Sebagai seorang pelaku usaha, kamu pasti melakukan banyak transaksi yang membutuhkan bukti pembayaran seperti nota pembelian. Biasanya, kamu membutuhkannya saat melakukan transaksi pembelian untuk keperluan usaha kamu atau hal lainnya.

Bagi sebagian orang, nota dianggap tidak penting dan kerap dihilangkan atau dibuang. Namun, hal itu dianggap beda oleh para pengusaha. Pengusaha melihatnya sebagai data yang bisa memperkuat laporan keuangan mereka.

Untuk itu, setiap orang diharapkan bisa menyimpan barang bukti yang telah mereka terima setelah melakukan transaksi. Dalam setiap jenis usaha, bukti transaksi memang sangat penting termasuk UKM. Seberapa penting nota pembelian untuk laporan keuangan UKM?

Baca juga: Contoh nota sederhana untuk perusahaan yang mudah dibuat

Peranan nota pembelian dalam laporan keuangan UKM

Sebelum membahas lebih jauh soal nota pembelian, ada baiknya kita mengetahui definisi dari nota pembelian itu sendiri. Nota pembelian adalah bukti transaksi pembelian yang dilakukan secara tunai.

Bukti pembayaran ini diberikan penjual kepada pembeli. Transaksi bisa terjadi antar orang, perusahaan atau pihak lainnya. Setelah transaksi usai, pihak penjual biasanya akan memberikan nota. Nota terdiri dari 2 atau 3 lembar. Satu lembar akan diberikan kepada pembeli dan yang satu lagi akan disimpan oleh penjual untuk keperluan data laporan keuangan.

Nota akan menjadi bukti penguat dari transaksi yang akan dicatat pada laporan keuangan. Karena itu, setiap pengusaha perlu menyimpan bukti tersebut sebagai data. Jika tidak disimpan, mereka bisa kesulitan dalam membuat laporan keuangan.

Bukti transaksi memiliki peranan yang penting bagi laporan keuangan UKM termasuk nota pembelian. Merujuk pada prinsip konservatisme (Watts, 2003) prinsip kehati-hatian menjadi hal penting yang dijunjung dalam pembuatan laporan keuangan. Karena itu, nota pembelian tidak dapat dipisahkan karena berfungsi sebagai data yang memberikan informasi akan terjadinya sebuah transaksi.

Baca juga: Paper Story: Shoeporter.id, jasa cuci sepatu buat para sneakerhead

Fungsi nota pembelian bagi laporan keuangan UKM

Pentingnya nota untuk pembuatan laporan keuangan mengharuskan setiap orang untuk menyimpan nota yang mereka miliki. Ada beragam fungsi yang bisa dirasakan oleh para pelaku UKM jika mereka menyimpan nota dan berikut manfaatnya:

  1. Dalam ilmu akuntansi, transaksi tidak akan dianggap valid jika tidak ada bukti transaksi yang cukup jelas. Karena itu, biasakan meminta bukti pembayaran seperti kwitansi, faktur, nota pembelian atau penjualan untuk setiap transaksi yang terjadi. Semua transaksi baik bernilai kecil maupun besar harus memiliki nota sebagai bukti pembayaran agar pencatatan laporan keuangan bisa berjalan lancar.
  2. Bukti keuangan juga dapat membantu pengusaha saat menghadapi auditor keuangan. Bukti transaksi dapat berperan sebagai koreksi untuk mencocokkan antara transaksi yang terjadi serta bukti transaksi yang ada. Hal ini terjadi saat pengusaha hendak mencari investor untuk menyuntik dana.
  3. Terakhir, bukti transaksi tentunya dibutuhkan setiap saat. Jika sewaktu-waktu dibutuhkan, kamu bisa langsung memberikannya dengan cepat sehingga, semua proses pekerjaan bisa berjalan dengan cepat dan mudah.

Mengingat pentingnya nota pembelian dan bukti pembayaran lainnya, setiap pengusaha harus memastikan agar mereka memiliki bukti transaksi dari setiap transaksi yang terjadi. Dengan begitu, proses pembuatan laporan keuangan bisa berjalan dengan mudah dan lancar.

Kemudahan membuat nota pembelian dengan software Paper.id

Ingin membuat nota pembelian lebih mudah, cepat dan praktis? Kamu bisa menggunakan software akuntansi dari Paper.id! Paper.id merupakan software invoice yang mudah digunakan semua orang termasuk orang yang tidak paham akuntansi.

Dengan software ini, kamu bisa membuat nota dengan mudah. Selain nota, ada fitur lainnya yang tersedia seperti, arus kas, kwitansi, stock opname, dan fitur lainnya. Untuk membuat nota pembelian di software ini, kamu bisa mendaftarkan diri kamu lewat link berikut ini.

Setelah itu, masuk ke bagian invoice pembelian dan masukkan data pelanggan dan lainnya. Setelah selesai, kamu bisa langsung mengirimkan invoice yang kamu buat kepada pelanggan kamu via Email atau Whatsapp.

Nota pembelian

Semuanya terasa mudah dengan Paper.id! Ayo gunakan sekarang dan pilih versinya sesuai dengan kebutuhan (PC/Android)

Daniel Nugraha