Tips Mendapatkan Untung Maksimum di HARBOLNAS 2021

Seperti yang kita ketauhi, event Harbolnas 2021 sudah sangat di depan mata. Event Harbolnas 2021 akan dilaksanakan tanggal 12 Desember 2021.

Hari Belanja Online Nasional atau biasa kita sebut Harbolnas sudah menjadi event belanja online terbesar yang dilaksanakan setiap tahun di Indonesia sejak 12 Desember 2012.

Harbolnas pada awalnya bertujuan untuk mengajak dan mengedukasi masyarakat Indonesia untuk berbelanja online dengan aman, mudah dan nyaman mengingat bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Harbolnas ini pertama kali dicetuskan oleh tujuh e-commerce besar seperti Lazada, Zalora, BerryBenka, Pink Emma, Bilna, Traveloka dan Luxola. Mendapat respon positif dari masyarakat Indonesia, sejak saat itu banyak e-commerce yang ikut merayakan Harbolnas dan 12 Desember diperingati sebagai Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas. Namun, saat ini lebih sering dikenal dengan event 12.12.

Baca juga: Cara jualan online dan tipe-tipe bisnis yang patut dicoba di tahun 2022

Perayaan Harbolnas ini biasanya mendorong para e-commerce untuk berlomba-lomba memberikan diskon maupun voucher belanja yang menarik bagi para pelanggan mereka. Mereka akan berlomba-lomba untuk mendapatkan diskon serta voucher yang ditawarkan para e-commerce. Apalagi di kondisi Pandemi Covid-19 ini terjadi peningkatan trend belanja online di Indonesia.

Ketakutan dan kekhawatiran masyarakat Indonesia membuat belanja online menjadi trend tersendiri di masa pandemi Covid-19. Banyak masyarakat yang memilih untuk berbelanja online mulai dari kebutuhan primer hingga tersier.

Event Harbolnas ini menjadi kesempatan yang sangat besar bagi para e-commerce maupun masyarakat untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Hal ini menjadikan event Harbolnas 12.12 menjadi hari yang sangat dinantikan saat pandemi Covid-19. Berkaca pada Halbolnas 12.12 tahun 2020, transaksi Harbolnas meningkat sebesar 328%. Pastinya, besar sekali kemungkinan transaksi Harbolnas 2021 akan lebih meningkat lagi dibandingkan dengan tahun 2020.

Lalu, apa sih kiat-kiat yang harus dipersiapkan saat Harbolnas 2021 agar mendapatkan keuntungan yang maksimum?

Promosi pada berbagai chanel untuk harbolnas 2021

Tentunya, masyarakat perlu mengetahui bahwa perusahaan mengikuti event Harbolnas 2021. Maka perlu dilakukan promosi melalui berbagai chanel seperti media sosial dan website perusahaan mengenai promo seperti apa yang diberlakukan untuk meningkatkan awareness dari masyarakat. Lakukan promosi yang maksimal dan pastikan para pelanggan tertarik untuk mengikuti promo tersebut.

Rencanakan penawaran promo dan harga produk

Para pengusaha harus merencanakan analisis terhadap produk dan promo yang ditawarkan agar mendapatkan untung yang maksimum. Lakukan penawaran yang bisa membuat pelanggan mau berbelanja lebih banyak, seperti produk bundling, voucher diskon, harga coret, cashback dan lainnya.

Sempurnakan operasional bisnis

Harbolnas tentunya akan membuat order yang melonjak dan membuat tim akan sangat sibuk memprosesnya. Jika kondisi operasional tidak di sempurnakan, maka akan menimbulkan resiko human error seperti stok barang tidak sinkron, barang hilang, barang tidak terkirim, barang tidak sesuai pesanan dan lainnya. Para pengusaha perlu memahami dan menyempurnakan alur operasionanya mulai dari hulu hingga hilir agar tidak terjadi resiko tersebut.

Lakukan analisa penjualan

Analisa penjualan dilakukan untuk mengetahui produk apa yang paling diminati para pelanggan. Hasil analisa tersebut dapat memberikan gambaran mengenai stok barang apa yang perlu disiapkan lebih banyak.

Stok persediaan produk

Para pebisnis perlu memastikan ketersediaan produk yang akan ditawarkan saat Harbolnas 2021. Pastikan stok yang disediakan sesuai dengan apa yang ditawarkan oleh perusahaan saat promo Harbolnas 2021 berlangsung. Hal ini dilakukan untuk menghindari resiko stok habis saat berlagsungnya promo Harbolnas 2021.

Pengelolaan persediaan stok pastinya merupakan hal yang krusial bagi perusahaan. Apalagi di event Harbolnas 2021 saat ini, mengingat kondisi pandemi Covid-19 membuat masyarakat lebih banyak berbelanja online. Pastinya akan banyak masyarakat yang tergiur dengan promo-promo Harbolnas 2021.

Perusahaan harus melakukan pengelolaan persediaan stok dengan efektif , efisien dan menguntungkan untuk mempersiapkan Harbolnas 2021.

Beberapa keuntungan melakukan persediaan stok saat Harbolnas 2021, antara lain :

  • Mandapatkan keuntungan yang maksimal.
  • Meningkatkan review positif para pelanggan.
  • Meningkatkan kepercayaan pelanggan.
  • Memenuhi kebutuhan pelanggan sesuai dengan permintaan pasar.
  • Mempertahankan stabilitas perusahaan dan kelancaran bisnis.
  • Mengurangi resiko keterlambatan pengiriman

Baca juga: Bingung mencari supplier online yang pas, simak tips-tipsnya disini! 

Paper.id memberikan solusi untuk membantu para perusahaan dalam memenuhi stok barang saat event Halbolnas 2021. Paper.id menyediakan layanan PapeyPay Out dimana kamu bisa membayar tagihan supplier dengan kartu kredit tanpa perlu menggunakan mesin EDC.

Kamu bisa stok barang kamu untuk event Harbolnas dan bisa bayar belakangan. Paper.id juga memberikan cashback jika melakukan pembayaran kartu kredit via Tokopedia. Jadi, tunggu apalagi? Stok persediaan barang mu dengan menggunakan kartu kredit dan nikmati keuntungan sebesar-besarnya di Harbolnas 2021!

(Visited 124 times, 1 visits today)