Persediaan barang- Gudang adalah tempat yang ‘sakral’ bagi setiap pelaku usaha. Sebab, gudang merupakan tempat penyimpanan semua persediaan stok yang akan dijual kepada pelanggan. Jika tidak dikelola dengan baik, produk akan rusak dan keuntungan bisnisnya pastinya bakal berkurang, contohnya Walmart.

Perusahaan retail asal Amerika Serikat tersebut termasuk ke dalam 10 besar yang memiliki profit terbesar di dunia. Namun beberapa tahun lalu, mereka memiliki kendala, yakni stok mereka selalu habis (out of stock). Karena hal tersebut, Walmart harus merugi hingga jutaan dollar.

Stok di dalam gudang kamu dan catatan tidak sinkron? Jika iya, mungkin kamu tidak teliti dalam mencatat setiap produk yang keluar ataupun masuk ke dalam gudang. Mulai saat ini, ubah metode pencatatan manual stok opname ke cara baru. Gunakan software akuntansi gratis #1 di Indonesia, yaitu Paper.id. Klik disini buat langsung pakai gratis.

Salah satu faktor yang menyebabkan out of stock dalam bisnis adalah keteledoran dalam mengelola gudang. Biasanya, penyusutan persediaan barang (inventory shrinkage) menjadi masalahnya, mulai dari produk rusak, hilang ataupun tidak layak pakai. Lantas, bagaimana cara mengatasi penyusutan persediaan? Baca lebih lanjut di bawah ini!

Baca Juga: Tanpa Sadar, 3 Kesalahan Pengelolaan Stok Ini Pasti Dilakukan Pengusaha

Melatih Tanggung Jawab Karyawan

Pencurian Karyawan

Salah satu hal yang sering terjadi dalam sebuah gudang adalah pencurian. Namun umumnya, pencurian tersebut dilakukan oleh staf pegawai sendiri lantaran kurangnya tanggung jawab dari mereka. Itulah kenapa sangat sulit sekali bagi setiap perusahaan mempertahankan pegawainya yang bekerja di gudang. Selalu ada pergantian yang pastinya membutuhkan adaptasi ulang.

Lantas, bagaimana cara mengatasi tindakan pencurian tersebut? Satu-satunya jalan yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan mentoring ataupun pelatihan kepada setiap pegawai mengenai tanggung jawab dalam sebuah pekerjaan. Jika perlu, berikan pengetahuan kepada mereka tentang semua hukuman yang bisa dikenakan apabila ketahuan melakukan pencurian.

Pemasangan CCTV

Pencurian oleh pelanggan

Penyusutan persediaan bukan hanya terjadi di dalam gudang. Hal tersebut juga bisa terjadi di dalam toko jualan. Misalnya dalam sebuah toko baju, ada saja pelanggan iseng yang mencoba melakukan pencurian. Aksi ini adalah hal yang lazim terlebih lagi ketika sedang mengadakan diskon besar-besaran.

Agar terhindar dari hal ini, sebuah toko bisa memasang kamera pemantau (CCTV) pada sudut-sudut yang minim penerangan ataupun juga sudut pandang. Sebab, biasanya pelanggan ‘iseng’ akan selalu mencari kesempatan dalam sebuah momen-momen yang tidak terduga.

Fyi, pencurian yang dilakukan oleh pelanggan ternyata terdaftar sebagai masalah tertinggi dalam sebuah penyusutan persediaan stok dengan persentase 35.7% baru diikuti pencurian dari pihak karyawan dengan 33% dan terakhir adalah kesalahan pencatatan yang dilakukan oleh pegawai bagian administrasi.

Penggunaan Software Akuntansi Khusus Inventory

Pengelolaan Stok Produk

Masalah terakhir yang biasanya membuat penyusutan persediaan adalah kesalahan atau error dalam melakukan pencatatan seluruh produk di gudang. Dibandingkan dengan dua masalah sebelumnya, kesalahan pencatatan memang menjadi hal yang dibilang tidak terlalu darurat. Namun tetap saja akan mempengaruhi laporan di dalam pembukuan nantinya.

Cara terbaik dalam mengatasi kesalahan pencatatan adalah dengan mengubah pencatatan yang sebelumnya manual menjadi otomatis dengan menggunakan software akuntansi khusus inventory. Apabila kamu mencari software akuntansi gratis yang bisa diandalkan, kamu bisa menggunakan Paper.id. Cari tahu lebih lanjut dengan gabung saat ini juga!

Sebenarnya, masih ada banyak sekali masalah-masalah utama yang menyebabkan penyusutan persediaan barang dagang. Namun masalah yang paling sering terjadi adalah pencurian dan juga kesalahan pencatatan. Jika kamu pernah mengalami hal ini, silahkan bagikan pengalaman kamu dengan tulis di kolom komentar.

Baca Juga: 3 Cara Mengatasi Stok Barang Tidak Laku Tapi Menumpuk di Gudang

Daniel Nugraha