Semakin besarnya sebuah bisnis, membuat seorang pelaku usaha tidak bisa mengerjakannya sendirian. Oleh karena itu, mereka harus mencari pegawai baru untuk membantu menyelesaikan semua bisnisnya. Apabila terus berkembang hingga ke skala yang lebih besar, bukan tidak mungkin, Anda harus memiliki sebuah sistem kantor yang teratur, seperti pegawai, staff hingga bagian HRD.

Masalah baru muncul ketika Anda telah memiliki staff untuk mengembangkan usaha Anda, yakni bagaimana cara memberikan sistem penggajian karyawan yang efektif? biasanya, tugas ini memang diurus oleh HRD. Akan tetapi, sudah banyak cara mudah untuk membuat pembayaran gaji pegawai dengan lebih mudah, salah satunya adalah dengan sistem payroll.

Keberadaan sistem payroll sangat membantu untuk para HRD yang kebingungan mengurus tagihan gaji para pegawai. Sistem penggajian karyawan seperti ini juga meringankan HRD yang mempunyai banyak tugas lain, seperti merekap absensi, membuat SOP pegawai hingga mencari calon potensial pegawai baru.

Sistem Penggajian Karyawan: Apa itu payroll?

Payroll merupakan sebuah sistem penggajian karyawan yang mana tidak perlu menggunakan selembaran kertas lagi sebagai bukti transaksinya. Jadi, setiap pegawai bisa langsung mendapatkan gaji setiap bulannya, tergantung sebuah kebijakan perusahaan. Misalnya, jika Anda biasa membayar gaji setiap tanggal 25, sistem payroll dari bank akan secara otomatis mengirimkan tanpa ada penundaan waktu.

Keberadaan sistem ini memudahkan pihak HRD yang akan membutuhkan waktu lama apabila harus menghitungnya secara manual. Jika perusahaan Anda memiliki pegawai mencapai 100 orang, bayangkan seorang pegawai HRD harus menghitung gaji pokok, tunjangan, uang makan dll. Hal tersebut pasti akan memakan waktu yang lebih banyak dari biasanya. Dan yang lebih penting, waktu mereka juga tidak terbuang secara sia-sia.

Lebih lanjut, sebagian besar bank di Indonesia juga telah menerapkan sistem payroll jadi Anda bisa memilih manapun yang Anda inginkan. Tak perlu khawatir sebab setiap bank telah memiliki sistem yang akurat jadi mereka tidak mungkin salah memasukkan nominal angka.

Manfaat Penggunaan Payroll?

Ada beberapa alasan mengapa sistem payroll sudah marak digunakan saat ini, yaitu:

  1. Tidak perlu merekrut banyak HRD yang khusus menangani masalah keuangan dan gaji para pegawai. Sebab, sistem payroll lebih mudah. Jadi, perusahaan Anda cukup menggunakan satu atau dua orang pihak HRD saja dan selebihnya bisa mengurusi hal lain yang tidak kalah pentingnya.
  2. Sistem penggajian otomatis juga membuat para pegawai dapat menerima gajiannya tepat waktu. Bahkan, di beberapa bank, mereka bisa memajukan pembayaran gaji ketika tanggal jatuh tempo ada di hari libur.
  3. Pembayaran kasbon pegawai juga akan lebih mudah. Sebab, pihak HRD tinggal mengabarkan pihak bank yang terkait untuk memotong gajian seorang pegawai sehingga tidak ada keterlambatan pembayaran.
  4. Rekapitulasi penghitungan gaji sangat rapih. Uang yang diterima oleh seorang pegawai sudah otomatis terpotong dengan kewajiban mereka, seperti biaya asuransi, pajak dan lainnya.

Cadangan Penggajian Manual

Menggunakan sistem payroll bukan berarti akan terhindar dari kesalahan. Sebab, sistem bisa saja terjadi eror ataupun kesalahan yang mengakibatkan tertundanya pembayaran gaji para pegawai. Jika hal itu terjadi, pegawai HRD harus siap dalam membuat cadangan penggajian manual. Pembuatan melalui microsoft excel ataupun software gratis lainnya bisa menjadi kunci utama.

Sistem payroll memang sangat memudahkan seorang pelaku usaha untuk memberikan gaji kepada karyawannya karena akan terkirim secara otomatis. Akan tetapi, penggunaan sistem tersebut tentunya jika memiliki resiko tersendiri. Jadi, ada baiknya, Anda pastikan terlebih dahulu berapa banyak karyawan yang Anda punya dan apakah Anda sudah membutuhkan sistem tersebut atau belum?