Pembukuan keuangan menjadi salah satu elemen penting yang perlu dilakukan sejak awal bagi semua badan usaha tidak terkecuali, bisnis modal kecil. Dengan melakukannya, bisnis kamu akan terhindar dari masalah.

Sayangnya, hal ini masih diabaikan oleh sejumlah pelaku usaha berskala kecil, padahal hal ini penting untuk dilakukan. Para pebisnis masih fokus hanya untuk mencari keuntungan. Lewat laporan keuangan tersebut, kita bisa melihat apakah bisnis yang kita punya sudah berjalan dengan baik atau tidak.

Pembukuan dilakukan lewat sebuah proses pengumpulan data dan informasi yang berhubungan dengan banyak faktor akan keuangan kita seperti, penghasilan, biaya, kewajiban, modal, dan sebagainya. Setelah semuanya selesai dikumpulkan, data-data tersebut dirangkum kedalam sebuah laporan keuangan.

Baca juga: 5 Cara Mengatur Keuangan untuk Bisnis Modal Kecil

Kenapa pembukuan keuangan sangat penting untuk bisnis modal kecil?

pembukuan-keuangan
Pembukuan keuangan yang baik dapat membantu bisnis modal kecil untuk berkembang

Dengan melakukan pembukuan, sebuah perusahaan bisa berjalan dengan baik termasuk usaha yang masih kecil. Penting bagi para pelaku bisnis kecil untuk melakukan hal tersebut agar bisnis mereka semakin berkembang dan menjadi besar. Selain itu, ada fungsi lainnya yang harus diketahui mengenai alasan kenapa kamu harus melakukan pembukuan keuangan dan berikut alasannya.

  1. Mengetahui keadaan bisnis kamu
    Seperti yang disebutkan diatas, pembukuan sangat penting untuk mengetahui apakah bisnismu berjalan dengan sehat atau tidak. Untuk itu, kamu bisa mengeceknya lewat hasil yang sudah didapatkan, apakah rugi atau untung? Jika untung, maka kamu bisa mengembangkan langkah bisnismu agar bisa berkembang. Jika tidak, maka kamu bisa mencari penyebab kenapa usahamu rugi dan mengatasinya.
  2. Menghindari adanya kesalahan saat melaporkan pajak
    Sebagai seorang pengusaha yang baik, kamu pastinya harus melaporkan pajak usaha kamu. Untuk memberikan laporan yang akurat, pembukuan harus dilakukan agar kamu bisa melaporkan pajak usaha kamu dengan benar. Kesalahan ini masih sering dilakukan sehingga, kamu perlu berhati-hati dalam membuat laporan keuangan. Ada baiknya pembukuan dilakukan sejak awal usaha kamu berdiri agar dapat mencatat setiap data yang ada sehingga, setiap hal yang sudah dilakukan tercatat dalam laporan tersebut.
  3. Analisa perkembangan bisnis
    Sebelum membuat langkah baru untuk mengembangkan bisnis, kamu bisa melihat laporan keuanganmu terlebih dulu. Disitu, kamu bisa melihat sektor apa saja yang menguntungkan dan bisa kamu kembangkan. Selain itu, kamu juga bisa mengurangi pengeluaran di salah satu sektor yang menurutmu terlalu besar. Tentunya, hal ini membantu kamu untuk melakukan pengeluaran lebih efektif. Karena itu, pastikan untuk melakukan pembukuan dengan baik agar kamu bisa melihat mana saja yang perlu kamu kembangkan dan juga kurangi.

Hal-hal yang harus disiapkan untuk pembukuan

Pembukuan-keuangan
Banyak hal yang perlu dipersiapkan dalam membuat sebuah laporan keuangan yang baik

Penting sekali untuk melakukan pembukuan sejak awal sehingga, keuangan bisnis kamu akan terpantau terus. Untuk itu, ada hal-hal yang harus diperhatikan saat membuat laporan keuangan untuk bisnis kamu.

  1. Catatan pengeluaran dan pemasukan
    Pengeluaran dan pemasukan menjadi 2 hal penting dalam sebuah perusahaan. Karena itu, penting bagi kalian untuk mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran sejak awal perusahaan kalian berdiri. Untuk pengeluaran, kamu perlu mencatat setiap pengeluaran yang dilakukan dari modal yang kamu miliki. Selain itu, pastikan juga untuk mencatat pemasukan yang kalian dapatkan dari keuntungan Anda.
  2. Catatan barang masuk dan keluar
    Selain keuangan, kamu juga perlu melihat barang masuk dan keluar. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kecurangan dari supplier atau pegawai kamu. Untuk itu, pengecekan barang perlu dilakukan secara berkala agar kalian tahu jumlah barang yang ada didalam perusahaan kamu. Hal ini juga berhubungan dengan pendapatan yang kamu miliki. Jika jumlah pendapatan yang dimiliki sama dengan jumlah barang yang keluar maka, keuangan kamu stabil dan tidak ada kesalahan sama sekali. Jika terjadi kesalahan, kamu bisa melihat hal yang salah pada stok barang yang dimiliki.

Baca juga: 3 jenis aset dalam bisnis yang belum diketahui penguasa

Gunakan software akuntansi untuk pembukuan lebih mudah

Jika kamu merasa kesulitan dalam melakukan pembukuan, kamu bisa menggunakan software akuntansi yang dapat membantumu dalam membuat laporan keuangan. Dewasa ini, ada berbagai macam software akuntansi yang ada dengan fitur-fitur yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika kamu ingin mendapatkan software dengan berbagai macam fitur yang bagus serta gratis, kamu bisa menggunakan software dari Paper. Rasakan kemudahan dalam membuat invoice, laporan keuangan dan hal lainnya dengan mengunjungi tautan dibawah ini.