Manusia merupakan makhluk tercerdas untuk melakukan identifikasi dan memproses sebuah wawancara. Akan tetapi, mereka adalah ‘tempat terburuk’ untuk mengingat sesuatu. Daya ingat seseorang berbeda-beda namun kans mereka untuk mengingat sesuatu dalam waktu yang lama sangatlah kecil. Oleh karena itu, beberapa tools diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Google sheets adalah salah satunya.

Google sheets adalah sebuah aplikasi web gratis yang dibuat oleh Google yang mana diperuntukkan untuk Anda para pelaku usaha untuk membuat, mengubah dan mengolah data apapun secara online. Integrasi dengan semua koneksi, google sheets merupakan tempat terbaik untuk Anda mencatat sesuatu.

Berbagai perusahaan start up berlomba-lomba untuk membuat software yang mana memudahkan seorang pelaku usaha untuk menyederhanakan pekerjaan mereka. Sayangnya, mereka menawarkan harga-harga tertentu apabila ingin mendapatkan layanan yang lebih maksimal. Berbeda dengan Google Sheets, semua fitur yang mereka tawarkan itu gratis dan tidak dipungut biaya sama sekali.

Ada beberapa trik google sheets yang bisa dilakukan untuk mempermudah bisnis Anda, seperti:

Import Data dari Sheet Lain

Seorang pelaku usaha biasanya mempunyai banyak data, mulai dari finansial, absensi karyawan, hingga pembukuan lainnya. Nah, salah satu trik google sheets lain yang bisa Anda gunakan disini adalah melakukan import data antar sheet. Dengan kata lain, Anda menghubungkan dua lembar fungsi yang berbeda di dalam satu kolom yang serupa.

Di dalam bahasa pemrograman, hal tersebut biasa dikatakan sebagai Import Range. Dengan menggunakan fungsi ini, Anda bisa mengkoneksikan dua laman yang berbeda ke dalam satu lembar di Google Sheets. Jika Anda ingin mengintegrasikan dua sheets berbeda di Gsheets, silahkan gunakan fungsi di bawah sini.

=IMPORTRANGE(“URL Sheet Link to”, “Sheet and Call Reference”)

Trik Google Sheets: Membuat Software Payroll

Payroll Adalah - Paper.id
Payroll Adalah – Paper.id

Salah satu trik google sheets yang bisa Anda lakukan disini adalah untuk membuat software payroll. Seperti yang diketahui, mengurusi gaji karyawan merupakan hal yang gampang-gampang susah bagi pelaku usaha. Jika jumlah karyawan mereka telah mencapai lebih dari ratusan, dibutuhkan sebuah software itu memudahkan sistem perhitungan tersebut.

Membuat perhitungan payroll melalui google sheets juga tidaklah sulit. Anda hanya harus memasukkan beberapa poin penting, seperti data karyawan, gaji, posisi dll. Jika Anda tidak mau kerepotan untuk membuat template payroll tersebut, Paper.id telah menyediakannya untuk Anda dengan cara klik disini.

Kunci Sel Untuk Mencegah Perubahan Data

Link Sheets
Link Sheets

Google sheets biasa digunakan untuk kolaborasi data. Biasanya, seorang pemilik Gsheet akan membagikan lamannya tersebut kepada rekan pengusaha lainnya untuk melakukan perubahan data. Namun, apabila Anda hanya ingin membagikan tanpa memperbolehkan mereka mengubah data, Anda bisa mengunci sel Gsheet tersebut. Bagaimana caranya?

Untuk mengaktifkan fitur kunci sel, Anda bisa langsung mengklik opsi menu data dan lanjutkan dengan mengklik protected sheets and ranges. Menu kecil di bagian kanan bisa digunakan untuk menyeret data mana yang ingin dikunci. Untuk lebih mudahnya, silahkan lihat gambar yang tertera di bawah ini.

Membuat QR Code

QR Code - Paper.id
QR Code – Paper.id

Siapa yang menyangka jika melalui Google Sheets, Anda bisa membuat QR Code. QR Code merupakan hal yang lumrah dalam dunia aplikasi saat ini sebab dapat mempermudah pekerjaan. Jika Anda ingin membuat QR Code sederhana, Anda tinggal membuka Gsheet dan ikuti langkah mudah di bawah ini.

– Buat dua kolom, satu untuk website ataupun nama user dan yang kedua untuk memasukkann QR Code.

– Langkah selanjutnya, Anda tinggal copy paste link di bawah ini dan taruh di bawah tabel QR Code.

=IMAGE(“https://chart.googleapis.com/chart?chs=200×200&cht=qr&chl=”&A1&””)

– Jika sudah selesai, hasilnya akan seperti di atas ini. Simple dan mudah.

 Translasi Bahasa dengan Mudah

Penerjemahan Gsheet - Paper.id
Penerjemahan Gsheet – Paper.id

Google sheets lebih dari sekedar mengolah data biasa. Bagaimana tidak, Anda bisa menggunakan Gsheet untuk melakukan translasi atau penerjemahan bahasa dengan instan. Layaknya Google Translate, Anda bisa menggunakan Gsheet untuk mengartikan berbagai bahasa di seluruh dunia. Bagaimana caranya?

– Pertama, Anda harus menyediakan dua kolom yang berbeda, satu untuk bahasa sumber dan kedua sebagai bahasa target.

– Selanjutnya, masukkan rumus yang ada di Google Sheets ke dalam kolum bahasa target. Jika Anda kebingungan untuk memasukkan rumus tersebut, lihat cara di atas ini.

=GOOGLE TRANSLATE (Text, “Source Language” “Target Language)

– Secara otomatis, bahasa nanti langsung berubah secara otomatis. Jika Anda masih bingung, lihat cara di bawah ini.

Terkoneksi dengan Gmail

Google Sheets merupakan sebuah program pengolahan data real time yang bisa diubah secara bersama-sama. Oleh karena itu, setiap perubahan dapat diupdate secara otomatis, termasuk dengan nama orang yang mengubahnya. Jika Anda ingin mengirimkan sebuah catatan kepada rekan bisnis Anda, Anda bisa langsung mengabari mereka melalui Gmail yang terintegrasi secara langsung.

Bagaimana caranya? sangat mudah, Anda tinggal tambahkan plus sign (+). Kemudian, anda bisa langsung mengetikan email tujuan. Secara otomatis, email yang Anda tuju akan mendapatkan ‘pesan’ yang Anda tuliskan. Lihat gambar di atas untuk lebih jelasnya.

Menambahkan Gambar dan Grafik ke Dalam Gsheet

Image di GSheets
Image di GSheets

Google Sheet bukanlah sebuah media pengolahan data yang kuno. Sebab, di sana, Anda bisa menambahkan berbagai macam komponen untuk mempercantik data Anda, seperti gambar ataupun grafik melalui sebuah web ataupun situs lainnya. Dari segi estetika, mempercantik penampilan merupakan hal yang mutlak sehingga apa yang anda presentasikan akan lebih terdeskripsi dengan lebih mudah.

Cara menambahkan gambar dan grafik ke dalam Gsheetjuga cukup mudah, yakni dengan menambahkan fungsi rumus:

=IMAGE (url, [Mode], [Height], [Width])

Untuk lebih mudahnya, silahkan lihat gambar yang sudah tertera di atas.

Itu dia beberapa tips dan trik Google Sheets yang selama ini jarang sekali diketahui. Sekarang, ilmu Anda telah bertambah dan bisa diaplikasikan ke dalam pekerjaan atau bisnis Anda. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silakan tulis di dalam komentar yang tersedia.

 

Daniel Nugraha