Consumer), tetapi juga B2B (Business to Business). Lantas, bagaimana perbedaannya dari keduanya?

Baca Juga: Purchase Order, Dokumen Penting Dalam Pengadaan Barang

B2B berbeda dengan B2C, mereka lebih kompleks dan sulit. Sebelum mengirimkan invoice, kamu juga harus menyiapkan purchase order sebagai keterangan awal dalam pembelian. Berikut ini bagaimana cara membuat purchase order?

Apa Saja yang Ada di Purchase Order?

Pembukuan akuntansi
Pembukuan akuntansi

Jika kamu memilih untuk menggunakan aplikasi akuntansi untuk membuat purchase order. Kamu tidak perlu lagi bingung membuat template atau rinciannya. Satu-satunya hal yang kamu butuhkan adalah mengisi seluruh detail yang tertera, mulai dari tanggal pembuatan hingga tanda tangan.

Apabila melihat secara lebih rinci, beberapa faktor yang harus terdapat di dalam purchase order adalah:

1. Data suplier atau pemasok produk.

2. Nomor purchase order, untuk membedakan PO yang diberikan kepada pelanggan.

3. Jenis-jenis produk yang ditawarkan, lengkap dengan jumlah dan total harganya.

4. Tanggal pembuatan serta pengiriman purchase order.

5. Terakhir, tanda tangan dan stempel sebagai tanda pengesahan purchase order.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Purchase Order Yang Baik dan Benar!

Cara Membuat Purchase Order di Aplikasi Paper.id 

Bukti Pembayaran, Pengertian, dan Contohnya

Ada dua cara yang bisa digunakan untuk membuat purchase order, yakni dengan menggunakan secarik kertas (cara lama) atau aplikasi invoice dan akuntansi (cara baru). Cara nomor dua mungkin bisa menjadi opsi menarik sebab kamu tidak perlu lagi repot-repot membuat secara manual kemudian mengirimkannya juga dengan kurir.

Kalo kamu menggunakan aplikasi invoice, semua skema transaksi bisa diselesaikan hanya melalui smartphone, termasuk juga dengan purchase order. Pengiriman juga bisa dilakukan sambil duduk-duduk di depan tv sebab kamu bisa kirimkan melalui aplikasi pesan. Beberapa diantaranya adalah Whatsapp dan Line.

Lantas, bagaimana cara membuat purchase order di aplikasi Paper.id dan mengirimkannya melalui pesan singkat? Begini langkah-langkahnya:

1. Masuk ke aplikasi Paper.id, kamu belum punya? klik disini gratis!

Daftar di Paper.id
Daftar di Paper.id

2. Klik menu order, kemudian pilih purchase. Jika ingin membuat baru, pilih (+) di kanan atas.

Menu Purchase Order
Menu Purchase Order

3. Isi semua form yang tertera, mulai dari nama pelanggan, produk, kuantitas dll.

isi formulir
isi formulir

4. Setelah selesai, klik save dan kalian bisa kirim lewat Whatsapp, Email, dan SMS 

5. Tunggu respon pelanggan, sembari menyiapkan invoice.

Baca Juga: Contoh Dokumen Purchase Order Yang Bisa Kalian Pelajari!

Menggunakan aplikasi invoice dan akuntansi Paper.id sangatlah mudah sebab kamu tidak perlu lagi membuat purchase order secara manual. Semua data sudah tersedia, tinggal kamu memasukkan produk kamu ke dalamnya. Terlebih lagi, semuanya bisa kamu selesaikan lewat smartphone. Tentunya, semakin sangat mudah bukan?

Jika kamu ingin mulai pengelolaan bisnis lebih mudah dan simpel, silahkan klik tombol di bawah ini dan gunakan Paper.id gratis. Well, Paper.id juga bisa diakses lewat smartphone ataupun website. Jadi, kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu. Yuk, mudahkan bisnismu!

 

google_play_customer_io