Saat ini, usaha jasa pembuatan aplikasi Android bertumbuh dengan pesat. Hal ini dikarenakan tingginya pengguna Android yang semakin bertambah dari tahun ke tahun di Indonesia sehingga membuat banyak orang mencoba membangun usaha tersebut.

Baca juga: Membangun website bersama Web Mas Agung

Melihat peluang tersebut, kamu bisa membangun usaha jasa pembuatan aplikasi Android tersebut. Apalagi, tidak banyak orang yang menguasai ilmu pembuatan aplikasi sehingga, tingkat persaingannya tidak terlalu ketat. Jika kamu tertarik, berikut tips-tips yang perlu kamu ketahui dalam membangun sebuah usaha jasa pembuatan aplikasi Android.

Bangun tim yang solid

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mencari talenta-talenta yang solid. Pembuatan aplikasi Android terbagi kedalam beberapa tugas dan biasanya dibedakan kedalam 2 jenis, layer dan fitur. Selain itu, User Interface juga perlu diperhatikan agar si penggunanya akan nyaman saat menggunakan aplikasi tersebut. Kamu perlu merekrut orang-orang yang memiliki skill dan pemahaman yang baik. Dengan jumlah orang yang tepat, kamu bisa membuat sebuah aplikasi dalam waktu yang cepat dan hasil yang memuaskan bagi klien.

Buat perencanaan operasional yang tertata rapi

Tim yang solid tanpa operasional kantor yang rapi dapat membuat kantormu berantakan. Karena itu, kamu perlu menata kantor dengan baik. Buatlah manajemen karyawan dan juga sistem keuangan yang baik.

Baca juga: Membuat aplikasi dengan jasa pembuatan aplikasi digital, Ahidah-Web

Untuk manajemen karyawan, buatlah pengelolaan project pekerjaan dengan teratur sehingga, pekerjaan akan berjalan dengan rapi tanpa membuat karyawan merasa tertekan. Selain itu, buatlah sistem reward agar mereka terpacu untuk bekerja lebih baik dan meningkatkan loyalitas mereka.

Jangan lupakan sistem keuangan usaha kamu. Urusan keuangan perlu ditata dengan rapi agar kamu bisa mengetahui kondisi keuangan kamu dengan baik. Dalam hal ini, serahkan kepada Paper.id, platform bisnis yang cocok untuk usaha digital seperti jasa pembuatan aplikasi Android. Dengan dashboard laporan laba dan rugi, kamu bisa mengecek laba dan rugi perusahaan secara langsung dalam waktu harian, mingguan, bulanan dan tahunan.

Dashboard Paper.id

Cek keuntungan lewat dashboad Paper.id

Selain itu, kamu bisa mengandalkan invoice Paper.id untuk urusan penagihan. Dengan 7 pilihan template invoice dan pembuatannya yang mudah, kamu bisa membuat sebuah invoice profesional hanya dalam waktu 1 menit!

rincian pembayaran invoice

Ada 7 template invoice Paper.id yang bisa dipilih sesuai selera

Pengirimannya, juga gampang karena bisa dikirim lewat aplikasi messenger favorit kamu mulai dari Whatsapp hingga LINE! Semua fitur ini bisa kamu rasakan Cuma-Cuma! Tidak percaya? Langsung aja DOWNLOAD DISINI.

Memasarkan usaha kamu

Setelah memiliki tim yang solid dan perencanaan operasional, saatnya memasarkan usaha kamu! Sekarang, ada banyak situs freelancer yang bisa membantu kamu untuk mempromosikannya. Selain itu, gunakan website, media sosial dan forum-forum IT untuk memperkenalkan usaha kamu. Kamu bisa membuat akun Instagram/Facebook dan website untuk promosi usaha. Jangan lupa untuk menyelami forum-forum IT yang ada. Kamu bisa rajin berkomunikasi dengan orang-orang disana untuk membangun relasi sekaligus mempromosikan usaha kamu disana.