Tips Penting untuk Menagih Pembayaran Ke Klien

Sebagai pebisnis, Anda harus menyadari dampak negatif dari keterlambatan pembayaran dan cara mengatasinya. Jika tidak, baca saja fakta berikut:

Menurut beberapa penelitian, 79% perusahaan dipaksa untuk berinvestasi lebih banyak dalam mengejar faktur, 48% bisnis tidak dapat membayar pemasok mereka tepat waktu, dan 30% perusahaan meminjam kepada bank. Dan, 10% organisasi bisnis berada dalam posisi yang sangat buruk untuk menolak bisnis baru.

Jadi, pengingat atau biasa yang disebut dengan jatuh tempo  untuk melakukan pembayaran bukanlah satu-satunya senjata yang Anda butuhkan untuk memenangkan perang melawan arus kas Anda yang buruk, tetapi ada juga strategi lain untuk diperhatikan dan diterapkan.

Baca juga: 5 cara menagih hutang ke customer

Untuk membantu Anda mengatasi masalah keterlambatan pembayaran faktur, kami telah memberi Anda beberapa tips. Tips ini akan mengatur arus kas bisnis Anda pada posisi yang ideal dengan membantu Anda menerima pembayaran tepat waktu.

Berikut adalah 4 tips untuk mendapatkan bayaran tepat waktu

Pengingat atau pemberitahuan untuk Pembayaran

Sangat penting bagi Anda untuk menentukan jatuh tempo pembayaran  untuk setiap klien Anda. Tindak lanjut Anda harus dalam bentuk pengingat secara baik untuk pembayaran. Anda hanya perlu menyetel pengingat ini tepat satu hari sebelum tanggal jatuh tempo faktur dan mengirimkannya ke klien Anda. 

Untuk ini, Anda perlu mengandalkan sistem perangkat lunak invoice online canggih seperti Paper.id.  Paper.id dapat mengatur pengingat otomatis untuk memungkinkan klien Anda mengetahui pembayaran mereka sebelum hari pembayaran, yang akan membuat mereka membayar tepat waktu.

Menyediakan Klien dengan Beberapa Metode Pembayaran

Semakin sedikit metode pembayaran yang dimiliki klien Anda, semakin sulit bagi mereka untuk membayar Anda. Oleh karena itu, Anda harus menyediakan beberapa metode pembayaran kepada klien Anda sehingga Anda dapat menerima pembayaran secara online dengan mudah.

Paper.id, perangkat lunak menguasai bidang pembayaran karena memberikan lebih dari satu metode pembayaran, yang memungkinkan klien untuk memilih satu sesuai kenyamanan mereka untuk melakukan pembayaran.

Dengan cara ini, peluang Anda untuk menerima pembayaran dari klien Anda akan meningkat, dan Anda dapat memiliki arus kas yang berkembang dengan melakukan pembayaran invoice online secara teratur.

Menggunakan perangkat lunak invoice seperti Paper.id juga merupakan cara terbaik untuk melacak pembayaran klien.

Baca juga: Contoh surat penagihan invoice untuk pelanggan

Memberikan Diskon dan Biaya Keterlambatan

Pengingat / Pemberitahuan yang baik untuk pembayaran dapat digunakan sebaik-baiknya saat Anda menggunakannya untuk menarik pelanggan agar membayar tepat waktu dengan diskon dan penawaran yang menarik jika pembayaran dilakukan lebih awal dari jatuh tempo.

Di sisi lain, jika Anda mengingatkan klien Anda tentang biaya keterlambatan dan biaya tambahan jika mereka tidak membayar  tepat waktu akan menghasilkan keajaiban bagi bisnis Anda. Tawaran yang menggiurkan dan peringatan biaya keterlambatan pembayaran dapat memainkan peran besar dalam meningkatkan arus kas bisnis Anda, karena keduanya akan memaksa klien Anda untuk melakukan pembayaran tepat waktu.

Jangan lupa menyebutkan Persyaratan dan Ketentuan

Hubungan Anda dengan klien Anda harus menentukan kebijakan pembayaran dan syarat & ketentuan yang harus dimiliki dengan mereka. Penambahan syarat dan ketentuan tersebut ke faktur Anda adalah bijaksana. Ini akan membantu Anda terlihat profesional, dan mereka akan menangani tagihan Anda dengan lebih serius dan membayar Anda tanpa penundaan. Jangan lupa untuk menghilangkan bahasa ambigu yang dapat menimbulkan konflik atau kebingungan di kemudian hari.

Ingatlah bahwa perangkat lunak penagihan online canggih modern seperti Paper.id tidak hanya dapat membantu Anda menerima pembayaran online tepat waktu dengan secara otomatis mengirimkan pengingat rutin ke setiap klien.

Tetapi hal ini juga akan memberitahu Anda catatan pembayaran klien Anda, sehingga memungkinkan Anda memberikan diskon dan penawaran yang menggiurkan sebagai sesuai kemampuan mereka. Hal ini juga berakibat positif bagi keseimbangan arus kas Anda. 

(Visited 82 times, 1 visits today)