apa itu akuntansi

Zaman sekarang, pembayaran online menjadi tipe pembayaran yang paling banyak dipakai. Mau bayar? Tinggal scan QR code/tap in maka semuanya selesai. Apakah ini sudah berlaku sepenuhnya? Tidak, karena sebagian besar UMKM belum memberlakukan hal tersebut.

Padahal, pemberlakuan sistem pembayaran digital bisa membawa banyak manfaat, salah satunya adalah meningkatkan omzet. Penting bagi setiap pelaku UMKM untuk mengetahui hal ini guna meningkatkan daya saing mereka di era teknologi informasi yang semakin berkembang dengan pesat.

Baca juga: E-Payment, penting atau tidak buat UMKM?

Untuk melakukannya, tidak semudah yang dibayangkan karena masih banyak UMKM yang tidak tahu akan hal yang harus dilakukan serta masalah lainnya. Berikut hal yang harus diatasi agar mengalami kemajuan.

Alasan kenapa pembayaran online masih belum digunakan

pembayaran digital

Enggan beradaptasi masih menjadi masalah utama penyebab UMKM enggan beralih ke pembayaran online

Dilansir dari Katadata, brand and digital science expert founder of tram digital, Erwin Panigoro mengatakan bahwa ada 4 faktor yang menyebabkan kalau UMKM masih enggan mengaplikasikan pembayaran digital sebagai berikut:

  • Enggan beradaptasi
    Para pelaku UMKM masih menganggap teknologi sebagai hal yang baru sehingga, mereka tidak mau melihat potensi bisnis yang ada disana.
  • Teknologi
    Menurut Erwin, ada 60% dari 500 UMKM yang ada di suatu daerah di Tangerang menganggap produknya tidak butuh teknologi.
  • Pemahaman akan karakter dan pola pembelian konsumen
    Banyak pelaku UMKM yang masih membuat produk sesuai keinginan dirinya bukan mengikuti pola pembelian dan karakter dari konsumen.
  • Kurang kompetitif
    Kurangnya edukasi akan penjualan secara online membuat para pelaku UMKM cenderung hanya membuat produk yang biasa saja tanpa melakukan riset akan model atau barang yang sedang hype di internet.

Baca juga: Digitalisasi bantu perusahaan raih target bisnis

Keempat faktor tersebut masih menjadi alasan yang kerap disampaikan oleh para pelaku UMKM. Dalam hal ini, keinginan untuk beradaptasi dan mengatasi masalah yang ada perlu segera dilakukan agar bisa menyesuaikan dengan kemajuan zaman agar mereka tetap bisa bersaing dengan baik dan menaikkan omzet.

Manfaat pembayaran online untuk UMKM

Invoice Online, Solusi Mudah dan Cepat Untuk Urusan Penagihan

Dengan sistem pembayaran online, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh UMKM

Teknologi dibuat untuk memudahkan kehidupan manusia. Sesuai dengan ungkapan tersebut, keberadaan pembayaran online dibuat untuk memudahkan transaksi pembayaran baik untuk pembeli tapi juga untuk penjual. Dengan mengaplikasikan hal tersebut, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh UMKM sebagai berikut:

  • Kemudahan dalam pembayaran
    Dengan pembayaran digital, sistem pembayaran yang lama akan ditinggalkan. Kita bisa melakukan hal tersebut dimana saja dan kapan saja hanya melalui aplikasi. Selain itu, pembeli tidak perlu lagi membawa uang kartal karena, mereka bisa membayarnya melalui gawai. Bagi penjual, hal ini juga mempermudah mereka dalam menyimpan uang yang didapat karena sudah tersimpan secara otomatis dalam rekening dan bisa diambil kapan saja dan dimana saja.
  • Hemat waktu
    Transaksi pembayaran tidak perlu memakan waktu yang lama karena, pembeli tinggal melakukan proses pembayaran sesuai dengan sistem online yang ada. Hal ini juga membantu penjual dalam mengatasi masalah antrian dan memberikan uang kembalian yang dianggap sebagai masalah yang merepotkan.
  • Histori pembayaran yang jelas
    Dengan sistem pembayaran online, baik pembeli atau penjual tidak perlu repot menyimpan kwitansi atau invoice yang ada karena, mereka bisa mengeceknya langsung lewat histori pembayaran yang terjadi. Hal ini menjadi elemen penting yang ada dalam setiap aplikasi pembayaran. Untuk itu, penjual tidak perlu repot-repot menyimpan kwitansi karena bisa diakses langsung lewat histori data.

Dengan mengetahui manfaat yang ada, para pelaku UMKM perlu mencari sistem pembayaran yang dapat menunjang kebutuhan mereka akan sistem pembayaran yang aman dan mudah. Hal ini bisa ditemui lewat PayPer, portal pembayaran digital Paper.id. PayPer didesain mudah untuk digunakan dengan histori pembayaran yang jelas agar membantu penjual dan pembeli dalam mengakses data.

Selain itu, Paper.id juga memiliki fitur invoicing, accounting dan inventaris yang dapat membantu pelaku usaha dalam urusan penagihan, pengelolaan arus kas dan inventaris yang mudah dan cepat. Semua kemudahan yang ada bisa dirasakan dengan mudah dan Gratis lewat Tombol diatas!

google_play_customer_io

 

(Visited 162 times, 1 visits today)