Tidak semua orang bisa beruntung mendapatkan peluang bisnis dalam hidupnya. Kebanyakan dari mereka, hanya berharap peluang bisnis itu datang tanpa mencoba apapun. Yang paling sedih dalam hidup bukanlah mereka yang gagal tetapi mereka yang tidak pernah mencoba apapun.

Ketika saya menulis pemikiran ini, bukan berarti saya termasuk orang yang beruntung dengan segala kemudahan. Beberapa minggu yang lalu, saya bercerita kepada teman saya,“gua mau mulai berjualan online” teman saya bertanya “mau jualan apa emangnya?” , ”Furniture” jawab cepat saya. Teman saya pun menjelaskan ada dua tipe jualan online (secara garis besar). Fast Cash dan “Produk Yang Mau Lo Jual” begitu dia memberikan nama untuk kedua tipe.

Fast Cash adalah menjual produk-produk yang gampang terjual sehingga pemasukan (cash) bisa lebih cepat (fast) untuk didapat. Berbeda dengan Produk Yang Mau Lo Jual, Fast Cash paling disukai oleh penjual pemula. Tidak sulit menemukan produk-produk Fast Cash karena setiap marketplace selalu menampilkan produk-produk yang sedang trend dan banyak dibeli orang. Contohnya produk Fast Cash yaitu make up wanita, pakaian wanita, sampai sepatu running.

Teman saya pun menyarankan saya untuk menjual produk Fast Cash, melihat saya yang masih berstatus karyawan juga, akan banyak waktu saya tersita di dalam pekerjaan kantor. Dan benar, sampai tulisan ini selesai saya juga belum memulai bisnis hehe

Jika ditanya kenapa saya belum memulai berjualan? Semua lebih kepada saya saja yang tidak pernah memulai. Jam kantor hanya menyita 9 dari 24 jam yang telah diberikan oleh Tuhan. Jika berbicara faktanya, betapa mudahnya saat ini (saat era teknologi dan startup keren seperti Paper.id berjamuran) untuk mendapat penghasilan tanpa harus menjadi pegawai kantoran dulu.

Terkadang itulah yang membuat saya bahagia. Betapa banyak orang yang terbantu dengan teknologi. Dengan teknologi semua orang bisa berbisnis. Dulu banyak orang merasa bingung “kemana saya harus mempromosikan produk saya?” , “bagaimana orang luar negeri bisa membayar produk saya?”bagaimana mengurus pembukuan secara cepat?” Dengan teknologi, permasalahan-permasalahan seperti diatas dapat lebih mudah terselesaikan.

Lalu apa yang membuat kita tidak memulainya?

Dulu saya pernah mendengar sebuah quote “peluang setiap saat bisa datang kepada Anda, hanya seberapa Anda sadar peluang itu datang dan seberapa siap Anda mengambil peluang tsb?” Cukup masuk akal, sebagus apapun peluang bisnis yang mendatangi Anda namun jika Anda belum siap mengambil peluang itu sama saja sia-sia bukan? Karena Anda tidak siap menyambutnya.

Maka bukan peluang bisnis yang membuat orang sukses, tapi seberapa kesiapan Anda memiliki peluang itu. Peluang selalu datang dan terkadang memang kita tidak pernah tahu namun jika Anda siap, apapun jenis peluang itu akan menyukseskan Anda. Sekali lagi, siapkan diri Anda.

Alfian Dimas