fbpx Paper.id - Invoicing #1 di Indonesia

Apa Itu Perusahaan Jasa dan Perbedaannya dengan Perusahaan Dagang?

Fery Andriawan | April 16, 2019
Perusahaan Jasa

Perusahaan Jasa

Rate this post

Perusahaan Jasa- Sebelum kamu membuat sebuah usaha, kamu harus tahu terlebih dahulu mengenai jenis usaha apa yang akan kamu jalani. Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa jenis usaha yang cukup laku dan menarik di pasaran. Masalah laku atau tidaknya, kembali lagi ke dalam inovasi dan bagaimana cara kamu mengembangkan usaha kamu ke dalam level yang lebih tinggi.

Secara umum, ada dua jenis usaha yang paling sering diambil oleh para pengusaha pemula, yakni di bidang jasa dan juga di bidang dagang. Apakah kamu pernah mendengar usaha jasa sebelumnya? Jika belum, kamu bisa cari tahu lebih lanjut melalui jenis usaha tersebut di bawah ini. Lantas, apa perbedaaan antara usaha di bidang jasa dan dagang?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, coba tuliskan di kolom komentar, usaha apa yang ingin kamu kembangkan atau telah menjadi impian kamu selama ini?

Baca Juga: 5 Jenis Perusahaan yang Bisa Kamu Temukan di Indonesia

Apa Itu Perusahaan Jasa?

Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Perusahaan Jasa merupakan sebuah aktivitas bisnis yang bertujuan untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menjual jasa yang bentuknya abstrak. Dengan kata lain, perusahaan jenis ini menawarkan sebuah bantuan bukan menjual sebuah produk yang berbentuk sebuah objek. Terdapat beberapa contoh Perusahaan Jasa yang berkembang pesat di Indonesia.

Contoh sederhana dari jenis perusahaan ini adalah konsultan keuangan, perbankan, pendidikan (guru belajar online/offline) hingga ke bagian strategi marketing. Sejauh ini, Netflix (perusahaan jasa berbentuk media) menjadi contoh sukses sebab mereka masuk ke dalam peringkat ke-8 perusahaan terpopuler di dunia versi majalah ekonomi asal Amerika Serikat, yakni Forbes.

You don’t pay them because of your product, but because of your good services”

Apabila melihat perhitungan dalam sistem akuntansi, jenis perusahaan ini juga memang lebih mudah digunakan sebab kamu tidak perlu melakukan tracking ataupun pengaturan stok yang ribet. Kamu punya bisnis di bidang Perusahaan Jasa tapi masih bingung bagaimana cara memudahkan proses pengelolaan bisnis yang semakin ribet? banyak Software Akuntansi yang bisa kamu gunakan gratis lho.

Karakteristik dan Kekurangan

Perusahaan Ekstraktif

Perusahaan Ekstraktif

Dalam prosesnya, Perusahaan Jasa tentu berbeda dibandingkan dengan beberapa jenis perusahaan lainnya, seperti dagang, agraria hingga manufaktur. Untuk mempermudah kamu dalam menelaah arti sebenarnya dari usaha jasa ini, terdapat beberapa karakteristik yang harus dipahami, semisal:

1. Menjual jasa tanpa menyediakan produk fisik.

2. Tidak memiliki patokan harga resmi di pasaran.

3. Jenis perusahaan ini tidak membutuhkan bahan atau modal produksi.

Walaupun tidak memiliki modal besar dalam bentuk produk fisik, bukan berarti membuat usaha di bidang ini tidak beresiko. Berikut ada beberapa kelemahan usaha jasa yang harus diamati sebelum kamu terjun langsung ke dalamnya, seperti:

1. Sulit dipercaya jika tidak memiliki testimoni dari pelanggan ternama.

2. Pelanggan kerap melakukan problem namun tidak bisa melakukan retur karena berbentuk jasa bukan produk fisik.

3. Tidak mempunyai banyak opsi dalam melakukan strategi pemasaran.

Perbedaan dengan Perusahaan Dagang

Invoice Dagang - Paper.id

Jika bisnis yang bergelut di bidang jasa menjual kemampuan atau keahlian, berbeda dengan Perusahaan Dagang. Sebab, jenis perusahaan tersebut menawarkan sebuah produk yang inovatif. Walaupun pada akhirnya, kedua jenis perusahaan tersebut bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari setiap aktivitas penjualan, baik dalam bentuk produk dan jasa.

Saat ini, tidak bisa dipungkiri jika Perusahaan Dagang memang memonopoli sebagian besar pasar di dunia. Bagaimana tidak, laporan terbaru dari Statista mengemukakan jika Apple menjadi perusahaan terbesar dan tersukses di dunia. Nilai kekayaan perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs tersebut kini telah menyentuh angka 926 miliar dollar Amerika Serikat.

Seperti yang diketahui, Apple merupakan Perusahaan Dagang dengan penjualan utamanya berasal dari sektor teknologi, smartphone, laptop dll. Angka yang dimiliki oleh Apple, bahkan lebih dari 400 miliar dollar lebih besar dibandingkan dengan Facebook. Sedangkan, Amazon berada di peringkat kedua dengan total kekayaan mencapai angka 777 miliar dollar.

Sejauh ini, kalian sudah mengerti perbedaan dasar dari Perusahaan Dagang dan Jasa, bukan?

Baca Juga: Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang Terlengkap

Perangkat Pendukung Terbaik

Cara Kirim Invoice- Paper.id

Cara Kirim Invoice- Paper.id

Jika kamu sudah memutuskan ingin membuat sebuah bisnis, kamu juga harus memikirkan tentang manajemen atau pengelolaan. Saat ini, di Indonesia terdapat banyak sekali Software Akuntansi yang siap membantu bisnis kamu dengan lebih mudah, mulai dari Pengaturan Stok, Pelaporan Keuangan hingga Pengiriman Invoice.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Software Akuntansi Gratis Terbaik Buat Pebisnis

Paper.id menjadi salah satu Software yang telah direkomendasikan dan juga digunakan lebih dari 25 ribu pelaku usaha di Indonesia. Apabila kamu tertarik untuk mendapatkan pengelolaan bisnis yang lebih mudah dan efektif, kamu bisa klik tombol yang dibawah ini.

Fyi, Paper.id bisa kamu gunakan secara lebih efisien sebab kamu bisa akses melalui website dan juga aplikasi.

 

2 tanggapan untuk “Apa Itu Perusahaan Jasa dan Perbedaannya dengan Perusahaan Dagang?”

  1. […] tanpa mengubah sedikitpun sifatnya. Jenis perusahaan dalam bidang dagang ini jelas berbeda dengan Perusahaan Jasa sebab mereka memiliki produk fisik yang dijual. Di sisi lain, Perusahaan Jasa hanya menjual jasa […]

  2. […] Baca Juga: Apa Itu Perusahaan Jasa dan Perbedaannya dengan Perusahaan Dagang? […]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *