RAMALAN BILL GATES- Jika ditanya apa yang telah dilakukan oleh Bill Gates untuk mengubah dunia? Hampir semua orang sepakat jika ia merupakan pionir di balik perubahan teknologi. Apabila dia tidak menemukan sistem operasi komputer Windows, perkembangan dunia teknologi mungkin tidak akan menjadi lebih masif seperti saat ini.

Forbes mencatat Bill Gates sebagai orang terkaya ke dunia di dunia dengan total kekayaan mencapai 96,3 miliar dollar. Saat ini, ia hanya kalah dari Jeff Bezos, pemilik situs jual beli terbesar di dunia, Amazon. Dalam beberapa kesempatan, Gates juga sempat membuat buku dan Business @ The Speed of Thought: Using a Digital System, yang dirilis 1999, menjadi paling kontroversial.

Singkatnya, dalam buku tersebut terdapat kisah mengenai sisi humanisme manusia dan juga perkembangan teknologi yang semakin masif. 20 tahun berlalu, di dalam buku itu juga terdapat 15 ramalan Bill Gates mengenai dunia teknologi dan manusia. Beberapa di antaranya berhubungan dengan dunia bisnis yang menjadi kenyataan. Ramalan Bill Gates apa saja yang sudah mulai terlihat lumrah saat ini?

Baca Juga: Jalan Panjang Bos Amazon Sebagai Orang Terkaya di Dunia

Ramalan Bill Gates: Online Financial

Online Financial
Online Financial

Dalam buku yang dirilis pada tahun 1999 lalu, Bill Gates sempat memprediksi jika di masa depan semua konsultasi mengenai keuangan bisa dilakukan melalui internet. Selain itu, konsultasi dengan dokter menjadi lebih mudah dan sederhana. “Orang-orang akan membayar tagihan mereka melalui internet, dan berkomunikasi dengan dokter melalui dunia maya,” kutip Gates dalam bukunya tersebut.

Ramalan Bill Gates tersebut berhasil menjadi kenyataan. Saat ini, semua orang bisa membayarkan tagihannya dengan mudah tanpa harus datang lagi ke tempat pembayaran. Konsultasi dengan dokter spesialis juga bisa dilakukan melalui smartphone. Lebih lanjut, perusahaan peminjaman online juga mulai marak ditemui sehingga siapapun bisa mendapatkan dana lebih cepat dan tepat.

Pun dengan bisnismu, jika kamu membutuhkan pengelolaan bisnis yang cepat, kamu bisa menggunakan Paper.id. Apalagi, menggunakan Paper.id bisa dilakukan dengan cara yang mudah, yakni kamu tinggal daftar sekarang. GRATIS, hanya buat kamu pemilik usaha yang menyukai kemudahan dalam berbisnis.

 

Pertumbuhan Sosial Media

Aturan Pajak Ecommerce
Aturan Pajak Ecommerce

 “Website pribadi untuk teman-temanmu dan keluarga menjadi hal yang lumrah dan umum digunakan. Biasanya, hal itu digunakan untuk melakukan obrolan atau chatting dan juga mengadakan acara-acara,” prediksi selanjutnya dari Bill Gates mengenai tren teknologi dan bisnis.

Saat ini, ‘website pribadi’ tersebut dikenal sebagai sosial media dan juga aplikasi messengger online. Lebih lanjut, sosial media bahkan berkembang lebih besar dari yang dibayangkan. Bagaimana tidak, sosial media tidak hanya digunakan untuk berbagi kegiatan sehari-hari tetapi juga menjadi ladang yang sangat bagus untuk pemilik usaha yang ingin lebih memperkenalkan bisnisnya ke pasar yang lebih besar.

Baca Juga: Cara Berjualan Untuk Pemula Di Media Sosial Instagram

Iklan Online

Online Ads
Online Ads

Di tahun 1999, internet memang sudah ada namun belum bisa digunakan untuk mencari berbagai hal. Jadi, internet tidak termasuk ke dalam strategi seorang pemilik usaha untuk melakukan perkenalan produk atau biasa disebut sebagai ‘iklan’. Akan tetapi, apa yang dikatakan oleh Bill Gates berhasil mengubah cara pemilik usaha dalam memperkenalkan produknya ke masyarakat.

“Perangkat dalam komputer bisa digunakan untuk mengiklankan produk dengan lebih terprospek. Mereka bisa mengetahui produk-produk apa saja yang sedang menjadi tren atau booming. Pemasangan iklan secara online juga bisa ditargetkan sesuai dengan keinginan,” tulis Bill Gates.

Saat ini, prediksi mengenai iklan pintar tersebut sudah terjawan. Para pemilik usaha bisa saja memasarkan produknya dengan cara online melaluai Google Adwords, Facebook Ads, Instagram Ads dll. Selain itu, pemasangan iklan online juga lebih pintar karena bisa ditargetkan kepada behavior ataupun minat tertentu.

Penawaran Promosi

“Suatu saat nanti, sebuah software bisa digunakan untuk booking trip atau perjalanan ke destinasi tujuan. Selain itu, bisa juga untuk menginformasikan atau memberikan sugesti destinasi pilihan, termasuk juga dengan promosi seperti potongan harga, diskon atau juga cara-cara lainnya untuk mendapatkan penawaran promosi menarik,” tulis Bill Gates.

Prediksi dari Bill Gates mengenai hal ini juga sudah mulai menjadi kenyataan. Banyak sekali situs-situs online yang menjadi penyedia jasa travel online. Mulai dari, pariwisata, hotel, alat transportasi atau bahkan itinerary. Perjalanan juga semakin menyenangkan karena mereka kerap kali memberikan potongan harga dengan angka yang cukup besar.

Baca Juga: 5 Taktik Promosi Penjualan yang Terbukti Meningkatkan Profit Hingga 99%

Rekrutmen Online

Rekrutmen Online
Rekrutmen Online

Dalam menjalankan sebuah bisnis, pemilik usaha harus membutuhkan tenaga kerja yang terbaik. Kini, untuk mendapatkan SDM yang berkualitas sangatlah mudah sebab bisa ditemukan melalui laman-laman pencarian pekerjaan secara online. LinkedIn bisa dibilang sebagai salah satu yang terbesar di dunia. Namun, tahukah kamu kalo sistem rekrutmen online sudah diprediksi sebelumnya oleh Bill Gates?

“Perusahaan bisa memasang pekerjaan yang mereka inginkan, baik itu projek konstruksi bangunan, produksi film atau bahkan kampanye periklanan. Ini akan menjadi efisien apabila semua perusahaan besar tersebut bisa mencari pelamar tanpa harus bertemu tatap muka berkali-kali,” prediksi Bill Gates dalam bukunya.

Daniel Nugraha