Surat Penagihan- Sebagian besar dari Anda pasti mengenal surat tagihan sebagai surat hutang. Secara harfiah, surat tagihan adalah surat yang dikirimkan dari penjual kepada pembeli yang berisikan peringatan supaya pihak pembeli segera melunasi sisa pembayaran yang sudah jatuh tempo.

Banyak orang masih merasa kebingungan dalam membuat invoice. Pada artikel ini akan dibahas tuntas tips membuatnya. Sebelum kita membahas tentang tips membuatnya, terlebih dahulu kita harus mengetahui beberapa jenis surat tagihan, diantara lain:

Hitungan Surat I

Surat ini memuat isi yang masih sekedar mengingatkan pembeli dan memberikan kelonggaran dalam melunasi hutang atau sisa pembayaran dengan menggunakana bahasa yang sopan.

Surat II

Jenis ini berisikan peringatan dan sudah mulai mendesak pihak pembeli untuk segera melunasi dan tetap dalam bahasa yang sopan.

Hitungan Surat III

Terakhir, jenis ini mengingatkan secara tegas dan menyatakan bahwa apabila belum juga membayar atau melunasi sisa pembayaran alias hutang maka pihak penjual secara tegas akan melaporkan hal tersebut kepada pihak yang berwajib.

Tips Membuat Surat Penagihan

Berikut ini beberapa tips membuat tagihan, antara lain:

  1. Isi pokok surat agar pembeli segera melunasi sisa pembayaran
  2. Berikan bukti bahwa pihak pembeli belum melakukan pembayaran atau belum melunasi sisa pembayaran
  3. Hubungkan dengan surat pesanan, pengiraman barang dan invoice
  4. Jangan lupa, ingatkan tanggal jatuh tempo yang telah disepakati sudah lewat
  5. Sebutkan jumlah sisa pembayaran yang belum dilunasi
  6. Penutup surat berisikan harapan agar pihak pembeli dapat segera melakukan pembayran dalam batas waktu yang diberikan

Untuk Anda semakin mudah dalam membuat surat tagihan gunakan Paper.id – Software Invoice Tagihan #1 di Indonesia, memberikan Anda kemudahan dalam mengirim surat tagihan kepada pelanggan Anda. Paper.id memungkinkan Anda membuat surat tagihan tanpa kertas dan pulpen lagi. Langsung dari smartphone Anda.

Dengan Paper.id, Anda dapat menelusuri (tracking) semua tagihan dan penjualan Anda, terima pembayaran kartu kredit dan lihat laporan bisnis Anda secara lengkap dan otomatis. Cara penggunaan aplikasi invoice Paper.id ini sangat mudah. Anda tidak perlu membuka Ms. Excel atau Ms. Word lagi. Berikut ini langkah praktis dan cepat dalam membuat surat tagihan dengan aplikasi invoice Paper.id, antara lain:

  1. Masukan data pelanggan Anda dan keterangan lain yang perlu dimasukan serta infokan nomor rekening pembayaran
  2. Masukan tanggal jatuh temponya
  3. Klik tombol “Kirim”
  4. Menunggu notifikasi pembayaran di Paper.id (perlu diingat pembayaran di Paper.id ini bisa lewat bank atau kartu kredit atau yang terbaru dengan BNI Yap!)

Nah, demikinlah penjelasan singkat tentang tips membuat surat penagihan agar cepat lunas. Bagi Anda selaku pemilik usaha tidak perlu repot dan bingung dalam mengatasi pelanggan yang bandel belum melunasi sisa pembayarannnya. Anda cukup percayakan kepada kami. Paper.id akan membantu Anda dalam mengatasi pelanggan tersebut.