Banyak orang mengeluh akan sumber daya dalam berbisnis yang terbatas. Sebagian orang menganggap itu sebagai beban, sebagian yang lainnya menganggap itu sebagai tantangan yang menarik. Tidak dipungkiri dalam memulai bisnis memang membutuhkan sumber daya seperti modal.

Modal pun tidak sebatas uang, sumber daya manusia juga bagian dari “bensin” yang membuat bisnis Anda dapat terus maju. Dengan sumber daya manusia terbaik, bisnis Anda bisa berjalan lebih baik walau dengan modal yang tidak banyak.

Faktanya tidak semua pembisnis bisa memiliki sumber daya dalam berbisnis yang mendukung. Sering kali pebisnis fokus untuk mengejar apa yang belum ia miliki. Di sisi lain pebisnis dituntut untuk terus bergerak cepat, agar tidak kalah dari kompetitor.

Berikut kami paparkan solusi-solusi jitu untuk Anda yang memiliki keterbatasan sumber daya dalam memulai berbisnis baik dari modal ataupun sumber daya manusia.

KETERBATASAN MODAL

Keterbatasan Modal - Paper.id

Ini yang paling sering membuat calon pembisnis menyerah diawal. Sebenarnya untuk mendapat modal bisnis banyak caranya dan Anda pun bisa melakukannya. Bahkan Anda seharusnya sudah tahu cara memulai bisnis online dari nol.

Membuat Proposal

Membuat proposal adalah cara paling efektif untuk mendapat modal bisnis. Cara membuatnya pun tidak sesulit dahulu karena sudah banyak bertebaran contoh atau template proposal sesuai produk yang Anda jual. Yang perlu Anda lakukan adalah memulainya dan mencari lokasi yang berpotensi ramai.

Hal ini membuat pemberi bantuan bisa percaya dengan bisnis Anda. Setelah proposal jadi, Anda bisa mengajukan ke sebuah lembaga bisnis atau mengikuti perlombaan bisnis. Jika Anda gagal mendapat modal di satu tempat setidaknya blueprint bisnis Anda sudah ada sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir, modal akan segera datang.

Meminjam dari Keluarga atau Teman

Cara berikutnya dengan meminjam kepada keluarga atau teman Anda. Meminjam kepada keluarga adalah cara yang paling pertama yang bisa Anda lakukan sebelum meminjam kepada bank. Apabila meminjam kepada keluarga tidak membuahkan hasil, maka Anda bisa mencobanya dengan meminjam modal kepada teman Anda.

Mengajukan Kredit Pinjaman

Adapun cara lain yang biasa digunakan, dengan mengajukan pinjaman baik ke teman atau sodara atau ke bank. Yang mana pun sama saja, hanya cara mengajukan pinjaman ke bank sedikit agak rumit dan bunga yang memberatkan Anda.

Tapi Anda juga tidak perlu terlalu khawatir karena bank syari’ah bisa menjadi alternatif. Bila semua bank konvensional akan melakukan survei terlebih dahulu ke tempat bisnis yang hendak Anda jalankan. Namun bank syari’ah mau memberikan modal meski bisnis belum berjalan.

Menabung

Cara terakhir adalah cara yang tidak mempunyai resiko sama sekali yaitu menabung. Menabung adalah sebuah solusi untuk mendapat modal, karena modal yang digunakan adalah hasil jerih payah Anda yang dibangun sejak lama. Maka dari itu, cara ini menjadi solusi yang sangat aman mendapatkan modal tanpa resiko. Namun cara ini tentu memiliki kelemahan yaitu membutuhkan waktu yang lama. Sehingga untuk mendapatkan modal yang dibutuhkan harus bersabar.

KETERBATASAN SDM

Keterbatasan SDM - Paper.id

Selain modal, keterbatasan sumber daya manusia bukan masalah baru dalam memulai bisnis. Setiap pebisnis pernah mengalami keterbatasan sumber daya manusia. Berikut beberapa solusi yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi keterbatasan sumber daya manusia.

Pekerjakan Sistem Bagi Hasil

Cobalah untuk mulai merekrut orang baru namun terapkan sistem bagi hasil. Hal ini menjadi menarik karena mereka (karyawan baru Anda) dapat hasil maksimal jika mereka bekerja secara maksimal juga.

Gunakan Social Media

Jika Anda masih ragu untuk menambah karyawan baru, cobalah tools promosi gratis seperti social media. Daripada membuat website berbayar, lebih baik manfaatkan Instagram atau Facebook atau situs gratis lainnya yang bisa membantu mempromosikan bisnis Anda. Memang pada yang gratis terdapat kelemahan berupa keterbatasan fitur, namun Anda dapat menghemat biaya pengeluaran bisnis Anda.

Sediakan Layanan Self Service Sebagai Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Cara berikutnya. Jika Anda masih ragu juga untuk menambah karyawan baru, biarkan pelanggan Anda melayani dirinya sendiri. Ini jauh lebih murah dan tidak merugikan Anda.

Gunakan Karyawan Magang sebagai 

Cara terakhir, cara yang cukup baik untuk Anda yang ingin menghemat pengeluaran bisnis Anda. Tentu Anda bisa menghemat biaya bulanan dengan menggunakan tenaga karyawan penuh waktu.

Pada akhirnya, semua solusi atau cara yang ada Andalah yang menentukan. Tidak ada solusi yang buruk, hanya solusi tersebut berjalan atau tidak untuk bisnis Anda. Dari beberapa solusi diatas kami harapkan dapat mengatasi masalah sumber daya dalam berbisnis agar tahu cara memulai bisnis online dari nol. Terakhir yang tidak kalah penting, perencanaan terbaik adalah perencanaan yang dilakukan.

Daniel Nugraha