Waktu merupakan hal berharga yang dapat dikatakan senilai dengan uang, terutama bagi bisnis. Hal tersebut tentunya juga mempengaruhi teknologi yang semakin modern yang telah membuat proses pembayaran yang dulunya memakan waktu berhari-hari atau berminggu-minggu dapat dicapai dalam hitungan menit.

Namun, jika proses bisnismu tidak berjalan lancar, waktu bisa terbuang percuma, dan uang bisa hilang. Salah satu area utama di mana masalah sering muncul bagi perusahaan dari semua ukuran adalah dalam memilih opsi pembayaran B2B yang tepat yang mampu memenuhi kebutuhan bisnis modern. Nah berikut ini 5 masalah pembayaran bisnis yang paling umum didapati serta solusi praktis untuk mengatasinya. 

Baca Juga: 4 Alasan Alat Pembayaran Digital Belum Bisa Menggantikan Uang Kartal

Masalah-Masalah Pembayaran dalam Bisnis

Penundaan Pembayaran

Banyak kerugian dialami perusahaan yang terjadi karena keterlambatan pembayaran yang dilakukan oleh klien. Ketika ini terjadi, bisnis harus memutar otak untuk mendapatkan uang, membebankan biaya keterlambatan, dan, mungkin, bahkan berurusan dengan perselisihan mengenai jumlah yang terutang.

Terlepas dari hasil akhirnya, reputasi perusahaan tidak hanya akan terpukul, tetapi pendapatan finansial kamu juga akan turun. Lalu apa yang dapat kamu lakukan tentang masalah ini? Invoice digital adalah salah satu solusi mudah yang dapat dengan mudah diterapkan dan akan menghilangkan banyak masalah di atas.

Ini akan mengotomatiskan pengiriman faktur sambil memastikan bahwa orang yang tepat menerima dokumentasi yang tepat pada waktu yang tepat untuk menghindari kemungkinan kesalahpahaman atau alasan tentang dokumen yang hilang secara tidak sengaja melalui pos.

Opsi Pembayaran 

Sumber masalah utama lainnya dalam prosedur pembayaran B2B adalah metode pembayaran yang dapat dilakukan. Beberapa metode memakan waktu lebih lama daripada yang lain, dan jika satu-satunya pilihan yang dapat kamu terima adalah cek atau wesel, ini berarti kedua belah pihak akan menunggu selama beberapa hari sambil verifikasi yang diperlukan berlangsung.

Masalah lainnya adalah ketika satu-satunya opsi yang siap diterima oleh perusahaan kamu tidak cocok dengan metode pembayaran pilihan klien. Bagaimana kamu bisa menyelesaikan masalah ini?

Cara terbaik adalah dengan menggunakan solusi pemrosesan pembayaran pihak ketiga, seperti Apple Pay atau Android Pay, yang dapat menawarkan bisnis online yang nyaman dan memberi klien berbagai opsi pembayaran potensial dan kebebasan untuk melakukan pembayaran tersebut pada waktu dan lokasi pilihan mereka.

Masalah Seputar Keamanan

Jika bisnis kamu memilih layanan pembayaran berbasis web, maka yang harus mendapat perhatian yaitu bahwa klien sering khawatir akan kebutuhan keamanan yang tidak akan terpenuhi.

Ada banyak terjadi pelanggaran data yang dipublikasikan, sehingga tidak mengherankan jika klien menuntut untuk mengetahui bahwa informasi keuangan mereka akan aman dan terjamin. Solusinya adalah dengan memilih penyedia layanan pembayaran yang sepenuhnya mematuhi semua peraturan hal ini bertujuan untuk ketenangan pikiran kedua belah pihak.

Biaya Pembayaran

Satu masalah lebih lanjut yang dapat muncul dengan pembayaran B2B adalah biaya pemrosesan. Memproses cek kertas, misalnya, bisa menjadi sangat mahal, dan nilai yang buruk untuk bisnis yang sangat penting untuk meminimalkan pengeluaran.

Meskipun jika membuat pilihan yang salah dalam hal opsi pembayaran B2B dapat menjadi perangkap utama bagi bisnis apa pun, kabar baiknya adalah bahwa ada cara untuk menyelesaikan semua masalah di atas untuk memfasilitasi kelancaran pemrosesan pembayaran B2B dan meningkatkan arus kas secara eksponensial.

Oleh karena itu, memilih penyedia layanan pembayaran yang bekerja sama dengan jaringan bank yang mapan untuk menekan biaya pemrosesan untuk solusi yang lebih hemat biaya, adalah solusi terbaik untuk menghemat uang dan memfasilitasi pemrosesan yang terjangkau.

Nah untuk mengatasi itu semua dengan cepat, kamu bisa memilih platform pembayaran bisnis yang tepat seperti Paper.id. Dengan Paper.id kamu bisa menerima pembayaran dengan beragam metode pembayaran, selain itu biayanya pun lebih kecil, keamanannya pun sudah terjamin. Keren bukan? Yuk, coba pakai Paper.id dengan klik tombol dibawah ini!

Alfian Dimas