Tidak perlu diragukan lagi jika ada transaksi yang terjadi di antara dua pihak berbeda negara. Misalnya, Paypal menjadi sistem pembayaran online yang sering digunakan, 179 juta orang di seluruh dunia sudah menggunakan sistem asal Amerika ini.

Namun, Paypal tidak sendiri. Ada banyak sistem pembayaran online yang sebenarnya juga memiliki sistem keamanan tidak perlu diragukan lagi. Akan tetapi, mereka saat ini masih berada di bawah Paypal. Lantas, apa saja online payment lainnya yang bisa kamu gunakan ketika melakukan transaksi via daring?

Di bawah ini, ada 5 rekomendasi sistem pembayaran lainnya yang tidak kalah bagus dari Paypal. Cocok buat kamu yang merupakan freelancer, pelaku bisnis UMKM hingga entrepreneur:

1. Due

Dijuluki sebagai innovative time-tracking dan invoicing tools, Due merupakan salah satu aplikasi pembayaran online yang bisa menjadi alternatif Paypal. Due bisa digunakan untuk membayar tagihan via kartu kredit maupun transfer bank dengan transaction rate hanya sebesar 2.7%. 

Selain itu, Due juga bisa digunakan sebagai dompet digital (e-wallet) apabila kamu enggan membawa banyak uang tunai ketika sedang bepergian. Tingkat keamanan Due tidak perlu diragukan karena mereka tersedia di puluhan negara di seluruh dunia.

Baca Juga: 10 Jenis Pembayaran Digital Hingga Manfaatnya Buat Bisnis

2. Skrill

Selain Due, Skrill juga bisa dikatakan sebagai alat transaksi online yang bagus untuk menggantikan Paypal. Sebab, Skrill berani menjamin penarikan dana yang cepat dari lebih dari 40 jenis mata uang di seluruh dunia saat ini. Jumlah ini akan terus bertambah setiap waktunya.

Sebelumnya, sudah dikatakan jika Skrill menjamin penarikan dana yang cepat. Menurut Ecommerce Platform, penarikan yang dilakukan oleh pengguna bakal terselesaikan dalam waktu 1 hari, bandingkan dengan Paypal yang membutuhkan waktu 2 hari. 

Skrill akan membebankan sejumlah dana ketika kamu mengirimkan uang kepada klien, sedangkan Paypal sebaliknya yaitu ketika sedang menerima dana dari klien. 

Baca Juga: Pengertian, Hingga Manfaat dari Sistem Pembayaran

3. Authorize.net

Kamu tidak bisa membicarakan mengenai sistem pembayaran online tanpa membawa Authorize.net. Sebab, perusahaan tersebut sudah berdiri sejak 1996 atau kurang lebih 23 tahun hingga tahun ini. Lebih dari itu, mereka sudah mendapatkan Achievement in Customer Excellence (ACE) dari 2008-2016, lho.

Satu hal yang membuat Authorize dipakai oleh banyak pengguna saat ini karena mereka sudah terintegrasi dengan fitur Apple Pay milik iPhone. Kerjasama tersebut membuat peningkatan signifikan di mana tidak semua sistem pembayaran online bisa melakukannya.

Sayangnya, kamu harus menggunakan biaya berlangganan untuk mengaktifkan Authorize yakni sebesar $25/bulannya, jika kamu mau fitur transaksi online yang gratis dan banyak direkomendasikan di Indonesia.

4. Apple Pay

Ratusan ribu orang telah menggunakan Apple Pay saat ini. Sistem pembayaran online telah merambah berbagai jenis bidang usaha, terutama di Food and Beverages (F&B). Sebagian besar merchant di dunia pasti memiliki Apple Pay untuk memudahkan transaksi mereka sehingga tidak perlu lagi menggunakan dompet.

Sayangnya, Apple Pay hanya bisa digunakan ketika kamu memiliki iPhone. Di Indonesia, penggunaan iPhone memang cukup banyak, namun tidak lebih besar dibandingkan dengan Android, seperti Samsung, Oppo, dll.

Kamu mau transaksi online dengan klien gratis tanpa biaya tambahan? Berarti, kamu harus menggunakan sistem pembayaran online terakhir ini!

PaperPay In

5. Paper.id

Usaha sedang berkembang tapi ragu buat transaksi melalui klien secara langsung? Kalo begitu, kamu bisa menggunakan Paper.id. Yup, Paper.id merupakan platform transaksi antara bisnis yang memungkinkan kamu dengan mudah bayar supplier, tagih dan terima pembayaran dari customer jadi lebih praktis.

Bagaimana tidak? di Paper.id segala macam sistem atau metode pembayaran tersedia, mulai dari transfer bank, kartu kredit, dompet digital, Virtual Account, QRIS, hingga marketplace. Jadi, kamu tidak perlu lagi repot-repot menyediakan satu per satu, langsung tersedia hanya dalam satu platform!

Tidak hanya itu, di Paper.id juga tersedia layanan pembuatan invoice digital secara pratis. Kamu bisa langsung buat, bubuhkan e-meterai, kirim, hingga pantau invoice secara real-time. Eits, kamu juga bisa kirim invoice tersebut baik via Email, WhatsApp, maupun SMS.

Makin penasaran dengan Paper.id? Makanya, yuk segera daftarkan bisnis kamu dan nikmati semua fitur yang tersedia dengan cara klik tombol pendaftaran di bawah ini secara gratis!

Daniel Nugraha