Bisnis startup sedang meroket belakangan ini dan mungkin akan berlanjut di masa mendatang. Coba sebut saja satu startup yang sedang naik daun. Siapa yang tidak mengenal Gojek? Atau Tokopedia? Salah satu startup yang berhasil Go International. Atau Anda tau Paper.id? Sebuah software yang memudahkan pelaku UMKM dalam membuat invoice lebih cepat.

Kesuksesan startup-startup tidak datang hanya dalam satu malam. Melalui banyak trial and error, pembelajaran dan mungkin sedikit bumbu keberuntungan, sebuah startup bisa melebarkan sayapnya.

Bergerak di industri digital, hambatan dan masalah dari dunia nyata tetap tak dapat terhindarkan. Oleh karena itu, perlu dibangun sebuah prinsip sampai kultur perusahaan yang cocok. Demi tercapainya kesuksesan bisnis startup Anda, cara-cara dibawah ini dapat menjadi acuan.

Baca juga : Buat Ratusan Invoice di Paper.id, Cukup 5 Menit!

Keefektifan yang Kreatif

Bagaimana cara menciptakan keefektifan yang kreatif? Satu-satunya dengan memberi tantangan kepada diri Anda. Dalam mengerjakan tiap tugas, tanyakan diri Anda dan tim Anda “Bagaimana caranya saya melakukan ini dengan lebih efektif?” Karena itu, jangan puas begitu saja. Malah, Anda seharusnya mendorong tim untuk selalu menemukan solusi. Bahkan jika solusi sulit ditemukan, selalu tegas dan tentukan timeline yang menantang.

Membuat Invoice

Img by unsplash.com

Bantu juga tim Anda dalam menyelesaikan masalah, memfasilitasi diskusi dan membawa sumber daya ke perusahaan. Pastikan komunikasikan semangat pantang menyerah kepada tim Anda. Dengan begitu, mereka punya bekal untuk berpikir kritis dan menemukan solusi yang efektif dan kreatif.

Profesionalisme Tinggi

Bisnis startup memang gesit, enerjik dan menyenangkan. Tapi, jangan menyangkal kemampuan startup untuk bertindak profesional. Pemimpin yang efektif menunjukkan perhatian yang sangat teliti terhadap detail.

Sifat tersebut biasa diterapkan dalam merangkum hasil meeting, mengirim email follow-up dan mengatur agenda. Mereka selalu tepat waktu, melakukan double-check spelling sampai mengelola agenda dengan pertemuan bernilai tinggi.

Struktur, struktur, struktur

Terkadang sebuah startup menyelam dalam ketidakpastian. Bahkan tidak jarang terhantam ombak kekacauan. Kemampuan untuk membuat sesuatu terstruktur disaat situasi yang kacau adalah inti dari manajemen yang sukses. Walaupun Anda tidak selalu memiliki jawaban, Anda memiliki tanggung jawab tertentu.

Seperti contohnya membuat perintah, komunikasi secara efektif dengan internal maupun eksternal, membantumu menyusun susunan pekerjaan.

Membuat Invoice Efektif

Dalam sebuah startup, transaksi dengan klien ataupun customer menjadi hal yang patut diperhatikan. Mengapa tidak? Jika struktur perusahaan sudah terbangun, sampai pada tahap terakhir pun Anda harus tetap bersikap layaknya professional.

Dari segi urusan keuangan, membuat invoice dengan software invoicing sangat cocok dengan pace perusahaan yang cepat seperti startup. Telah banyak tersedia aplikasi invoice yang membuat invoice secara efektif dan profesional. Salah satunya yaitu Paper.id – Software Invoicing #1 di Indonesia.

Baca juga : Hanya 3 Langkah! Berikut Cara Membuat Invoice Online di Paper.id, Mudah & Cepat

Kaizen

Membuat Invoice

Salah satu prinsip terkuat dalam manajerial adalah Kaizen atau kemajuan terus-menerus. Berikut ini cara yang bisa Anda praktekkan atas dasar Kaizen.

  • Meminta feedback dan terbuka untuk belajar dari siapapun
  • Kemajuan adalah usaha yang proaktif. Fokus untuk menemukan cara untuk meningkatkan area kekurangan Anda.
  • Cari mentor karena pelajaran dari orang lain adalah harta berharga.

Genji Genbutsu

Genji Genbutsu adalah menjadi pemimpin yang low-profile. Prinsip ini memiliki banyak manfaat. Diantaranya adalah membantu Anda mengerti kenyataan di depan mata. Hal ini juga membantu Anda menyelesaikan masalah untuk orang-orang Anda daripada menghabiskan waktu pengulangan.

Terakhir, Anda dapat memotivasi karyawan Anda dengan memposisikan diri Anda di posisi mereka.

Coba cara-cara diatas dan kami yakin bisnis startup Anda akan semakin dekat dengan tujuan sukses Anda. Terapkan juga membuat invoice digital di aplikasi invoice Paper.id.  Startup spesialis invoicing ini menyediakan kemudahan dalam membuat invoice, mengirim invoice serta membuat pembukuan semua transaksi Anda.

Daniel Nugraha