Peluang usaha yang menjanjikan biasanya datang dari dua hal, yakni mimpi dan juga keresahan. Kurang lebih sepuluh tahun yang lalu, ada seorang pria lulusan Harvard Business School yang mampu membuat sebuah bisnis berdasarkan kedua alasan tersebut. Pria, berusia 34 tahun, itu melihat kemacetan yang terlalu parah untuk ditanggulangi sehingga ia menciptakan online sharing.

Jika kalian berpikir jawabannya Gojek, kalian benar. Nadiem Makariem bisa membuat peluang usaha yang menjanjikan dengan cara membaca situasi perkembangan sosial di Indonesia. Namun, ia membutuhkan waktu bertahun-tahun hingga Gojek bisa berstatus Unicorn dan melakukan ekspansi pasar ke wilayah Asia Tenggara, seperti Vietnam dan Thailand.

Nadiem bisa mengubah mimpinya menjadi sebuah usaha yang mampu menghasilkan pundi-pundi uang yang besar. Kamu juga dapat melakukan hal yang sama dengan cara melihat tren apa saja yang sedang berkembang di pasaran saat ini. Di bawah ini, terdapat 5 peluang usaha yang bisa kamu implementasikan saat ini juga dan berpotensi meraih cuan miliaran rupiah.

Baca Juga: 3 Perusahaan Startup Bangkrut Padahal Berstatus Unicorn

Usaha yang Menjanjikan: Fashion

Fashion
Fashion

Jika kamu bertanya-tanya usaha yang masih dan akan terus berkembang dengan pesat, jawabannya adalah fashion. Sama seperti usaha makanan, bisnis ini memang tidak akan lekang oleh waktu. Di dalam riset yang dilakukan oleh Oberlo, ada dua jenis baju yang akan menjadi tren pada tahun ini, yakni Athleisure dan juga Streetwear. Apa perbedaan dari keduanya?

Athleisure merupakan sebuah fashion untuk berolahraga atau workout namun juga didesain untuk acara lainnya, seperti bekerja ataupun ‘nongkrong’ bersama dengan teman-teman. Sejak tahun 2014 hingga akhir tahun 2022, profit dari athleisure diperkirakan bisa mencapai 215 triliun dollar. Di Indonesia sendiri, belum banyak yang mencoba tren fashion ini. Tertarik untuk mencoba?

Selain athleisure, streetwear menjadi fashion trends selanjutnya yang harus Anda coba geluti. Facebook ads mencatat jika penjualan produk berjenis casual ini terus bertumbuh 5% setiap tahunnya. Terlebih lagi, jenis fashion ini memang populer dan tengah digandrungi anak muda sehingga Anda tidak perlu lagi mencari pangsa pasar baru, seperti misalnya athleisure yang masih jarang di Indonesia.

Beard Oil

Beard Oil
Beard Oil

Dalam 10 tahun terakhir, stereotype cowok keren itu adalah memiliki badan bagus dan juga janggut yang lebat. Oleh karena itu, saat ini, semakin banyak berkembangnya toko-toko yang menjual minyak penumbuh janggut dan juga kumis. Di Amerika sendiri, lebih dari 39% warga pria memilih untuk menumbuhkan rambutnya di bagian bawah mulut untuk menarik perhatian wanita.

Di Indonesia sendiri, tren memiliki janggut lebat juga menjadi ‘andalan’ dalam beberapa tahun terakhir. Tak ayal, permintaan konsumen juga semakin meningkat sehingga banyak produsen mengaku kewalahan untuk melayani besarnya antusiasme mereka. Anda juga bisa mulai terjun ke dalam bisnis yang menggiurkan tersebut.

Bagaimana caranya? Anda bisa memulai bisnis dengan menjadi reseller ataupun dropshipper dari produk yang terkemuka. Gunakan sosial media untuk memasarkannya karena disana Anda bisa mendapatkan pelanggan dari berbagai tempat berbeda.

Wordsmith

Copywriter
Copywriter

Pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Wordsmith menjadi salah satunya karena hanya mereka yang suka menulis bisa menghasilkan uang dari jenis usaha ini. Ada banyak channel yang bisa digunakan apabila Anda ingin menjadi wordsmith, mulai dari membuat blog sendiri ataupun menyediakan jasa menulis iklan atau bisa disebut sebagai advertorial.

Sudah banyak orang yang sukses memulai usaha menjadi seorang wordsmith bahkan ada yang bisa membuat agensi sendiri. Tak main-main, untung yang bisa didapatkan bisa mencapai ratusan juta rupiah atau bahkan miliaran apabila bisnis yang Anda geluti tersebut ditekuni secara maksimal.

Pet Care

Pet Care
Pet Care

Jika Anda mencari keyword ‘pet care’ di Google, tingkat pertumbuhan usaha jasa penitipan hewan tersebut sangatlah besar. Hal itu berbanding lurus dengan sedikitnya pebisnis yang bermain di ruang lingkup hewan. Padahal, saat ini, memiliki hewan peliharaan sudah menjadi lifestyle atau gaya hidup masyarakat perkotaan.

Banyak yang mengira jika usaha jenis ini tidaklah menjanjikan padahal sudah banyak tempat penitipan hewan yang juga membuat akun Youtube dan mencari uang melalui monetize video di akun berbagi terbesar di dunia tersebut. Jadi, mereka tidak hanya berfokus ke dalam ‘satu lubang’ untuk mencari uang. Niche atau pencari kata keyword ini juga cukup besar.

Ariel Hamilton menjadi salah satu yang cukup sukses. Di dalam video youtube berjudul “15 Life Hacks for Dog Owners! Pet Care Tips + Tricks” ia mampu menggaet hingga 1 juta viewers masuk dan menonton video unggahannya tersebut. Dengan kata lain, peluang bisnis peliharaan hewan masih cukup populer dan menjanjikan untuk Anda kelola. Kamu suka hewan, kenapa gak buat Pet Care sekarang?

Food Truck

Food Truck
Food Truck

Usaha yang menjanjikan terakhir adalah Food Truck. Siapa sangka dalam beberapa tahun terakhir, tren estetika memang mulai menggeser rasa sebuah makanan. Bagi sebagian orang, tempat yang nyaman atau comfy dan juga makanan yang instagramable lebih penting dan rasa. Karena hal itu pula, permintaan akan adanya food truck pun meningkat sangat pesat.

Statista mencatat jika industri restoran berjalan ini terus berkembang setiap tahunnya. Di indonesia sendiri, ada beberapa event tahunan yang bisa diikuti para pemilik food truck. Jadi, Anda siap untuk berinvestasi di bisnis yang sedang digandrungi anak muda ini?

Baca Juga: 5 Ramalan Bill Gates Tentang Dunia Bisnis dan Teknologi yang Jadi Kenyataan

Daniel Nugraha